Inovasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui Model PULSE untuk meningkatkan Keterampilan Kerja Sama Siswa Sekolah Dasar.
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32327Keywords:
Student Collaboration, Pancasila Education, PULSE ModelAbstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini terletak pada rendahnya keterampilankerja sama siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Kondisi inidipengaruhi oleh pendekatan pembelajaran yang belum berpusat pada siswa sertakurangnya fokus pada pengembangan kemampuan kerja sama. Akibatnya, siswabelum mampu bekerja sama secara optimal. Untuk mengatasi permasalahantersebut, penelitian ini menerapkan model pembelajaran PULSE dengan tujuanmeningkatkan keterampilan kerja sama siswa. Penelitian menggunakanpendekatan kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yangdilaksanakan selama empat pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIISDN Sungai Miai 8 tahun ajaran 2024/2025, dengan jumlah 18 siswa yang terdiridari 12 laki-laki dan 6 perempuan. Data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dandikumpulkan melalui observasi terhadap keterampilan kerja sama siswa. Hasilmenunjukkan adanya peningkatan dari 33,3% pada pertemuan pertama menjadi94,4% pada pertemuan keempat. Dengan demikian, penerapan model PULSEterbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan kerja sama siswa.Downloads
References
Aslamiah, Abbas, E. W., & Mutiani. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education Aslamiah. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 2723–1119. https://doi.org/10.20527/Available
Harini, D., & Wijaya, K. (2020). Memperkuat Nasionalisme melalui Pendidikan Pancasila di Sekolah-sekolah Indonesia. Jurnal Studi Sosial dan Politik, 12(4), 45-56.
Hayqal, M. R., & Najicha, F. U. (2023). Peran Pendidikan Pancasila sebagai Pembentuk Karakter Mahasiswa. Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 55-62.
Khusna, F. L., Kanzunnudin, M., & Purbasari, I. (2020). Sikap Kerja Sama Siswa pada Pembelajaran Sosial Melalui Model Think Pair Share (TPS). Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 118–124. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4310
Puspitasari, N. I., Rinanto, Y., & Widoretno, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Peserta Didik melalui Penerapan Model Group Investigation. Bio-Pedagogi : Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(1), 1–5.
Rahayu, D., Puspita, A. M. I., & Puspitaningsih, F. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3626
Santosa, A., & Rahmawati, M. (2019). Peran Pendidikan Pancasila dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 10(1), 21-30.
Sari, B. T. W., & Kristin, F. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning dan Model Group Investigation Terhadap Kemampuan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU: Research & Learning in Elementary Education, 4(2), 257–267. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Yuliana, F., & Hasan, M. (2017). Pancasila sebagai Model Pendidikan Karakter untuk Membangun Nasionalisme. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Indonesia, 8(2), 75-83.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.