STRATEGI MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI ERA TRANSFORMASI PENDIDIKAN

Authors

  • Wahyu Candra Dewi UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Daryati UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Eni Prasetyaningrum UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Puspa Dewi Maharani UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Khairul Rizal UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Dr. Ngurah Ayu Nyoman M, M.Pd UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32270

Keywords:

Manajemen Kurikulum Merdeka, Pengembangan Kurikulum, Kualitas Pembelajaran, Pendidikan Inklusif, Kurikulum 2013, Kompetensi Guru, Pendidikan Abad 21

Abstract

Dalam menghadapi tantangan transformasi pendidikan di era Kurikulum Merdeka, penting bagi para pendidik dan pengelola pendidikan untuk mengimplementasikan manajemen pengembangan kurikulum yang efektif dan adaptif. Artikel ini membahas berbagai strategi dalam manajemen kurikulum yang berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran, khususnya dalam konteks Kurikulum Merdeka. Dengan memanfaatkan prinsip-prinsip pembelajaran yang lebih fleksibel dan berorientasi pada peserta didik, artikel ini menganalisis bagaimana pengembangan kurikulum dapat disesuaikan untuk meningkatkan daya saing dan relevansi pendidikan di Indonesia. Selain itu, artikel ini mengeksplorasi hubungan antara manajemen kurikulum, kompetensi guru, serta penerapan Kurikulum 2013 sebagai landasan awal dalam transisi menuju sistem pendidikan yang lebih inklusif dan berbasis pada kebutuhan siswa. Melalui studi literatur dan implementasi di berbagai lembaga pendidikan, ditemukan bahwa pendekatan yang terintegrasi dan berfokus pada karakter siswa, serta relevansi materi ajar dengan perkembangan industri, dapat mempercepat proses pencapaian tujuan pendidikan nasional di era Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyasana, D., & Komariah, A. (2018). Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpi

Arifin, Z., & Suriansyah, A. (2023). Manajemen Pengembangan Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Malang. https://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Rusman, & Wahyudin, D. (2023). Manajemen Pengembangan Kurikulum di Era Revolusi Industri 4.0. Cakrawala Pendidikan. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp

Wasliman, I., & Suryana, A. (2025). Strategi Manajemen Pengembangan Kurikulum dalam Meningkatkan Daya Saing Satuan Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan. https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs

Machali, I., & Hidayat, A. (2023). Manajemen Pengembangan Kurikulum: Studi Implementatif di Madrasah. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia

Sukmadinata, N. S., & Sumantri, M. (2025). Model Manajemen Pengembangan Kurikulum Terintegrasi dengan Karakter Religius. Mimbar Pendidikan. https://ejournal.upi.edu/index.php/mimbardik

Darmadi, & Sani, R. A. (2022). Pengaruh Manajemen Kurikulum dan Kompetensi Guru terhadap Kualitas Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jmp

Hasan, H., & Irianto. (2024). Evaluasi Manajemen Pengembangan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim

Lestari, E. D. P., & Krisdayani, M. (2023). Penerapan Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islami. https://www.jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/3161

HR, S., & Wakia, N. (2024). Telaah Konsep Landasan Pengembangan Kurikulum. IAIN Bone, UIN Alauddin Makassar. https://ejournal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/download/5478/pdf

Downloads

Published

2025-08-14