PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i3.32176Keywords:
learning outcomes, mathematics, interactive learning media, elementary school, wordwallAbstract
Elementary school students' difficulties in understanding mathematics are often exacerbated by the minimal use of interactive learning media. The use of media such as Wordwall, which combines educational games, is considered to be able to increase student engagement and support a more enjoyable learning process. This study aims to determine the effect of Wordwall on improving elementary school students' mathematics learning outcomes. The method used is a qualitative literature review with the PRISMA approach. From the results of searching 100 articles, 18 articles were selected that met the criteria: relevant to mathematics learning in elementary school, published in scientific journals in the last five years, and focused on the use of Wordwall. The results of the study showed that Wordwall was effective in improving elementary school students' understanding of concepts and mathematics learning outcomes. Thus, Wordwall can be an appropriate alternative media to support interactive and meaningful mathematics learning in elementary school.Downloads
References
Alessiya, Alessiya, and Setiyo Utoyo. 2024. “Pengaruh Media Wordwall Terhadap Kemampuan Berhitung Anak.” Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini 21(1):145–50. doi: 10.17509/edukids.v21i1.68761.
Amilia Putri Widyowati, Farida Nursyahidah, Mira Azizah3, Diah Saraswati. 2023. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK SD PADA PELAJARAN MATEMATIKA Amilia.” 09:4032–44.
Arina, Afif, Irfan Muhammad, and Bhakti Prima Fidiga Hermuttaqien. 2020. “Efektivitas Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV.” Pinisi Journal PGSD 1(March):1–9.
Asmiati. 2024. “Penerapan Media WordWall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” 9(2):28–33.
Devi, Ika Erisa. 2024. “PENERAPAN LITERASI NUMERASI MEDIA WORDWALL UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III B SD MUHAMMADIYAH 1 KETELAN SURAKARTA.” 4:1815–27.
Fadilah, Nurul, and Iwan Kuswandi. 2025. “Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WORDWALL.” 12:56–66.
Fely Alvira, Ida Ermiana, Faizah. 2025. “Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” 6(2).
Filahanasari, Eka, Rahmi Juwita Wahyuni, and Raimon Efendi. 2023. “Pengembangan Game Interaktif Menggunakan Platform Wordwall.Net Sebagai Alat Evaluasi Hasil Belajar Materi Pecahan Kelas Iv.” JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika) 9(2):200–210. doi: 10.29100/jp2m.v9i2.4160.
Indriyani, Firqy, and Fitri Alfarisa. 2022. “Efektivitas Penggunaan Media Wordwall Dalam Latihan Harian Matematika Materi Denah Dan Skala Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SDN Menteng 03.” Jurnal Perseda V(3):178–84.
Khaidir, Fadil, Amran Amran, and Isna Alfaien Noor. 2023. “Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s.” Attadib: Journal of Elementary Education Vol.7, 7(2):1–27.
Lestari. 2023. “Implementasi Media Wordwall Gameshow Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 Dalam Merdeka Belajar.” 6(2):117–24.
Lestari, Rizki Dwi. 2021. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021.” Jurnal Ilmiah Profesi Guru 2(2):111–16. doi: 10.30738/jipg.vol2.no2.a11309.
Lubis, Anggianna Putri, and Ishaq Nuriadin. 2022. “Efektivitas Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(4):6884–92. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3400.
Media, Penerapan, Wordwall Untuk, Meningkatkan Hasil, and Belajar Siswa. 2024. “Penerapan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Konsep Penjumlahan Matematika Pada Kelas 1 SDN Putat Jaya IV- 380 Surabaya.” 3(2):0–6.
Minarta, Sakinata Maulidina, and Heni Purwa Pamungkas. 2022. “Efektivitas Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Man 1 Lamongan.” OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi VI(Vol 6 No 2):189–99. doi: 10.23969/oikos.v6i2.5628.
Muhammad Farizal Abidin, Siti Nurjanah. 2020. “PEMBELAJARAN PAIKEM SEBAGAI UPAYA MENIKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V DI MI ISKANDAR SULAIMAN KOTA BATU.” Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(1):1–23.
Nanda Putri, Riska, Irwan Suhendra, Darmansyah, and Yanti Fitria. 2024. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Di Sdn 12 Sungai Sapih.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9(1):1954–63.
Novita Sari, Lia, Elviera Febriani, Universitas Negeri Surabaya, and Guru Sekolah Dasar. 2024. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif Dan Game Edukasi Wordwall Di SD Negeri Lawangan Daya 2 Pamekasan.” 09:3351–59.
Nurul, Isra, and Asfani Risal. 2024. “CJPE : Cokroaminoto Juornal of Primary Education Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukatif Berbasis Wordwall Pada Materi Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Enrekang Pendahuluan.” 7.
Nuryadin, Riyan, Nurul Irfan, and Leni Layinah. 2024. “Systematic Literature Review : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Ilmu Sharaf Berdasarkan Teori Pembelajaran Terpadu.” 4:1371–85.
Oktaviani, Putri Shela, Casnan Casnan, Oman Hadiana, Tio Heriyana, and Tati Nurhayati. 2023. “Efektivitas Penggunaan Media Wordwall Dan Mistar Pintar Terhadap Hasil Belajar Operasi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas Rendah.” Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT) 9(2):125–36. doi: 10.25134/jes-mat.v9i2.7814.
Putri, A. E., N. A. N. Murniati, and R. N. Sofiati. 2024. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Di Kelas IVB SD Supriyadi 02 ….” Innovative: Journal Of Social … 4:8309–20.
Qudratuddarsi, Hilman, Eli Meivawati, and Risman Saputra. 2024. “Pelatihan Penelitian Metode Kuantitatif Dan Systematic Literature Review Bagi Dosen Dan Mahasiswa.” 3(1):22–32.
Rachmah, Maulidia Nur, Mei Nur, Aisiya Firdaus, and Nurul Aini. 2024. “Nusantara Educational Review Campuran.” 2(2):65–70.
Simamora. 2024. “Systematic Literatur Review Dengan Metode Prisma: Dampak Teknologi Blockchain Terhadap Periklanan Digital.” Jurnal Ilmiah M-Progress 14(1):1–11. doi: 10.35968/m-pu.v14i1.1182.
Somayana, Wayan. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode PAKEM.” Jurnal Pendidikan Indonesia 1(03):283–94. doi: 10.59141/japendi.v1i03.33.
Susilowatiningsih, Arfilia Wijayanti, and Joko Sulianto. 2023. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantu Media Wordwall Di Kelas Iii Sdn Wonotingal.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9(2):5211–33. doi: 10.36989/didaktik.v9i2.1159.
Trisnani, Novy. 2022. “Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar: Antara Kepercayaan Vs Realita.” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 6(1):49. doi: 10.29240/jpd.v6i1.4034.
Wardani, Nadya. 2022. “Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X.” Nucleus 3(2):155–61. doi: 10.37010/nuc.v3i2.992.
Wulandari. 2021. “Kajian Teori Hasil Belajar.” Pgri 1–23.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.