IMPLEMENTASI PENDEKATAN PSIKOEDUKASI TERHADAP PENCEGAHAN TINDAKAN BULLIYING DI SDN 2 KEMBANG SARI

IMPLEMENTASI PENDEKATAN PSIKOEDUKASI TERHADAP PENCEGAHAN TINDAKAN BULLIYING DI SDN 2 KEMBANG SARI

Authors

  • lasmi farida Universitas Hamzanwadi
  • Zalia Muspita Universitas Hamzanwadi
  • Andi Sulastri
  • Arif Rahman Hakim Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32481

Keywords:

mplementasi, Psikoedukasi, Bullying, Pencegahan, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Pendekatan Psikoedukasi dalam mencegah tindakan Bullying di Sekolah Dasar Negeri 2 Kembang Sari, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur. Fokus penelitian meliputi: (1) implementasi Pendekatan Psikoedukasi oleh guru, (2) hambatan yang dihadapi guru dalam pengimplementasiannya, dan (3) keterlibatan siswa dalam kegiatan psikoedukasi yang diarahkan untuk mencegah bullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian yaitu guru kelas IV, V, dan VI serta siswa dari masing-masing kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendekatan Psikoedukasi telah diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran melalui metode diskusi kelompok, permainan peran, dan kampanye anti-bullying. Guru secara aktif menyampaikan materi terkait bullying melalui integrasi ke dalam mata pelajaran seperti PPKn dan Bahasa Indonesia. Hambatan yang dialami guru antara lain kurangnya alokasi waktu, keterbatasan fasilitas pendukung, serta belum tersedianya guru Bimbingan Konseling (BK). Meskipun demikian, siswa menunjukkan keterlibatan yang positif dan antusias dalam kegiatan psikoedukatif, serta menunjukkan perubahan perilaku ke arah yang lebih baik dalam berinteraksi sosial di sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pendekatan Psikoedukasi berkontribusi signifikan dalam membentuk kesadaran siswa tentang bahaya bullying dan membangun budaya saling menghargai di lingkungan sekolah dasar. Kata Kunci: Implementasi, Psikoedukasi, Bullying, Pencegahan, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pomalela, D. (2023). Media elektronik sebagai sarana psikoedukasi di sekolah. Jurnal Teknologi Pendidikan Anak, 5(2), 54–62.

Putri, F. (2022). Karakter pelaku dan korban bullying pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 101–115.

Rahayu, D., & Permana, A. (2019). Faktor penyebab bullying pada anak sekolah dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(1), 77–85.

Rahmatullah. (2025). Wawancara dengan guru kelas VI SDN 2 Kembang Sari. Dokumentasi penelitian.

Risansyah, M., Anisa, S., & Putri, L. (2024). Peran guru dalam implementasi psikoedukasi di sekolah dasar: Analisis hambatan dan strategi. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 15(1), 21–33.

Sejiwa. (2024). Panduan pencegahan bullying di sekolah. Jakarta: Yayasan Sejiwa.

Sekar, R. (2021). Masa perkembangan remaja dan perilaku agresi. Jurnal Psikologi Anak Indonesia, 6(2), 55–63.

Sholihah, A. (2021). Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan merdeka. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 1–10.

Suhandar, D. (2019). Faktor lingkungan sekolah sebagai pemicu bullying. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 66–74.

Suhartini. (2020). Bullying dan ketidakseimbangan kekuasaan dalam relasi siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan Dasar, 12(1), 77–85.

Sutinah. (2020). Psikoedukasi dan perannya dalam terapi holistik. Jurnal Psikologi Kesehatan Mental, 4(2), 88–96.

Syaputri, R., Adawiyah, N., & Putri, S. (2024). Pencegahan bullying melalui metode psikoedukasi di SDN 02 Sukorejo Bangsalsari. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(1), 88–99.

Triastuti, A., Ningsih, D., & Kartika, P. (2023). Jenis-jenis perilaku bullying pada anak sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 11(2), 53–66.

Wahyuningsih, I. (2022). Teknik psikoedukasi untuk pencegahan bullying. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 7(1), 66–74.

Wulan, A., & Nugraha, D. (2024). Psikoedukasi mengenai bullying pada anak dengan pendekatan terapi hortikultura. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(2), 102–115.

Yamin, A., Fadilah, S., & Nurhayati, R. (2018). Faktor-faktor penyebab perilaku bullying pada remaja. Jurnal Psikologi Sosial Indonesia, 9(2), 122–130.

Zakiyah, H., Pratama, D., & Sari, Y. (2017). Karakteristik pelaku dan korban bullying pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter Anak, 5(2), 33–44.

Zahra, H., Salsabila, A., & Hsb, R. (2024). Psikoedukasi bullying pada siswa/i sekolah dasar negeri 3 Dewantara, Aceh Utara. Jurnal Abdimas Pendidikan Indonesia, 6(2), 77–85.

Dzikrulloh, A., Rahman, F., & Maulana, M. (2023). Fenomena bullying di sekolah dasar: Tantangan dan strategi pencegahan. Jurnal Pendidikan Anak Indonesia, 7(2), 112–124.

Hurlock, E. B. (dalam Sekar, R. 2021). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Jafar, M., Yusuf, A., & Rahman, S. (2024). Efektivitas psikoedukasi dalam meningkatkan pemahaman bullying sebagai upaya pencegahan bullying pada siswa SD. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 12(1), 55–65.

Mauliddiyah, F. (2021). Psikoedukasi sebagai strategi pencegahan masalah psikososial pada anak. Jurnal Psikologi Pendidikan, 10(2), 134–142.

Downloads

Published

2025-09-01