PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI TUMBUHAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI KELAS IV SDN 02 NGADIWARNO

Authors

  • Khusnul Khotimah Wulandari Universitas PGRI Semarang
  • Ferina Agustini Universitas PGRI Semarang
  • Choirul Huda Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32565

Keywords:

Pop Up Book, Learning Media, IPAS, ADDIE

Abstract

This research is motivated by the limitations of media and monotonous learning methods in the applied learning process, especially in science learning. The purpose of this research is to develop pop up book learning media in science learning on the topic "Plants as Sources of Life on Earth" for grade IV of SDN 02 Ngadiwarno. The development of this pop up media uses the ADDIE development model which consists of five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. This media is designed to improve understanding through a visual- kinesthetic approach, strengthen memory with dual coding techniques, and foster student motivation and learning independence. The validity of the media was tested by media experts and material experts, with the results of media expert I obtaining a percentage of 100% with the category "Very Valid", media expert II obtaining a percentage of 95.5% with the category "Very Valid", material expert I obtaining a percentage of 100% with the category "Very Valid", and material expert II obtaining a percentage of 94.2% with the category "Very Valid". Then, the teacher response assessment obtained a percentage of 95.5% with the category "Appropriate" and the student response assessment obtained a percentage of 94.5% with the category "Appropriate". So the development of pop-up book learning media in the science learning material "Plants as Sources of Life on Earth" meets the criteria and is suitable for use in the learning process in class IV SDN 02 Ngadiwarno.

Downloads

Download data is not yet available.

References

diterapkan yaitu menggunakan

prosedur ADDIE. Penelitian terdiri dari

lima tahapan pengembangan yaitu, 1)

Tahap Analysis (Analisis) pada tahap

ini diperoleh data berdasarkan hasil

wawancara, diperoleh temuan bahwa

minat siswa dalam kegiatan

pembelajaran bervariasi tergantung

daya tarik materi yang disampaikan.

Mata pelajaran yang bersifat aktif

seperti olahraga dan IPA lebih disukai

karena melibatkan aktivitas luar

ruangan. Guru umumnya

mengembangkan bahan ajar dari

berbagai sumber, dan menggunakan

media yang fleksibel seperti PPT atau

observasi lapangan. Untuk menjaga

antusiasme siswa, guru menyisipkan

ice-breaking dan menggunakan LKPD

sebagai alat evaluasi informal.

Meskipun siswa menunjukkan respon

positif terhadap pelajaran IPA,

keterbatasan media pembelajaran

dan metode penyampaian yang

monoton membuat proses belajar

kurang menarik. 2) Design (Desain)

produk yang dikembangkan berupa

media pembelajaran Pop Up Book

untuk siswa kelas IV SDN 02

Ngadiwarno pada mata pelajaran

IPAS. Media ini menampilkan ilustrasi

tiga dimensi yang menarik mengenai

materi "Tumbuhan sebagai Sumber

Kehidupan di Bumi". Keunikan dari

Pop Up Book ini terletak pada

penyajian penjelasan tertulis yang

menyertai setiap gambar, berbeda

dengan pop up book konvensional

yang biasanya hanya menampilkan

gambar dan dijelaskan secara lisan.

Selain itu, media ini memiliki ukuran

lebih besar, yaitu 30x30 cm,

dibandingkan ukuran standar 21x21

cm, sehingga memberikan ruang

visual yang lebih luas dan mendukung

efektivitas pembelajaran di kelas. 3)

Development (Pengembangan) media

pembelajaran Media pembelajaran

Pop Up Book 3D berukuran 30x30 cm

ini dikembangkan untuk mendukung

pembelajaran IPAS kelas IV SD

dengan menyajikan materi

“Tumbuhan Sumber Kehidupan di

Bumi” secara visual, interaktif, dan

dilengkapi penjelasan tertulis. Dibuat

dari bahan karton duplex berlaminasi

doff, media ini menampilkan gambar

pop-up tiga dimensi yang menarik dan

proporsional, disertai elemen interaktif

seperti gambar tumbuhan yang bisa

dibuka-tutup. Mengacu pada

kurikulum IPAS, materi mencakup

bagian dan fungsi tumbuhan,

fotosintesis, manfaat, hingga

pelestarian. Pop Up Book ini bertujuan

untuk memudahkan pemahaman

Downloads

Published

2025-08-20