EFEKTIVITAS KEGIATAN MUROJAAH BERBANTU AUDIO DALAM MENINGKATKAN DAYA HAFAL SANTRI

Authors

  • Syahilanazuaritonga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zaini Dahlan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32635

Keywords:

Audiovisual, Murojaah Dan Daya Hafal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas kegiatan murojaah berbantuan audio dalam meningkatkan daya hafal santri di Pondok Pesantren Tahfidz Baitul Qur'an Binjai dan apa saja hambatannya. Metode peneltian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan responden dalam penelitian ini adalah seluruh santri putra Pondok Pesantren Tahfidz Baitul Qur'an Binjai yang berjumlah 16 santri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bantuan audio efektif dalam meningkatkan daya hafal santri. Bantuan audio dengan radio sangat membantu santri cepat mengingat, karena stimulus dengan mendengarkan membantu anak dalam meningkatkan daya ingat para santri. Untuk itu penulis memberikan saran membangun kepada penelitian yang akan datang untuk melakukan penelitian di pesantren yang sudah berdiri eksis selama 20 tahun dan juga Yayasan Pondok Pesantren Tahfidz Baitul Qur'an Binjai bisa memberlakukan jasus (mata-mata) di yang berasal dari santri pilihannya untuk memantau dan melaporkan santri-santri yang melakukan larangan dan kesalahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afidah, S. I., & Anggraini, F. S. (2022). Implementasi Metode Muraja’Ah Dalam Peningkatan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Amanatul Qur’an Pacet Mojokerto. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 7(1), 114–132. https:// doi.org/ 10.61815/ alibrah.v7i1.192

Aini, A. N. (2021). Daya Guna Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al- Qur ’ an Pada Anak Kelompok B Di Tk Islam Pondok Sakinah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI], 1, 1–15.

Al Qur’an Al Karim. (2024). Qur’an Kemenag. In Lajnah Pentashihan mushaf Al-Qur’an Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal Jalan Raya Taman Mini Indonesia Indah Pintu I Jakarta Timur 13560 (p. Ali Imran:104). https://quran.kemenag.go.id/

Alif Achadah, Hasan Bisri, M. I. (2024). Penerapan Metode Muraja’ah Dalam Meningkatkan Kwalitas Hafalan Al-Qur’an Di Pondok Pesantren An-Nur 3 Murah Banyu Tahfidzul Qur’an Bululawang. JIPI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(1), 1–15.

Ansari, I., Nst, R. H., Novianti, W., Tinggi, S., Islam, A., & Deli, T. (2024). Pelaksanaan Media Pembelajaran Audio Visual Barbasis Mp4 Dalam Meningkatkan Semangatmenghafal Al Quransantri Madrasah Aliyah Di Pesantren Imam Muslim Kabupatenserdang Bedagai. 2, 110–116.

Budiya, B., Muzakki, N., & Naafilah, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Drill dalam Pembelajaran Al Qur’an di TPQ Darul Ihsaan pada Era Pandemi. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(2), 120–128. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i2.152

Devana, G., Pradiani, T., Info, A., & History, A. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual , Motivasi Belajar , dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas di Sekolah SPK. 8, 1875–1881.

Durrotul Iqomatin Ni’mah, L. (2024). The Influence Of Emotional Intelligence And Time Management On The Success Of Memorizing The Qur’an. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5.

Kobayashi, K., Shiba, Y., Honda, S., Nakajima, S., Fujii, S., & Mimura, M. (2024). Short-Term Effect of Auditory Stimulation on Neural Activities: A Scoping Review of Longitudinal Electroencephalography and Magnetoencephalography Studies.

Majah, I. (2024). Sunan Ibnu Majah Hadis No. 2434 - Upah Pekerja.

Masruri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas Viii Pada Smpit an-Nawawi Al-Bantani Gunung Sindur Bogor. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 441–465. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i3.67

Matthews, B. and Ross, L. (2014). Research Methods. Pearson Higher Ed.

Muhammad Ulin Nuha. (2023). Motivation of Santri in Memorizing the Holy Qur ’ an through Murojaah Activities : Study in Roudlothul Qur ’ an PPAI Complex [ Motivasi Santri Menghafal Al-Qur ’ an melalui Kegiatan Murojaah : Studi di Komplek Roudlothul Qur ’ an PPAI ]. Interdisciplinary Journal Of Social Science And Education, 1(1), 39–60.

Mustaufir, Fitria Alfa Rokhmah, N. A. (2023). Penerapan Metode Muroja’Ah Bersama Dalam Peningkatan Kualitas Hafalan Alquran Pada Santriwati Pptq Darul Furqon Malang. FASHOHAH : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 104–110. https:// doi.org/10. 33474fsh. v3i2.20357

Nanda, N. O., Rina Devianty, & Arlina. (2024). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hafalan Surah Pendek Anak Usia 5-6 Tahun. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 31–40. https://doi.org/10.32665/abata.v4i1.2735

Qatanany, A. A. H., Abdullah Samarh, S. N., Saleh, M. H., & Toure, A. K. (2023). The Reasons of Errors That Change The Meaning in The Subject of Holy Quran Memorization from The University Science Islam Malaysia Students’ Perception. Journal of Quran Sunnah Education & Special Needs, 7(2), 163–174. https://doi.org/10.33102/jqss.vol7no2.200

Rifka Anggun, H. R. S. (2024). Pemanfaatan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Surah Pendek. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(4), 2045–2057.

Robbins, S. P. T. A. J. (2022). Organizational Behavior. Prentice Hall.

Sridharan,V. G. (2021). Methodological Insights Theory development in qualitative management control : revisiting the roles of triangulation and generalization. 34(2), 451–479. https: // doi. org/10.1108/AAAJ-09-2019-4177

Tsani, L. B. (2022). Efesiensi Metode Muroja’Ah Dalam Memperkuat Hafalan Al-Qur’an Santri Pptq Masjid Agung Surakarta. Mamba’ul ’Ulum, 18(2), 168–180. https :// doi. org/ 10. 54090/ mu.67

Downloads

Published

2025-08-24