PENDEKATAN PREVENTIF DAN KURATIF SEKOLAH TERHADAP KENAKALAN PELAJAR: STUDI KASUS DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BLORA

Authors

  • Eko Kristanto Universitas Muhammadiyah Malang
  • Putri Dwi Yuliana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Erna Yayuk Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.32300

Keywords:

Kenakalan Pelajar, Preventif, Kuratif, Pendidikan Karakter, Nilai-nilai Islami

Abstract

Kenakalan pelajar merupakan masalah yang terus berkembang dan membutuhkan penanganan efektifdi lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi penanganan kenakalan pelajar di SMKMuhammadiyah 2 Blora melalui integrasi pendekatan preventif dan kuratif berbasis nilai-nilai keislaman.Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus, melibatkan guru BK, guru agama, wakil kepalasekolah, orang tua, dan siswa sebagai informan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasipartisipatif, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa bentuk kenakalan siswa meliputi keterlambatan, membolos, pelanggaran seragam, danperilaku tidak sopan. Strategi preventif yang diterapkan sekolah mencakup pembinaan karakter, kegiatankeagamaan, sosialisasi aturan, serta kerja sama dengan kepolisian dan tokoh agama. Sementara itu,penanganan kuratif dilakukan melalui konseling individual, mediasi, keterlibatan orang tua, dan sanksi edukatifyang berlandaskan pembinaan spiritual. Nilai-nilai keislaman menjadi dasar pembinaan, terlihat dari kegiatanibadah rutin, pendidikan ISMUBA, dan peran aktif guru agama sebagai pembimbing moral siswa. Integrasikedua strategi ini berhasil menurunkan angka pelanggaran dan membentuk karakter siswa secara positif.Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan penanganan kenakalan pelajar tidak hanya bergantung padapemberian sanksi, tetapi juga pada pendidikan karakter yang terstruktur dan konsisten. Temuan ini dapatdijadikan model pembinaan bagi sekolah berbasis nilai keagamaan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif, M. (2023). Peran Komunikasi Efektif Antara Guru Dan Siswa Dalam Proses Pembelajaran

Di Sdn Asemnonggal 1 Jrengik Sampang.

Http://Ejournal.Kopertais4.Or.Id/Madura/Index.Php/Alallam/About/Contact

Amak Fadholi. (2024). Peran Agama Islam Dalam Membentukan Karakter Religius Siswa

Melalui Kegiatan Keagamaandi Sekolah Dasar.

Anggraini, O. (2023). Oktiva Anggraini Revitalisasi Peran Keluarga Mengatasi Cyberbullying

Era New Normal Di Kelurahan Prenggan, Kota Gede Yogyakarta.

Anikoh, I. (2022). Bimbingan Konseling Melalui Pendekatan Rational Emotive Behavioral Terapi

Dalam Mengatasi Perilaku Kenakalan Di Pondok Pesantren (Vol. 01, Issue 1).

Http:/E/Journal.Iaingawi.Ac.Id/Index.Php/Konseling

Antoro, W. G., Aprilia, A., & Widodo, H. (2022). Penerapan Dan Implementasi Kurikulum

Ismuba Terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa Smp Muhammadiyah Al Mujahidin

Gunungkidul. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 1057.

Https://Doi.Org/10.32884/Ideas.V8i3.809

Astuti, D. A., Darsono, F. A., Khairani, N., Nazara, T. S., & Yuliadia, K. (2024). Scoping Review:

Upaya Penanganan Kenakalan Remaja. Buletin Ilmu Kebidanan Dan Keperawatan, 3(01),

39–46. Https://Doi.Org/10.56741/Bikk.V3i01.485

Atmaja, T. S., Dewantara, J. A., & Utomo, B. B. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis

Sekolah Menengah Atas Perbatasan Entikong Kalimantan Barat. Jurnal Basicedu, 4(4),

1257–1266. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.545

Azhari, M. (2024). Integrasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Di Madrasah:

Implementasi Dan Evaluasi. Future Academia : The Journal Of Multidisciplinary Research

On Scientific And Advanced, 2(4), 691–700. Https://Doi.Org/10.61579/Future.V2i4.240

Bhara, A., Masri, E., & Handayani, O. (2024). Abdi Bhara Membangun Karakter Remaja Upaya

Pencegahan Kenakalan Di Sekolah, Komunitas Dan Bermasyarakat. 3(2), 170–178.

Https://Doi.Org/10.31599/54mspd76

Cintana, B., Rahman, F., Utami, I. S., Febrianti, N. R., Az-, Z., & Rahmadhanti, Z. (2023).

Gambaran Kenakalan Remaja Di Kampung Dongkal Cipondoh Serta Upaya Penanganannya.

Journal Of Islamic Education Guidance And Counseling, 4(2), 54–62.

Elviona, R., Saparahayuningsih, S., & Tristianty, S. (2024). Penerapan Layanan Konseling

Individu Menggunakan Pendekatan Behavior Teknik Kontrak Perilaku Dalam MeningkatkanNilai Kedisiplinan Pada Peserta Didik Smkn 3 Bengkulu. Triadik, 23(2), 196–205.

Https://Doi.Org/10.33369/Triadik.V23i2.40158

Endang, R., Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2024). Upaya Preventif Demoralisasi Siswa

Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Pedagogik Profetik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah

Guru, 9(3), 1590–1596. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V9i3.1153

Farras, A., Valzon, M., Fino Hidayat, A., Rahmatika Hasanah, A., Izzati, A., Maratis Solehah, N.,

Aprilianti, R., Yudhistira Mayrade, S., Wahyuni, S., Ulhusna, N., Ul Husna, A., Kusuma

Wardani, K., Nanda Utami, P., Bagus Pramono, K., Safardi, H., Imron Khoiri, M., Naufal,

A., & Kunci -Media Sosial, K. (2023). Media Sosial Dan Transformasi Pendidikan:

Sosialisasi Program Dasar Untuk Membantu Logika Dan Dampak Medsos Pada Belajar

Remaja. In Tahun (Vol. 3, Issue 2).

Febrian, R. R., Sari, R., & Alim, P. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin

Siswa Pasca Pandemi Covid-19. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 89–99.

Https://Doi.Org/10.51468/Jpi.V6i1.353

Febriyani, N., Hadiana, O., Haryana, T., & Astria Nur, H. (2025). The Essential Role Of Parents

In Forming Children’s Character In Sb Kepong Malaysia. Indonesian Community Service

And Empowerment Journal (Icomse), 6.

Ganjar Susilo, S. S. B. A. N. A. V. (2024). Peningkatan Pemahamanpendidikankenakalan Remaja

Disekolah Menengah Pertama Di Smp Negeri 20penajam Paser Utara(Ppu.

Ghimaseptiaputri. (2021). Artikel Bk Pertemuan 1 Ghima Septia Putri 19329098.

Gunawan, I., Asyari, A., & Mataram, U. (2023). Pola Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan

Budi Pekerti Dalam Membentuk Karakter Religius Di Sekolah Dasar. In Journal Of Primary

Education (Vol. 2, Issue 1).

Hafidzh, F. A., & Yasmin R.F., F. (2024). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan

Keagamaan Di Smp. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(2),

1169. Https://Doi.Org/10.35931/Aq.V18i2.3396

Hafizatul Wahyuni Zain, S., Wilis, E., & Puspika Sari, H. (2024). Ihsan : Jurnal Pendidikan Islam

Peran Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Berbasis Nilai-Nilai Al-

Qur’an Dan Hadis. Http://Ejournal.Yayasanpendidikandzurriyatulquran.Id/Index.Php/Ihsan

Hakim, A. R., & Darojat, J. (2023). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Dan

Identitas Nasional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1337–1346.

Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V8i3.1470Hamid, S. I., Anggraeni Dewi, D., Fakhrudin, A. M., Setianingsih, E., & Putri, F. W. (2021).

Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus

Bangsa. Aulad: Journal On Early Childhood, 4(3), 143–149.

Https://Doi.Org/10.31004/Aulad.V4i3.179

Harefa, L., Sendratari, L. P., & Syahrin, A. A. (2025). Strategi Dan Implementasi Pendidikan

Karakter Dalam Pembelajaran Sosiologi Di Smas Muhammadiyah 2 Singaraja. Jurnal Syntax

Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(1), 50–63.

Https://Doi.Org/10.54543/Syntaximperatif.V6i1.643

Hariyanto, Jahiban, M., & Herianto, E. (2019). Strategi Guru Ppkn Dalam Penguatan Karakter

Siswa Smpn 2 Mataram. 6(1), 1–17. Https://Juridiksiam.Unram.Ac.Id/Index.Php/Juridiksiam

Hidayat, S. (2021). Integrasi Nilai Islam Dalam Pendidikan: Pembelajaran Integratif Di Sma Islam

Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 141–156.

Https://Doi.Org/10.19105/Tjpi.V16i1.4665

Ifnaldi, I. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Dan Mengatasi

Perilaku Menyimpang Siswa Di Sekolah. Literatus, 4(2), 418–427.

Https://Doi.Org/10.37010/Lit.V4i2.767

Juariah, S., & Nugroho, D. (2025). Analisis Layanan Bimbingan Dan Konseling Berbasis Budaya

Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Https://Lenteranusa.Id/

Khairani, P. (2024). Program Layanan Bimbingan Konseling Dalam Mengembangkan Kecerdasan

Emosional Peserta Didik Pada Mtss Baitul Arqam. Jurnal Pendidikan Penggerak, 2(2),

43–48. Https://Doi.Org/10.35870/Jpp.V2i2.4033

Lathifah, U., & Mustofa, T. A. (2024). Keselarasan Kurikulum Merdeka Dengan Kurikulum

Ismuba Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Pk Muhammadiyah

Kottabarat Surakarta. In Jurnal Kependidikan (Vol. 13, Issue 2).

Https://Jurnaldidaktika.Org1413

Latifah, M., Fatchiatuzahro, & Irawan, H. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Integrasi

Nilai-Nilai Islami. Rayah Al-Islam, 8(2), 407–416. Https://Doi.Org/10.37274/Rais.V8i2.950

Made, N., Dewi, W. A., Made Yudana, I., & Sanjaya, D. B. (2025). Implementasi Projek

Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Dan

Tanggung Jawab Pada Peserta Didik (Vol. 8, Issue 2). Http://Jiip.Stkipyapisdompu.Ac.IdMuis, M. A., Pratama, A., Sahara, I., Yuniarti, I., Putri, S. A., & Agama, S. T. (2024). Peran

Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Bangsa Di Era Globalisasi.

Http://Jiip.Stkipyapisdompu.Ac.Id

Nehru. (2024). Peran Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Tantangan Sosial Di Kalangan

Remaja Padasman 3 Kota Bima (Vol. 3, Issue 4).

Https://Jurnal.Jomparnd.Com/Index.Php/Jupenji

Nurbaeti, R. U., Zulfikar, Z., & Toharudin, M. (2020). Pembelajaran Ramah Anak Berbasis

Pendidikan Karakter Pada Sekolah Inklusi. Jurnal Socius: Journal Of Sociology Research

And Education, 7(2), 99. Https://Doi.Org/10.24036/Scs.V7i2.215

Panjaitan, K., Selviana, S., Tersta, F. W., & Aprillitzavivayarti, A. (2024). Peran Guru Dalam

Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal

Ilmu Pendidikan, 6(4), 2820–2833. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V6i4.6778

Purnamanigsih. (2023). Tantangan Pendidikan Karakter Di Sekolah Pada Pembelajaran Sistem

Daring.

Rahman, A., Purnama Sari, D., Tarbiyah, F., Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Washliyah Aceh Tengah,

S., & Tengah, A. (2024). Sosialisasi Pendidikan Karakter Berbasis Kerja Sama Antara Guru

Dan Orang Tua (Vol. 2, Issue 1).

Rahmawati, M., & Roshayanti, F. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menentukan Ide Pokok

Paragraf (Studi Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar). In Ainara Journal (Vol. 5, Issue 2).

Http://Journal.Ainarapress.Org/Index.Php/Ainj

Ratriningtyas, G. N. (2024). Peran Orang Tua Untuk Mencegah Terjadinya Kenakalan Remaja Di

Desa Nyamat. Indonesian Journal Of Muhammadiyah Studies, 5(1), 15–22.

Ridwan Maulana, A., Yunita, R., Sutansyah, L., Ali Agustini, A., & Pendidikan Islam Stit Al-

Farabi Pangandaran, M. N. (2024). Peran Guru Bimbingan Konseling Terhadap Minat

Melanjutkan Pendidikan Bagi Siswa Mas Ypp Jamanis. 2(2), 166–171.

Https://Journal.Wiyatapublisher.Or.Id/Index.Php/E-Gov

Rukajat, A., Ramdhani, K., & Singaperbangsa Karawang, U. (2024). Peran Guru Pendidikan

Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Di Sekolah Dasar. 11(3).

Safira, U. L., Zulkifli, M., & Harianto, S. H. (2024). Upaya Kepala Sekolah Dalam Pencegahan

Prilaku Bulliying Di Sdn 1 Surabaya Kecamatan Sakra Timur.Saputra, E., Dahlan, D., Kurniawansyah, E., & Zubair, Muh. (2023). Upaya Guru Ppkn Dalam

Mengatasi Kenakalan Siswa Di Smpn 5 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b),

523–531. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V8i1b.1234

Tafiyah, M., Nafilah, B., Ghofur, A., Khoirunnisa, R., & Asy’ari Tebuireng-Jombang, U. H.

(2025). Implementasi Budaya Religius Dalam Pembentukan Karakter Siswa Peserta Didik Di

Man 3 Jombang. Https://Doi.Org/10.33752/Mjsi.V2i01.7756

Taufikurrahman Erdhiyanto. (2024). Peran Restorative Justice Dalam Pendidikan Agama Islam

Untuk Meminimalisir Perilaku Bullying Di Sekolah.

Tsani, M. F., 1*, R., Nugraha, R. A., Pedagogi, ), & Pancasakti, U. (2024). Efektivitas Peran Guru

Bk Membangun Kepercayaan Diri Peserta Didik Melalui Bimbingan Kelompok. In Journal

Of Education Research (Vol. 5, Issue 3).

Ulfa Surya Mawaddah, N. D. (2023). Literature Riview: Keefektifan Layanan Informasi Guru

Bkdalam Mencegah Kenakalan Remaja.

Downloads

Published

2025-08-15