Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Kebudayaan Terhadap Keterampilan Menganalisis Siswa Di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kampung Bharu Malaysia

Authors

  • Aulia Dinda Pratiwi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Mandra Saragih Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32232

Keywords:

Media Pembelajaran Wordwall, Keterampilan Menganalisis, Siswa

Abstract

Studi ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi dampak penggunaan media pembelajaran Wordwall berbasis kebudayaan terhadap keterampilan menganalisis siswa di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kampung Bharu Malaysia. Metode digunakan dalam penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, sementara sampel yang digunakan yaitu seluruh sisva kelas IV yang terdiri dari 10 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa metode, yaitu observasi, tes, dan kuesioner. Adapun teknik analisis data yang diterapkan mencakup uji instrument data dan pengujian hipotesis, diperoleh hasil bahwa pada pre-test, diperoleh nilai t = 25.482 > 1.85955 ttabel dengan df = 9 Serta diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000,>dari 0.05, dengan persentase sebesar 46,40%, kemudian pada post-test, menunjukan peningkatan yang signifikan dimana diperoleh nilai t = 83.422 > 1.85955 dengan df = 9 serta nilai signifikansi 0.000 lebih kecil dari 0.05, maka hasil ini dinyatakan signifikan secara statistik dengan persentase 78,70%. Maka, penggunaan media pembelajaran Wordwall yang berbasis kebudayaan secara signifikan memberikan kontribusi dalam pengembangan keterampilan analisis siswa di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kampung Bharu, Malaysia. Penggunaan media ini terbukti efektif dalam mendorong keterlibatan siswa, memfasilitasi pemahaman materi secara kontekstual, dan meningkatkan kemampuan berpikir analitis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Akmalia, R., Situmorang, M. S., Anggraini, A., Rafsanjani, A., Tanjung, A., & Hasibuan, E. E. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Budaya dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP Swasta Pahlawan Nasional. Jurnal Basicedu, 7(6), 3878–3885. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6373

Andini, A., Yunita, L., & Irwandi, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Periodik Unsur. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 10(1), 11–28. https://doi.org/10.36706/jppk.v10i1.20211

Djafar, N., & Djafri, N. (2024). Penanaman Literasi Budaya dan Kreativitas Melalui Pembelajaran Tari Tradisional Di SMP 1 Kabila Bone Sebagai Bentuk Objek Pemajuan Kebudayaan Daerah Kawasan Teluk Tomini. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 1(2), 8–22.

Nur, M. A., Supawi, M., & Halimatussakdiah, H. (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Analisis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VIII MTs Nurul Huda. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 2(2), 130–139. https://doi.org/10.47467/reslaj.v2i2.382.

Nurrahma, Bachtiar, M. Y., & Syamsuardi. (2023). Pengaruh Media Wordwall Terhadap Kemampuan Memabca Permulaan Pada Anak Usia Dini. EDUTAIMENT: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 11(1).

Sabitha, P. C., & Hasanudin, C. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Wordwall sebagai Media Pembelajaran Seru bagi Anak Sekolah Dasar. Seminar Nasional Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran Dan Riset, 1587–1597.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Usman, Musfirah, & Asti, A. F. (2023). Efektifitas Media Wordwall Berbasis Game Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 145 Barru. Universitas Negeri Makassar, 385–402.

Utami, D. F., Nuroso, H., Pitarti, I. O., & Semarang, K. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas II SDN Bugangan. 8, 27563–27567.

Downloads

Published

2025-08-14