PEMANFAATAN MEDIA E-LEARNING BAGI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS PGRI SUMATERA BARAT

Authors

  • Marsyanda Nadilla Universitas PGRI Sumatera Barat Padang
  • Felia Siska Universitas PGRI Sumatera Barat Padang
  • Meri Erawati Universitas PGRI Sumatera Barat Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32558

Keywords:

Media, E-Learning, Students

Abstract

This research is motivated by media because learning is a crucial factor in improving the quality of learning. This is due to technological developments in education, which demand efficiency and effectiveness in learning. To achieve optimal efficiency and effectiveness, one effort that needs to be made is to reduce, or even eliminate, the dominance of verbal-based lesson delivery systems by utilizing learning media. The purpose of this research is to describe the use of e-learning for students in the History Education Study Program at Universitas PGRI Sumatera Barat. This is a descriptive study with a qualitative approach. It aims to reveal the circumstances and facts of events that occurred during the research. The results of this study with several students in the History Education Study Program at Universitas PGRI Sumatera Barat show that most students stated that e-learning was very helpful in accessing materials and submitting assignments. However, some complained about difficulty accessing the system due to technical issues. Some students also felt they did not understand the material optimally because they were not used to studying independently through digital media. This shows that although e-learning offers various conveniences, there are still challenges that must be overcome for its use to be truly effective in supporting the learning process. Keywords: Media, E-Learning, Students

Downloads

Download data is not yet available.

References

mengevaluasi perkembangan

belajarnya.

3. RPS bermanfaat sebagai panduan

pembelajaran, meskipun

berdasarkan hasil wawancara,

hanya mahasiswa yang rajin yang

secara konsisten membuka

dokumen ini.

4. Forum diskusi menjadi ruang

interaksi akademik yang

memungkinkan pertukaran ide baik

secara tanya jawab maupun

pembagian kelompok. Hal ini

mendukung pembelajaran

kolaboratif, meski partisipasi

mahasiswa masih cenderung

bergantung pada instruksi dosen.

5. Fitur akses materi, tugas, dan kuis

adalah yang paling sering

digunakan. Mahasiswa

menganggap fitur ini sangat

membantu karena mereka bisa

mengunduh materi, mengunggah

tugas, serta mengikuti kuis atau

evaluasi dengan lebih praktis.

3. Cara Akses E-Learning

Mayoritas mahasiswa sudah

terbiasa mengakses platform melalui

laman resmi UPGRISBA dengan

akun masing-masing. Proses login

dianggap mudah, namun masih

ditemui kendala teknis seperti error

server atau kesulitan masuk ketika

jumlah pengguna sangat banyak.

Kendala ini memengaruhi kelancaran

pembelajaran daring, terutama saat

pengumpulan tugas dan pelaksanaan

ujian. Namun secara umum,

mahasiswa mampu beradaptasi

dengan alur penggunaan platform,

termasuk dalam mengakses materi,

forum diskusi, dan fitur evaluasi.

4. Bentuk Pemanfaatan E-Learning

Bentuk pemanfaatan e-learning

tidak hanya terbatas pada

administrasi kehadiran atau

pengumpulan tugas, tetapi juga telah

mengubah pola interaksi akademik.

Mahasiswa lebih mandiri dalam

mengatur waktu belajar, meskipun

hal ini menuntut disiplin tinggi.

Penggunaan kuis, nilai, dan forum

diskusi mendorong keterlibatan aktif

mahasiswa, yang sekaligus

meningkatkan pemahaman materi

secara lebih mendalam. Dengan

demikian, e-learning telah menjadi

bagian integral dari kegiatan

akademik, bukan hanya sebagai

pelengkap pembelajaran tatap muka.

5. Kelebihan dan Keterbatasan

1. Kelebihan

e-learning memberikan fleksibilitas

belajar, efisiensi biaya dan waktu,

kemudahan distribusi materi, serta

transparansi dalam sistem

Downloads

Published

2025-09-02