PENERAPAN MODEL IRAMA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS, KERJA SAMA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nor Azizah Universitas Lambung Mangkurat
  • Akhmad Riandy Agusta Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32155

Keywords:

Kritis, Kerja Sama, Membaca Pemahaman

Abstract

Penelitian ini didasari adanya masalah di SDN Andaman terkait rendahnya Keterampilan berpikir kritis, kerja sama dan kemampuan membaca pemahaman siswa khususnya dalam muatan Bahasa Indonesia. Upaya untuk menuntaskan masalah tersebut ialah dengan mengaplikasikan model pembelajaran IRAMA dimana model ini ialah perpaduan tiga model pembelajaran yaitu Problem Based Learning, Think Pair Share dan Make A Match. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif berjenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 4 kali pelaksanaan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Andaman berjumlah 16 orang, informasi didapatkan dari hasil observasi, tes tertulis secara perorangan dan kelompok. Kesimpulannya terjadi peningkatan pada aktivitas siswa dari 38% menjadi 88%, keterampilan berpikir kritis dari 31% menjadi 88%, keterampilan kerja sama dari 44% menjadi 100%, kemampuan membaca pemahaman siswa juga meningkat dari 38% menjadi 94% dan hasil belajar siswa naik dari 31% menjadi 100%. Oleh sebab itu dibuktikan bahwa model pembelajaran IRAMA mampu meningkatkan berpikir kritis, kerja sama, kemampuan membaca pemahaman serta hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, R., & Riandy Agusta, A. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis IPA Menggunakan Model Himung Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 58–69. https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jp

Adha, N., & Susilawaty. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model Problem Based Learning, Number Head Together Dan Make A Match Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 02(02), 684–689. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i2.1471

Agusta, A., & Utami, R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Muatan IPAS Dengan Model Panting Siswa Kelas V SDN Danda Jaya 2. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 810–821.

Agusta, R. A., & Sa’dijah, C. (2021). Kesiapan Guru Melaksanakan Pembelajaran Berbasis HOTS Ditinjau dari Pengetahuan dan Kemampuan Mengemas Perangkat Pembelajaran. PADARINGAN : Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi, 3(1), 402. https://doi.org/https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/padaringan/index

Aminah, S., & Fauzi, Z. A. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Berpikir Kritis Dan Komunikasi Menggunakan Model PBL, MGMTT Dan Permainan Ular Naga Di Kelas III SDN Kelayan Selatan 8. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 1(1), 46–55.

Ananda, H., & Agusta, A. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kerjasama Menggunakan Model Pelita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 466–494. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15

Apriyani, S., & Agusta, A. R. (2025). Meningkatkan Motivasi, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Didik Menggunakan Model Pembelajaran “LENTURE” Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Mengenal Sifat-Sifat Bangun Ruang Kelas V SDN Seberang Mesjid 5. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 2(3), 871–877.

Aslamiah, Akrimna, Pratiwi, D., Rivada, F., Anshari, M., & Ramadhayanti, N. (2024). Transformasi Pendidikan Melalui Kurikulum Merdeka di SDN Antasan Besar 7 Banjarmasin. 2, 1188–1201. https://ejournal.lumbungpare.org/index.php/maras

Asshadiqy, M., & Prastitasari, H. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Betuah Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Matematika Di Kelas III Mi Al-Aman. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 651–661.

Chandra, H. A., & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Karakter Disiplin Menggunakan Model Paten Pada Siswa Kelas IV SDN Teluk Dalam 11. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(1), 110–122. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk

Cinantya, C., & Suriansyah, A. (2024). Empowering Parents In Forming Children’s Character Through Education. In International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD) (Vol. 1, Issue 2). https://ijesmad.ulm.ac.id/ojs/index.php/IJESMAD/index

Dihyatul Qalbi, M., Riandy Agusta, A., Jannah, F., Rafianti, W. R., Guru, P., Dasar, S., Lambung, U., & Banjarmasin, M. (2025). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan kerjasama, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran CANGKAL dan Media WORDWALL pada Muatan IPS Kelas V SDN Basirih 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Konseling (JPDSK), 02(4), 1277–1285. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15

Halifah Rizqi, N., & Aslamiah. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menggunakan Kombinasi Model PBL, NHT, dan Mind Mapping Muatan IPA. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(3), 558–562. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15

Helwaniah, F., & Prastitasari, H. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL, TGT & MaM. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 02(02), 865–871. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i2

Hidayat, A., Jannah, F., & Ni’matul, U. (2021). Implementasi Model Bahimat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Muatan PKN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 32–38.

Hidayat, A., & Nataliya. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kebiasan Baik Siswa Dalam Muatan PPKN Menggunakan Model “BATAMAT.” DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1, 1–13. https://doi.org/

Inayah, N., Aslamiah, Cinantya, C., & Amelia, R. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Menggunakan Model Bestari Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 156–169.

Inayah, R., & Prastitasari, H. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Papeda Pada Kelas V SD. 01, 139–147.

Jonas, S., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas Siswa Dan Berpikir Kritis Menggunakan Model Mind Pada Kelas V Sanggar Bimbingan Intan Baiduri Malaysia. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 2(2), 545–552.

Lestari, D., & Mahmuddin. (2024). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model PBL Dan Make A Match Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Memahami Isi Teks Eksplanasi Di Kelas 5 SDN Kuin Utara 6 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 02(03), 1022–1029. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i3

Lestari, Rindang. W. P., & Prastitasari, H. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Menggunakan Model PROTEN Berbasis TPACK. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(4), 18–28.

Maharani, A., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Kerjasama Siswa Menggunakan Model Pesona Pada Kelas V SDN Karang Mekar 8 Banjarmasin. 02(01).

Mardhina Azzahra, F., Hidayat, A., Riandy Agusta, A., & Dwitalia Sari, D. (2025). Implementasi Model PEGIAT Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 03(01), 8–14.

Meliani, D., Aslamiah, & Shin, I. (2025). Mengembangkan Motivasi, Aktivitas, dan Mengenal Bentuk-bentuk Geometri Menggunakan Kombinasi Model PjBL, Make a Match di Taman Kanak-Kanak. GAWI Journal of Action Research, 5(1), 2025.

Nahdia, A., & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model Pe Manching Pada Peserta Didik Kelas IV. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 549–567.

Napisah, A., & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Muatan IPS Menggunakan Model Pintar Pada Kelas IV Di SDN Beringin 2. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 4, 1158–1172.

Noorhapizah, Nur’alim, Agusta, A. R., & Fauzi, Z. A. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui keterampilan membaca pemahaman dalam menemukan informasi penting dengan kombinası model directed inquiry activity (DIA) Think pair share (TPS) dan scramble pada siswa kelas V SDN Pemurus Dalam 7 Banjarmasın. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP.

Noorhapizah, O., Pratiwi, D. A., & Ramadhanty, K. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Smart Model Untuk Siswa Sekolah Dasar. In JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah (Vol. 2, Issue 2).

Prastitasari, H. (2024). Implementasi Model PBL, STAD, dan Make A Match Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika SDN Belitung Selatan 5. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 02(02), 528–536. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i2

Pratiwi, D. A., & Octavia, V. (2021). Implementasi Model Taman Ceria Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 12(2), 245–260. https://doi.org/10.47766/itqan.v12i2.280

Putri, R., & Noorhapizah. (2024). Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model CANGKAL di SDN Sungai Miai 11 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(2), 642–650.

Putri, T., & Agusta, A. (2024). Penerapan Kombinasi Model Panutan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Muatan Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 1(3), 422–425.

Qur’aini, M. A., & Agusta, A. R. (2023). Implementasi Model Lentera Pada Kelas IV Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Muatan IPA. 2(4), 222. https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jp

Riandy Agusta, A., Suriansyah, A., & Setyosari, P. (2021). Model Blended Learning Gawi Manuntung Untuk. Journal of Economics Education and Entreprenurship, 2, 63–89.

Rizaliannor, M. A., & Agusta, A. R. (2023). Penerapan Model Speak Up Untuk Meningkatkan Aktivtas Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Muatan IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(3), 774–793. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15

Shabirin, A., & Riandy Agusta, A. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Pigura Pada Siswa Kelas IV. Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(3), 297–312. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk

Suriansyah, A., & Khairunnida. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model “BERNYANYI” di Kelas V SDN. Journal of Primary Education, 6(2), 248–261.

Suriansyah, A., Purwanti, R., & Hermawati, R. (2025). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V Menggunakan Model Manimba. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(04), 986–995.

Suriansyah, A., Purwanti, R., & Putri, T. A. S. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model PETA Pintar Pada Siswa Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 287–309.

Suriansyah, A., Riandy Agusta, A., Purwanti, R., Adiattoni, M., & Nurmala, D. (2023). Pengembangan Media Gawi Manuntung untuk Meningkatkan Keterampilan Masyarakat 5.0 dan Karakter Waja Sampai Kaputing. In Journal of Education Research (Vol. 4, Issue 4).

Suriansyah, A., Riandy Agusta, A., & Setiawan, A. (2021). ANTASARI’s Developing Blended Learning Model Based on Ecopedagogy Study to Improve Ecological Awareness, Soft and Social Skills on Elementary Education.

Triana, A., & Amelia, D. R. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis dan Kolaborasi Menggunakan Kombinasi Model MERATUS Di Kelas V Sekolah Dasar. 2, 1–14. https://doi.org/

Utari, A., Amelia, R., Annisa, M., & Kunci, K. (2024). DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar MENINGKATKAN AKTIVITAS Membaca Intensif Pada Materi Menemukan Dan Mengidentifikasi Informasi Menggunakan Model Teratai Pada Sekolah Dasar. https://doi.org/

Yurinda, E. F., & Hidayat, A. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran PPKN Menggunakan Model BINGKA. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(2), 184–193. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.194

Downloads

Published

2025-08-19

Most read articles by the same author(s)