PENDEKATAN PREVENTIF DAN KURATIF SEKOLAH TERHADAP KENAKALAN PELAJAR: STUDI KASUS DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BLORA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.32300Keywords:
Kenakalan Pelajar, Preventif, Kuratif, Pendidikan Karakter, Nilai-nilai IslamiAbstract
Kenakalan pelajar merupakan masalah yang terus berkembang dan membutuhkan penanganan efektifdi lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi penanganan kenakalan pelajar di SMKMuhammadiyah 2 Blora melalui integrasi pendekatan preventif dan kuratif berbasis nilai-nilai keislaman.Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus, melibatkan guru BK, guru agama, wakil kepalasekolah, orang tua, dan siswa sebagai informan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasipartisipatif, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa bentuk kenakalan siswa meliputi keterlambatan, membolos, pelanggaran seragam, danperilaku tidak sopan. Strategi preventif yang diterapkan sekolah mencakup pembinaan karakter, kegiatankeagamaan, sosialisasi aturan, serta kerja sama dengan kepolisian dan tokoh agama. Sementara itu,penanganan kuratif dilakukan melalui konseling individual, mediasi, keterlibatan orang tua, dan sanksi edukatifyang berlandaskan pembinaan spiritual. Nilai-nilai keislaman menjadi dasar pembinaan, terlihat dari kegiatanibadah rutin, pendidikan ISMUBA, dan peran aktif guru agama sebagai pembimbing moral siswa. Integrasikedua strategi ini berhasil menurunkan angka pelanggaran dan membentuk karakter siswa secara positif.Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan penanganan kenakalan pelajar tidak hanya bergantung padapemberian sanksi, tetapi juga pada pendidikan karakter yang terstruktur dan konsisten. Temuan ini dapatdijadikan model pembinaan bagi sekolah berbasis nilai keagamaan lainnya.Downloads
References
Afif, M. (2023). Peran Komunikasi Efektif Antara Guru Dan Siswa Dalam Proses Pembelajaran
Di Sdn Asemnonggal 1 Jrengik Sampang.
Http://Ejournal.Kopertais4.Or.Id/Madura/Index.Php/Alallam/About/Contact
Amak Fadholi. (2024). Peran Agama Islam Dalam Membentukan Karakter Religius Siswa
Melalui Kegiatan Keagamaandi Sekolah Dasar.
Anggraini, O. (2023). Oktiva Anggraini Revitalisasi Peran Keluarga Mengatasi Cyberbullying
Era New Normal Di Kelurahan Prenggan, Kota Gede Yogyakarta.
Anikoh, I. (2022). Bimbingan Konseling Melalui Pendekatan Rational Emotive Behavioral Terapi
Dalam Mengatasi Perilaku Kenakalan Di Pondok Pesantren (Vol. 01, Issue 1).
Http:/E/Journal.Iaingawi.Ac.Id/Index.Php/Konseling
Antoro, W. G., Aprilia, A., & Widodo, H. (2022). Penerapan Dan Implementasi Kurikulum
Ismuba Terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa Smp Muhammadiyah Al Mujahidin
Gunungkidul. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 1057.
Https://Doi.Org/10.32884/Ideas.V8i3.809
Astuti, D. A., Darsono, F. A., Khairani, N., Nazara, T. S., & Yuliadia, K. (2024). Scoping Review:
Upaya Penanganan Kenakalan Remaja. Buletin Ilmu Kebidanan Dan Keperawatan, 3(01),
39–46. Https://Doi.Org/10.56741/Bikk.V3i01.485
Atmaja, T. S., Dewantara, J. A., & Utomo, B. B. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis
Sekolah Menengah Atas Perbatasan Entikong Kalimantan Barat. Jurnal Basicedu, 4(4),
1257–1266. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.545
Azhari, M. (2024). Integrasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Di Madrasah:
Implementasi Dan Evaluasi. Future Academia : The Journal Of Multidisciplinary Research
On Scientific And Advanced, 2(4), 691–700. Https://Doi.Org/10.61579/Future.V2i4.240
Bhara, A., Masri, E., & Handayani, O. (2024). Abdi Bhara Membangun Karakter Remaja Upaya
Pencegahan Kenakalan Di Sekolah, Komunitas Dan Bermasyarakat. 3(2), 170–178.
Https://Doi.Org/10.31599/54mspd76
Cintana, B., Rahman, F., Utami, I. S., Febrianti, N. R., Az-, Z., & Rahmadhanti, Z. (2023).
Gambaran Kenakalan Remaja Di Kampung Dongkal Cipondoh Serta Upaya Penanganannya.
Journal Of Islamic Education Guidance And Counseling, 4(2), 54–62.
Elviona, R., Saparahayuningsih, S., & Tristianty, S. (2024). Penerapan Layanan Konseling
Individu Menggunakan Pendekatan Behavior Teknik Kontrak Perilaku Dalam MeningkatkanNilai Kedisiplinan Pada Peserta Didik Smkn 3 Bengkulu. Triadik, 23(2), 196–205.
Https://Doi.Org/10.33369/Triadik.V23i2.40158
Endang, R., Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2024). Upaya Preventif Demoralisasi Siswa
Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Pedagogik Profetik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah
Guru, 9(3), 1590–1596. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V9i3.1153
Farras, A., Valzon, M., Fino Hidayat, A., Rahmatika Hasanah, A., Izzati, A., Maratis Solehah, N.,
Aprilianti, R., Yudhistira Mayrade, S., Wahyuni, S., Ulhusna, N., Ul Husna, A., Kusuma
Wardani, K., Nanda Utami, P., Bagus Pramono, K., Safardi, H., Imron Khoiri, M., Naufal,
A., & Kunci -Media Sosial, K. (2023). Media Sosial Dan Transformasi Pendidikan:
Sosialisasi Program Dasar Untuk Membantu Logika Dan Dampak Medsos Pada Belajar
Remaja. In Tahun (Vol. 3, Issue 2).
Febrian, R. R., Sari, R., & Alim, P. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin
Siswa Pasca Pandemi Covid-19. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 89–99.
Https://Doi.Org/10.51468/Jpi.V6i1.353
Febriyani, N., Hadiana, O., Haryana, T., & Astria Nur, H. (2025). The Essential Role Of Parents
In Forming Children’s Character In Sb Kepong Malaysia. Indonesian Community Service
And Empowerment Journal (Icomse), 6.
Ganjar Susilo, S. S. B. A. N. A. V. (2024). Peningkatan Pemahamanpendidikankenakalan Remaja
Disekolah Menengah Pertama Di Smp Negeri 20penajam Paser Utara(Ppu.
Ghimaseptiaputri. (2021). Artikel Bk Pertemuan 1 Ghima Septia Putri 19329098.
Gunawan, I., Asyari, A., & Mataram, U. (2023). Pola Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan
Budi Pekerti Dalam Membentuk Karakter Religius Di Sekolah Dasar. In Journal Of Primary
Education (Vol. 2, Issue 1).
Hafidzh, F. A., & Yasmin R.F., F. (2024). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan
Keagamaan Di Smp. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(2),
1169. Https://Doi.Org/10.35931/Aq.V18i2.3396
Hafizatul Wahyuni Zain, S., Wilis, E., & Puspika Sari, H. (2024). Ihsan : Jurnal Pendidikan Islam
Peran Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Berbasis Nilai-Nilai Al-
Qur’an Dan Hadis. Http://Ejournal.Yayasanpendidikandzurriyatulquran.Id/Index.Php/Ihsan
Hakim, A. R., & Darojat, J. (2023). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Dan
Identitas Nasional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1337–1346.
Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V8i3.1470Hamid, S. I., Anggraeni Dewi, D., Fakhrudin, A. M., Setianingsih, E., & Putri, F. W. (2021).
Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus
Bangsa. Aulad: Journal On Early Childhood, 4(3), 143–149.
Https://Doi.Org/10.31004/Aulad.V4i3.179
Harefa, L., Sendratari, L. P., & Syahrin, A. A. (2025). Strategi Dan Implementasi Pendidikan
Karakter Dalam Pembelajaran Sosiologi Di Smas Muhammadiyah 2 Singaraja. Jurnal Syntax
Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(1), 50–63.
Https://Doi.Org/10.54543/Syntaximperatif.V6i1.643
Hariyanto, Jahiban, M., & Herianto, E. (2019). Strategi Guru Ppkn Dalam Penguatan Karakter
Siswa Smpn 2 Mataram. 6(1), 1–17. Https://Juridiksiam.Unram.Ac.Id/Index.Php/Juridiksiam
Hidayat, S. (2021). Integrasi Nilai Islam Dalam Pendidikan: Pembelajaran Integratif Di Sma Islam
Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 141–156.
Https://Doi.Org/10.19105/Tjpi.V16i1.4665
Ifnaldi, I. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Dan Mengatasi
Perilaku Menyimpang Siswa Di Sekolah. Literatus, 4(2), 418–427.
Https://Doi.Org/10.37010/Lit.V4i2.767
Juariah, S., & Nugroho, D. (2025). Analisis Layanan Bimbingan Dan Konseling Berbasis Budaya
Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Https://Lenteranusa.Id/
Khairani, P. (2024). Program Layanan Bimbingan Konseling Dalam Mengembangkan Kecerdasan
Emosional Peserta Didik Pada Mtss Baitul Arqam. Jurnal Pendidikan Penggerak, 2(2),
43–48. Https://Doi.Org/10.35870/Jpp.V2i2.4033
Lathifah, U., & Mustofa, T. A. (2024). Keselarasan Kurikulum Merdeka Dengan Kurikulum
Ismuba Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Pk Muhammadiyah
Kottabarat Surakarta. In Jurnal Kependidikan (Vol. 13, Issue 2).
Https://Jurnaldidaktika.Org1413
Latifah, M., Fatchiatuzahro, & Irawan, H. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Integrasi
Nilai-Nilai Islami. Rayah Al-Islam, 8(2), 407–416. Https://Doi.Org/10.37274/Rais.V8i2.950
Made, N., Dewi, W. A., Made Yudana, I., & Sanjaya, D. B. (2025). Implementasi Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Dan
Tanggung Jawab Pada Peserta Didik (Vol. 8, Issue 2). Http://Jiip.Stkipyapisdompu.Ac.IdMuis, M. A., Pratama, A., Sahara, I., Yuniarti, I., Putri, S. A., & Agama, S. T. (2024). Peran
Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Bangsa Di Era Globalisasi.
Http://Jiip.Stkipyapisdompu.Ac.Id
Nehru. (2024). Peran Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Tantangan Sosial Di Kalangan
Remaja Padasman 3 Kota Bima (Vol. 3, Issue 4).
Https://Jurnal.Jomparnd.Com/Index.Php/Jupenji
Nurbaeti, R. U., Zulfikar, Z., & Toharudin, M. (2020). Pembelajaran Ramah Anak Berbasis
Pendidikan Karakter Pada Sekolah Inklusi. Jurnal Socius: Journal Of Sociology Research
And Education, 7(2), 99. Https://Doi.Org/10.24036/Scs.V7i2.215
Panjaitan, K., Selviana, S., Tersta, F. W., & Aprillitzavivayarti, A. (2024). Peran Guru Dalam
Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal
Ilmu Pendidikan, 6(4), 2820–2833. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V6i4.6778
Purnamanigsih. (2023). Tantangan Pendidikan Karakter Di Sekolah Pada Pembelajaran Sistem
Daring.
Rahman, A., Purnama Sari, D., Tarbiyah, F., Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Washliyah Aceh Tengah,
S., & Tengah, A. (2024). Sosialisasi Pendidikan Karakter Berbasis Kerja Sama Antara Guru
Dan Orang Tua (Vol. 2, Issue 1).
Rahmawati, M., & Roshayanti, F. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menentukan Ide Pokok
Paragraf (Studi Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar). In Ainara Journal (Vol. 5, Issue 2).
Http://Journal.Ainarapress.Org/Index.Php/Ainj
Ratriningtyas, G. N. (2024). Peran Orang Tua Untuk Mencegah Terjadinya Kenakalan Remaja Di
Desa Nyamat. Indonesian Journal Of Muhammadiyah Studies, 5(1), 15–22.
Ridwan Maulana, A., Yunita, R., Sutansyah, L., Ali Agustini, A., & Pendidikan Islam Stit Al-
Farabi Pangandaran, M. N. (2024). Peran Guru Bimbingan Konseling Terhadap Minat
Melanjutkan Pendidikan Bagi Siswa Mas Ypp Jamanis. 2(2), 166–171.
Https://Journal.Wiyatapublisher.Or.Id/Index.Php/E-Gov
Rukajat, A., Ramdhani, K., & Singaperbangsa Karawang, U. (2024). Peran Guru Pendidikan
Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Di Sekolah Dasar. 11(3).
Safira, U. L., Zulkifli, M., & Harianto, S. H. (2024). Upaya Kepala Sekolah Dalam Pencegahan
Prilaku Bulliying Di Sdn 1 Surabaya Kecamatan Sakra Timur.Saputra, E., Dahlan, D., Kurniawansyah, E., & Zubair, Muh. (2023). Upaya Guru Ppkn Dalam
Mengatasi Kenakalan Siswa Di Smpn 5 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b),
523–531. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V8i1b.1234
Tafiyah, M., Nafilah, B., Ghofur, A., Khoirunnisa, R., & Asy’ari Tebuireng-Jombang, U. H.
(2025). Implementasi Budaya Religius Dalam Pembentukan Karakter Siswa Peserta Didik Di
Man 3 Jombang. Https://Doi.Org/10.33752/Mjsi.V2i01.7756
Taufikurrahman Erdhiyanto. (2024). Peran Restorative Justice Dalam Pendidikan Agama Islam
Untuk Meminimalisir Perilaku Bullying Di Sekolah.
Tsani, M. F., 1*, R., Nugraha, R. A., Pedagogi, ), & Pancasakti, U. (2024). Efektivitas Peran Guru
Bk Membangun Kepercayaan Diri Peserta Didik Melalui Bimbingan Kelompok. In Journal
Of Education Research (Vol. 5, Issue 3).
Ulfa Surya Mawaddah, N. D. (2023). Literature Riview: Keefektifan Layanan Informasi Guru
Bkdalam Mencegah Kenakalan Remaja.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.