DETERMINASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH BERBASIS PESANTREN DARUL HIJRAH AS-SALAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32210Keywords:
: Kesejahteraan guru, kebijakan pendidikan, kondisi kerja guru, regulasi pemerintah, keseimbangan kerja-kehidupan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinasi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk budaya religius di Pesantren Darul Hijrah As-Salam. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang memengaruhi determinasi PAI meliputi peran guru dan ustadz sebagai teladan moral dan spiritual, penerapan kurikulum PAI yang terintegrasi secara kognitif, afektif, dan psikomotor, serta pembiasaan ibadah yang konsisten. Faktor eksternal mencakup dukungan orang tua dalam pembinaan religius di rumah dan lingkungan pesantren yang kondusif dengan tradisi keagamaan yang kuat. Meskipun terdapat hambatan seperti rendahnya minat sebagian santri, perbedaan latar belakang, dan keterbatasan fasilitas, keberhasilan pembentukan budaya religius tetap terjaga berkat dukungan manajemen sekolah dan tradisi pesantren yang mengakar. Penelitian ini menegaskan bahwa PAI, jika dikelola secara terencana, terintegrasi, dan kolaboratif, mampu menjadi instrumen efektif dalam membentuk karakter religius santri secara berkelanjutan.Downloads
References
Alfiyanto, A., Ikhwan, M., Mahdi, M., Gumilang, R. M., & Wahyudi, M. A. (2024). Parental Involvement in Islamic Education: A Literature Review and Its Implications for Students. ISLAMIC PEDAGOGY: Journal of Islamic Education, 2(2), 24–33. https://doi.org/10.52029/ipjie.v2i2.249
Baharun, H., Sholihah, I., & Imam, O. A. (n.d.). Optimizing the Quality of Anti-Bullying Education Services in Islamic Boarding Schools. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 100–116.
Dwiyani, A., Fadli, A., Jumarim, J., Fitriani, M. I., Fuadi, A., & Yorman, Y. (2023). Character Education Model in Islamic Religious Education in Public High Schools in the City of Mataram. International Journal of Educational Narratives, 2(1), 53–65. https://doi.org/10.70177/ijen.v2i1.624
Dwiyani, A., Fadli, A., Jumarim, J., Fitriani, M. I., Fuadi, A., & Yorman, Y. (2024). Character Education Model in Islamic Religious Education in Public High Schools in the City of Mataram. International Journal of Educational Narratives, 2(1), 53–65.
Emzir, E. (2022). Metodologi penelitian pendidikan: kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers, 28.
Khamida, K. (2025). Analysis of Factors Influencing Bullying Behavior Among Students in an Islamic Boarding School. Jurnal Promkes, 13(SI2), 8–13. https://doi.org/10.20473/jpk.v13.isi2.2025.8-13
Masni, M., & Tang, M. (2024). ANALISIS DETERMINAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KONTEKS MULTIKULTURAL. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 15(2), 135–162.
Massarwi, A. A., & Gross-Manos, D. (2022). The Association between Bullying Victimization and Subjective Well-Being among Children: Does the Role of Child Religiosity Matter? International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(15). https://doi.org/10.3390/ijerph19159644
Moleong, L. J. (2022). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi.
Noboru, T., Amalia, E., Hernandez, P. M. R., Nurbaiti, L., Affarah, W. S., Nonaka, D., … Kobayashi, J. (2021). School-based education to prevent bullying in high schools in Indonesia. Pediatrics International, 63(4), 459–468. https://doi.org/10.1111/ped.14475
Nurhayati, Lias Hasibuan, K. I. R. (2021). Determinas Minat Belajar Dan Sikap Tehadap Prestasi Belajar Melalui Kreativitas Mahasiswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(10), 2013–2015.
Nurhayati. (2023). DETERMINASI KINERJA GURU : PENGEMBANGAN KURIKULUM, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH. Jurnal Mumtaz Juli, 3(2), 106–116.
Nurhayati. (2024). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Guru di Sekolah Dasar Islam terpadu Kepulauan riau. Jurnal Literasiologi, 11(1), 29–49. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v11i1.657
Nurhayati, N, Latif, M., & Anwar, K. (2024). The Influence of Organizational Culture, Career Expectations, and Leadership Beliefs On Achievement Motivation In Integrated Islamic Primary Schools Riau Islands …. Dinasti International Journal of …, 5(5), 1150–1168. Retrieved from https://dinastipub.org/DIJEMSS/article/view/2700%0Ahttps://dinastipub.org/DIJEMSS/article/download/2700/1803
Nurhayati, Nurhayati, & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan dan Tenaga Pendidikan Islam. International Edition, 3(1), 451–464.
Saladino, V., Mosca, O., Cabras, C., Verrastro, V., & Lauriola, M. (2024). Family religiosity and climate: the protective role of personal interiorized religiosity in deviance propensity among justice-involved juveniles. Frontiers in Psychology, 15(April), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1197975
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supadi, S., & Fauzi, F. (2024). Implementation strategies of the Independent Learning Curriculum in achieving character education competencies in Islamic Religious Education at school. Asian Journal of Healthy and Science, 3(9), 243–255.
Susilowati, E. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132.
Tri Putri, H. (2024). HUBUNGAN BULLYING TERHADAP KESEHATAN MENTAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN DI KOTA JAMBI TAHUN 2024. UNIVERSITAS UNJA.
Wening, M. H., & Hasanah, E. (2020). Strategies For Developing Religious Culture To Shape The Character of Students. International Journal of Educational Management and Innovation, 1(3), 262–270.
Yuliani, I., & Chusniatun, C. (2025). The Implementation of Religious Culture to Develop Students’ Discipline Character. Electronic Journal of Education, Social Economics and Technology, 6(1), 302–307. https://doi.org/10.33122/ejeset.v6i1.623
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.