PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK KELOMPOK B DI TK JANNATUL HAZNI TURIDA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32645Keywords:
film animasi, perkembangan moral, anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: pengaruh media film animasi terhadap perkembangan moral anak kelompok B di TK Jannatul Hazni. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan design penelitian one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 27. Populasi dalam penelitian adalah anak kelompok B sebanyak 40 orang di TK Jannatul Hazni Turida. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok B2 dengan jumlah 21 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum treatment diperoleh nilai rata-rata presentase pretest 34,70%. Setelah dilakukannya treatment memperoleh peningkatan nilai rata-rata presentase posttest menjadi 46,99%. Hasil dari perhitungan penelitian ini ialah nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,086. Diketahui bahwa t hitung > t tabel yaitu 50,900 > 2,086. Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media film animasi terhadap perkembangan moral anak kelompok B di TK Jannatul Hazni.Downloads
References
Annisa, Wulandari. (2016). Pengaruh Media Film Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Auitis Kelas III SD di SLB Rela Bhakti Gamping.
Anwar, R. (2016). Pengaruh Film Animasi Upin Dan Ipin Terhadap Penerapan Nilai Sosial Siswa Di SDN 006 SekoLubuk Tigo Lirik. Jom FISIP, 3(2), 1–15.
Aulia, S. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Interaktif Untuk Mengajarkan Perilaku Empati Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(4), 802-818.
Basid, A. (2016). Pesan Multikultural dalam Serial Film Animasi Anak Adit, Sopo, dan Jarwo. Jurnal Penelitian Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 29(3), 349–512
Candiasa. (2010). Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Diskaranti, W., Rachmayani, I., & Astini, B. N. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SULLAMUL MUBTADI DESA ANJANI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal Mutiara Pendidikan, 2(2), 68-73.
Ermawati, N., & Mahmudah, S. (2015). Pengaruh Film Animasi Terhadap Perkembangan Berbicara Anak. PAUD Teratai: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1-6.
Fahruddin & Zulfakar. (2018). Culturally Responsive Teaching Practice In Early Childhood, International Journal of Recent Scientific Research Research. Vol. 9, Issue, 9(E), pp. 28941-28951
Fahruddin, F., Astini, B. N., Suarta, I. N., & Shavina, H. R. (2022). Dampak Tayangan FilmKartun Terhadap Perilaku Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 3(1), 373-379.
Fatimah, E. L., & Yulianingsih, Y. (2020). Kemandirian Anak Usia Dini dengan Penggunaan Media Film Animasi “Nussa dan Rara”. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 74-83.
Firdaus, GR, Gunawan, G., Astini, BN, & Nurhasanah, N. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Film Animasi untuk Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK YPRU Mataram. Jurnal Pendidikan Dasar dan Anak Indonesia , 3 (4), 519-528.
H.K, S. (2021). Skripsi Pengaruh Menonton Film Kartun Action Terhadap Perilaku Agresif Anak Usia 5-6 Tahun. Universitas Negeri Makassar. Hikmawati, L., Arbarini, M., & Suminar, T. (2022). Pengaruh Animasi Kartun Nussa dan Rara Terhadap Penanaman Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 5, No. 1, pp. 615-618).
Indayana, NF. (2022). Pengaruh Film Animasi Terhadap Perilaku Moral Anak Usia 5-6 Tahun di TK As-Safar. Irawan, D. C., Rafiq, A., & Utami, F. B. (2021). Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 294-301.
Jamiatul, J., Maghfiroh, M., & Astuti, R. (2020). Pola Asuh Orang Tua dan Perkembangan Moral Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Al-Ghazali Jl. Raya Nyalaran Kelurahan Kolpajung Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan). Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.2973
Karta, IW, Rachmayani, I., & Rasmini, NW (2021). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Melalui PenilaianAutentik Berbasis Jigsaw terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) , 10 (4), 633-642.
Karta, IW, Suarta, N., Rasmini, NW, Widiana, IW, Putri, NNCA, & Antara, IGWS (2022). Dampak Model Siklus Belajar Deduktif Hipotetis Berbasis Tri Pramana terhadap Pembentukan Karakter dan Kreativitas Anak Usia Dini. Ilmu Pendidikan: Teori & Praktik , 22 (2), 239-249.
Lila, H., Mintarsih., & Tri S. (2022). Pengaruh Animasi Kartun Nussa dan Rara Terhadap Penanaman Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini.
Maranatha, J. R., & Putri, D. I. H. (2021). Empati Anak Usia Dini: Pengaruh Penggunaan Video Animasi dan Big Book di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1991-1999.
Monica, S., & Sipayung, SAB. (2024). Aspek-Aspek Yang Mempengaruhi Penerimaan Nilai-Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. Kemampuan: Jurnal Pendidikan dan Analisis Sosial , 13-25.
Mukarromah, A. (2022). Pendidikan dan Moral pada Anak Usia Dini. Journal of Science and Education Research, 1(1), 15-21. Mulyandika, G. A. (2023, February). Pengaruh Film Animasi Nusa dan Rara Terhadap Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini Dalam Mendeskripsikan. In Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta (Vol. 2, No. 1, pp. 78-87).
Nurfadilah. (2021). Pemanfaatan Film Animasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Universitas Mataram.
Nurzakiah. (2022). Pemanfaatan Media Animasi dalam Meningkatkan Bahasa Anak Kelompok B di TK Mutiara Hati Kota Mataram. Universitas Mataram. Rahmanisa, I., Elan, E., & Mulyana, E. H. (2021). Kontruksi PendidikanKarakter Bagi Anak Usia Dini dalam Film Animasi Nussa dan Rara. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 5(1), 43-49. Ramadanti, A. W. (2022). Pengaruh Film Animasi Nussa dan Rara dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(01), 95-102.
Rasmini, NW, & Karta, IW. (2021). Analisis Dampak Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 6 (3), 1147-1157.
Risdiany, H., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Film Kartun Upin dan Ipin Terhadap Perkembangan Moral Anak. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1366-1372. Rosania, T., Zulkifli, N., & Kurnia, R. (2021). Analisis Nilai-Nilai Moral dan Agama pada Serial Kartun Nussa Untuk Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6531-6543. Sari, F., & Hartati, S. (2023). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Karakter Peduli Lingkungan Di Taman Kanak-Kanak Kartika 1-63 Kota Padang. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 201-210. Sayekti, A. N., Fajrie, N., & Fardani, M. A. (2022). Nilai Religius dan Toleransi dalam Film Animasi “Nusa dan Rara”. Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 10-19.
Setiawati, D., Rachmayani, I., & Jaelani, A. K. (2022). Pemetaan Metode Pembelajaran yang diterapkan Guru dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Classroom Action Research, 4(4).
Soaputty, L., Mahakena, A., Belyanan, M. G., & Akollo, G. (2022). Peran pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral anak usia dini di era digital. Jurnal Pendidikan, 3, 419-432.
Sugiyono. (2013). MetodelogiPenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susetya, P. D., & Zulkarnaen, Z. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Nilai Agama Moral pada Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 98-108.
Tanto, OD, Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah.
Utami, F., & Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985
Yesi, M. (2022). Pengaruh Film Animasi Nussa Terhadap Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Harapan Bangsa Lampung Barat (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.