THE EFFECT OF DIFFERENTIATED LEARNING APPROACH TOWARD STUDENTS’ WRITING SKILL OF TENTH GRADE AT SMAN 10 PANDEGLANG IN THE ACADEMIC YEAR 2025/2026
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32559Keywords:
differentiated learning approach, writing skill, descriptive textAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan pendekatan modul pembelajaran berdiferensiasi sebagai variabel independen terhadap keterampilan menulis siswa kelas X SMAN 10 Pandeglang pada tahun ajaran 2025/2026. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas XI, sedangkan sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh 72 siswa yang dibagi secara merata ke dalam kelas eksperimen X-5 dan kelas kontrol X-3. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat kali pertemuan yang meliputi pre-test, perlakuan, dan post-test. Pada kelas eksperimen, skor pre-test minimum adalah 35 dan maksimum 85 dengan rata-rata 56,11 serta standar deviasi 12,768. Setelah perlakuan, skor post-test berkisar antara 65 hingga 100 dengan rata-rata 81,53 dan standar deviasi 9,915. Pada kelas kontrol, skor pre-test berkisar antara 35 hingga 70 dengan rata-rata 52,36 serta standar deviasi 7,791, sedangkan skor post-test berkisar antara 65 hingga 100 dengan rata-rata 79,97 dan standar deviasi 8,027. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan modul pembelajaran berdiferensiasi memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap keterampilan menulis siswa dalam teks deskriptif. Oleh karena itu, alat pembelajaran ini direkomendasikan untuk diterapkan sebagai strategi alternatif dalam pembelajaran menulis, karena dapat meningkatkan aspek isi, organisasi, kosakata, tata bahasa, dan mekanik siswa secara terstruktur.Downloads
References
Abdullah, Karimuddin, Jannah, Misbahul, Aiman, Ummul, Hasda, Suryadin, Fadilla, Zahara, Ardiawan, Ketut Ngurah, & Sari, Meilida Eka. (2023). Metodologi penelitian kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Brown, H. Douglas. (2019). LANGUAGE ASSESSMENT principles and classroom practices. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11). 2004.
Creswell, J. W. (2012). Planning, Conducting, and Evaluating. Quantitative and Qualitative Research, 59–78.
Creswell, John W. (2020). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed.
Duli, Nikolaus. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Gultom, Fransiskus, & NABABAN, ROSMA. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Literasi Nusantara.
Harmer, Jeremy. (2004). Jeremy_Harmer_How_to_Teach_Writing_Longm.pdf (p. 6). p. 6.
Isn, Fair, Equal, Always, & Classroom, Differentiated. (2006). Isn ’ t Always Equal.
LAILATULHASANAH, UMMI. (2024). THE EFFECT OF DIFFERENTIATED LEARNING APPROACH ON STUDENTS’READING COMPREHENSION AT MAN 1 INDRAGIRI HULU. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Maryanti, Nanik, & Sartono, E. Kus Eddy. (2024). The Influence of Differentiated Learning Strategies by Paying Attention to Different Learning Styles of Students to Improve Science Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(12), 9991–10000.
Nurhayati, Dina Liana, Mukhammad. (2025). The Relationship between Communication System , Work Motivation , and Reward Management with Human Resource Development in Madrasah. 09(02), 591–605.
Nurhayati, N., Latif, M., & Anwar, K. (2024). The Influence of Organizational Culture, Career Expectations, and Leadership Beliefs On Achievement Motivation In Integrated Islamic Primary Schools Riau Islands …. Dinasti International Journal of …, 5(5), 1150–1168. Retrieved from https://dinastipub.org/DIJEMSS/article/view/2700%0Ahttps://dinastipub.org/DIJEMSS/article/download/2700/1803
Ph.D. Ummul Aiman, S. Pd. Dr. Karimuddin Abdullah S. HI. M. A. CIQnR Misbahul Jannah M. Pd., Suryadin Hasda, M. Pd. Zahara Fadilla, M.Kes. Masita, M. Pd. I. Ns. Taqwin S. Kep., & M.Pd. Meilida Eka Sari, M. Pd. Ma. Ketut Ngurah Ardiawan. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Prihatin, Yulianah. (2021). Problematika Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring. Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan, 6(2), 136–145. https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v6i2.790
Raputri, Egi, & Widi, Rahma. (2023). Teacher’s Problems and Strategies in Teaching Writing for the Seventh Grade Students at MTs Al-Hidayah. English Education Journal (EEJ), 13(4), 524–532.
Rasinger, Sebastian M. (2008). Quantitative Research in Linguistics : An Introduction. Teaching English as a Second or Foreign Language, 13(4), 1–12.
Rohimajaya, Nur Azmi, Hartono, Rudi, Yuliasri, Issy, & Fitriati, Sri Wuli. (2022). Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMA di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 825–829.
Santangelo, Tanya, & Olinghouse, Natalie G. (2009). Effective Writing Instuction for Students Who Have Writing Difficulties. Writing, 42(4).
Soesana, Abigail, Subakti, Hani, Karwanto, Karwanto, Fitri, Anisa, Kuswandi, Sony, Sastri, Lena, Falani, Ilham, Aswan, Novita, Hasibuan, Ferawati Artauli, & Lestari, Hana. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif.
Sugebo, Belayneh, Mulatu, Mebratu, & Alemu, Tesfaye. (2025). The effects of gender-based differentiated writing instruction on students’ writing skills performance and attitude towards an approach. Social Sciences & Humanities Open, 11, 101494.
Sugiyono. (2022). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.
Sukmayani, Firda Annisa, Susanti, Yunik, & Nurhajati, Diani. (2023). Differentiated Teaching Methods in Teaching Writing Viewed From The Students’ Learning Style at SMKN 2 Kediri. ELTT, 9(1), 131–135.
Tarigan, Henry Guntur. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. 1(1), 1–9.
Tomlinson, Carol Ann. (2014). Classroom Responding to the Needs of All Learners 2nd Edition. Artículo Científico, 1–25.
Tundreng, Syarifuddin. (2025). IMPLEMENTING DIFFERENTIATED INSTRUCTION IN INDONESIAN SECONDARY SCHOOLS : OPPORTUNITIES AND. 13(1), 93–106.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.