Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TTS Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas V SDN Jayasampurna 02
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32344Keywords:
media pembelajaran, teka-teki silang, keterampilan berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis teka-teki silang (TTS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V di SDN Jayasampurna 02. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian mencakup observasi, wawancara, dokumentasi, angket respon guru dan siswa, serta pretest dan posttest. Hasil validasi ahli menunjukkan rata-rata skor 96%, menandakan media sangat layak digunakan. Respon guru dan siswa juga mencapai 97% pada kategori sangat layak. Penggunaan media TTS mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan nilai N-Gain rata-rata 0,69, termasuk kategori cukup efektif. Penelitian berlangsung dari Februari sampai Agustus 2025. Kesimpulannya, media pembelajaran interaktif berbasis TTS tidak hanya meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, tetapi juga menciptakan suasana belajar yang menarik dan interaktif. Penelitian ini memberikan alternatif media inovatif yang bermanfaat bagi guru dan meningkatkan kualitas pendidikan dasar.Downloads
References
Buku :
Ali, A., Maniboey, L. C., Megawati, R., Djarwo, C. F., & Listiani, H. (2024). Media Pembelajaran Interaktif: Teori Komprehensif dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Jurnal :
Aziz, M. F. A., & Alfurqan, A. (2023). Penggunaan Media Teka Teki Silang (TTS) dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23164–23169.
Barokah, A., Wiharja, A., Sekarwangi, D. P., & Khoerunnissa, V. (2024). Studi Literatur: Media Pembelajaran Numerasi Berbasis Game pada Materi Perkalian di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 13330–13338.
BG, I. (2023). Pengembangan Media Teka-Teki Silang Interaktif Berbasis Html Pada Muatan Ipa Tema 6 Subtema 1 Kelas V.
Fatima, S. R. N., & Choirunnisa, N. L. (2024). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui PJBL Materi Energi Listrik Untuk Siswa Kelas V SD.
Himah, M. C. (2024). Pengembangan Media Science Crossword Game Berbantuan Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa Kelas 5 SD. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3).
Lukmantya, S. A. (2023). Tantangan dan Inovasi dalam Manajemen Kurikulum Abad ke-21. Proceedings Series of Educational Studies.
Novandi, M., Serani, G., Djudin, T., & Suratman, D. (2025). Keterampilan Berpikir Kritis Dan Pengajarannya Di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 11(1), 649–669.
Ramadhan, A. F., Fakhruddin, A., & Faqhuddin, A. (2025). Implementasi Crossword Puzzle Dalam Pembelajaran Pai Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Di SMA. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1–15.
Risal, Z., Hakim, R., & Abdullah, A. R. (2022). Research And Development (R&D) Konsep, Teori-Teori dan Desain Penelitian. CV. Literasi Nusantara Abadi.
Susanti, S., Aminah, F., Assa’idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak negatif metode pengajaran monoton terhadap motivasi belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(2), 86–93.
Syifa, M. M., & Supriatna, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Crossword Puzzle (Teka Teki Silang) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VI di SDN Serang 7. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 41–48.
Wahyuni, I. T., Sari, P. M., & Kowiyah, K. (2021). Identifikasi keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SDN Gugus 1 Kecamatan Duren Sawit. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 12–22.
Watri, Gimin, & Suarman. (2023). Buku Desain dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android.
Wibowo, A. (2024). Kemampuan Berpikir Kritis. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1–473.
Widyanto, I. P., & Vienlentia, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik menggunakan Student Centered Learning.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.