PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS GUPPI TAIPALE`LENG

Authors

  • Nurul Alwia Universitas Muhammadiyah
  • Andi Sugiati Universitas Muhammadiyah
  • Akbar aba Universitas Muhammadiyah

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32396

Keywords:

Pancasila Project Based Learning, hasil belajar, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Pancasila berbasis Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah GUPPI Taipale’leng. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran Pancasila yang masih bersifat konvensional dan minim interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Pancasila berbasis Project Based Learning (PjBL) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah GUPPI Taipale'leng. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen, dari nilai pretes sebesar 52,7 menjadi nilai postes sebesar 74,4 yang sebagian besarnya melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pancasila secara

teoritis, tetapi juga

menginternalisasi nilai-

nilai karakter, seperti

gotong royong, toleransi,

dan tanggung jawab

sosial ke dalam sikap

dan tindakan siswa.

melalui penyediaan sarana,

waktu, dan kebijakan yang

fleksibel agar proyek-proyek

yang dirancang dapat

terlaksana secara optimal dan

berkelanjutan.

SARAN

• Bagi Guru: Guru PPKn atau

mata pelajaran Pancasila

disarankan untuk

mengimplementasikan model

Project Based Learning

sebagai alternatif strategi

pembelajaran yang mampu

meningkatkan hasil belajar dan

karakter siswa secara

bersamaan.

Bagi Sekolah: Sekolah

diharapkan mendukung

pelaksanaan model

pembelajaran berbasis proyek

DAFTAR PUSTAKA

Ekolah, D. I. S., M. Enengah K.

Ejuruan, S. M. K. B. Erbasis, P.

Ondok P. Esantren, Ece

Supriatna, Ending Bahruddin,

Didin Hafidhuddin, and Didin

Saefuddin. 2014. “Konsep Dan I

Mplementasi P Endidikan K

Downloads

Published

2025-08-17