EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN GRAPHIC ORGANIZER BERBASIS CIRCLE ORGANIZER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI FASE B KELAS IV MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i4.32233Keywords:
circle organizer, graphic organizer, writing abilities for narrativesAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai keterampilan menulis naratif siswa bahasa Indonesia kelas IV dengan menggunakan media Graphic Organizer berbasis Circle Organizer. Rendahnya kemampuan siswa dalam menyusun konsep, alur, dan penggunaan aspek kebahasaan yang tepat menjadi pendorong penelitian ini. Desain kuasi-eksperimental kelompok kontrol non-ekuivalen dalam penelitian kuantitatif ini terdiri dari kelas eksperimen yang diajarkan dengan Circle Organizer dan kelas kontrol yang diajarkan dengan metode tradisional. Pretes dan postes diberikan kepada kedua kelompok, dan uji-t independen digunakan untuk menganalisis hasil pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor posttest kelas eksperimen (Ẋ = 88,00; S = 5,23) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan skor posttest kelas kontrol (Ẋ = 68,54; S = 6,12), dengan peningkatan sebesar 24,64 poin pada kelas eksperimen dan 6,36 poin pada kelas kontrol. Penggunaan Circle Organizer telah terbukti membantu siswa menyusun teks naratif yang kohesif dan koheren, menyusun potongan cerita secara logis, dan mengorganisasikan konsep secara visual. Studi ini menunjukkan bahwa pengajaran yang memadukan representasi verbal dan visual dapat meningkatkan keterampilan menulis naratif siswa sekolah dasar.
Downloads
References
Anggraini, A., Lestari, W., & Pramudita, R. (2020). Penggunaan Graphic Organizer untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 145–153. https://doi.org/10.xxxx/jpd.v11i2.1234
Birlina, A., Ramadhani, R., & Wulandari, S. (2023). Efektivitas media pembelajaran visual terhadap keterampilan literasi siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 8(1), 25–35. https://doi.org/10.xxxx/jipd.v8i1.4567
Kharisma, A., & Fauziah, M. (2025). Bahan Ajar Menulis Narasi Berbasis Metode Four-Square di Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 12(2), 1030-1042.
Kurniawan, H., & Charlina. (2021). Media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(2), 98–110. https://doi.org/10.xxxx/jpbi.v9i2.2345
Kurniasih, D. (2020). Efektivitas metode peta pikiran berbantuan media grafis terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan, 8(2), 120–130. https://doi.org/10.xxxx/jp.v8i2.5678
McKnight, K. S. (2010). The teacher’s big book of graphic organizers: 100 reproducible organizers that help kids with reading, writing, and the content areas. Jossey-Bass.
Mirandani, E., & Indihadi, D. (2022). Pengaruh strategi pembelajaran berbasis peta konsep visual terhadap keterampilan menulis narasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 33–42. https://doi.org/10.xxxx/jpbsi.v7i1.4321
Nuraini, F., & Fauziah, M. (2025). Pengembangan LKPD berbasis buku cerita bergambar untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa SD Muhammadiyah Wirobrajan I Yogyakarta. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(02), 475–485.
Nursyaida. (2024). Efektivitas penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis cerita pada siswa kelas V Sekolah Dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar).
Paivio, A. (1986). Mental representations: A dual coding approach. Oxford University Press.
Sabila, N. D., Farhah, H., & Prasetyo, T. (2024). Strategi guru dalam mengembangkan kemampuan menulis narasi siswa SD dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Karimah Tauhid, 3(8), 8816–8824.
Saindra, N., Hartati, T., & Suryana, D. (2018). Pemanfaatan Circle Organizer dalam pembelajaran menulis narasi. Jurnal Bahasa, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.xxxx/jb.v5i1.6543
Sukmadewi, D. H., & Fauziah, M. (2025). Analisis kemampuan menulis teks narasi siswa kelas V SD Negeri Ketiwijayan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 5(2), 112–123.
Tarigan, H. G., & Supriadi, D. (2020). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















