PEMANFAATAN MEDIA SPINNING WHEEL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI ALLUKA KABUPATEN GOWA

Authors

  • Luthfiyah Zulfa Muhlis Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Munirah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syahruddin Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32294

Keywords:

Media Spinning Wheel, Bahasa Indonesia, Cerita Pendek

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi unsur intrinsik pada cerpen dan kemampuan untuk berkonsentrasi saat membaca cerita pendek kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memahami unsur intrinsik cerita pendek melalui media spinning wheel pada siswa kelas V SD Negeri Alluka Kabupaten Gowa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Alluka sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Hasil tes siklus I, perolehan ketuntasan belajar siswa sebesar 53% dan pada tes siklus II meningkat menjadi 90%. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan yang mengalami peningkatan setiap pelaksanaan siklus, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media spinning dapat meningkatkan kemampuan memahami unsur intrinsik cerita pendek siswa di kelas V SD Negeri Alluka Kabupaten Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Irham, N. H. (2024). Penggunaan Roda Putar dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Machali, I. (2022). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327.

Masyir, N. M. (2024). Analisis Kemampuan Menentukan Unsur Intrinsik Dongeng Pada Siswa Kelas IV. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ramdan, S. Z. (2024). Penggunaan Media Roda Berputar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN 31 Cakranegara. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 51–56.

Solichah, M., Akhwani. , H. S. & G. S. (2021). Pemanfaatan Media Roda Putar dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 29(2), 80–92.

Wahyudi, S., Safruddin, Hutagol, R., Indah, D., & Dwiana, A. A. (2024). Penerapan Media Spinning Wheel untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 2062–2073.

Wijayati, W. (2021). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen dengan Menggunakan MetodeTwo Stay Two Stray (TSTS). SMK Negeri 2 Purbalingga.

Downloads

Published

2025-08-21