PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB 3D BIODIGITAL HUMAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA SD

Authors

  • Nazwa Rahma Kartini Universitas Majalengka
  • Yuyu Yuliat Univeritas Majalengka
  • Wina Dwi Puspitasari Univeritas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32718

Keywords:

Learning media, Biodigital Human, 3D educational video, digestive system, conceptual understanding

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah dasar masih menghadapi kendala dalam menyampaikan konsep abstrak, khususnya materi sistem pencernaan manusia. Siswa kesulitan memahami organ, fungsi, dan proses pencernaan karena pembelajaran masih dominan menggunakan buku teks dan penjelasan verbal. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media video edukasi tiga dimensi berbasis Biodigital Human pada materi sistem pencernaan manusia kelas V serta menguji kelayakan, kepraktisan, dan efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model 4D. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Maja Selatan 1. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, angket respons siswa, angket respon guru, dan tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan media memperoleh skor kelayakan 100% dari ahli materi, 93% dari ahli media, dan 88% dari ahli bahasa. Respon siswa sangat positif, menilai tampilan media menarik, jelas, dan tidak membosankan. Respon guru juga tinggi dengan skor 92%. Tes pemahaman konsep menunjukkan peningkatan signifikan, dengan rata-rata nilai posttest 87,98 lebih tinggi dari pretest 78,90. Penelitian ini menegaskan bahwa media video edukasi tiga dimensi layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPAS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Dharma, I. W. S., & Triowali

Rosandy. (2023). Aplikasi Media

Pembelajaran 3D Modelling &

Animation Pada Smk Yadika

Bandar Lampung Berbasis Android.

Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik

Informatika Dan Komputer, 5(2),

197–208.

https://doi.org/10.52005/restikom.v5

i2.156

Aini, Z. N., Kusdinar, A. B., &

Apriandari, W. (2021). Model

Media Animasi Berbasis Multimedia

Interaktif Untuk Pembelajaran

Sistem Pencernaan pada Manusia

Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jutisi :

Jurnal Ilmiah Teknik Informatika

Dan Sistem Informasi, 10(3), 515.

https://doi.org/10.35889/jutisi.v10i3.

718

Barokah, A. (2024). Pengembangan

Media Visual 3 Dimensi Materi

Peredaran Darah Manusia Untuk

Meningkatkan Pemahaman Konsep

Pembelajaran Ipa Kelas V Sd. 06(4),

30–41.

Dewi, T. R., Septikasari, R., Enggar, S.,

Dewi, K., & Rodin, H. I. (2022).

PEMANFAATAN MEDIA 3

DIMENSI UNTUK

MENINGKATKAN PEMAHAMAN

KONSEP MATEMATIS PESERTA

DIDIK KELAS VI PENDAHULUAN

Mata pelajaran matematika

merupakan salah satu mata

pelajaran yang dianggap sulit oleh

kebanyakan peseta didik .

Pemahaman suatu konsep

matematika. 5(2), 138–148.

Faizah, Z. N., Widarti, H. R.,

Rahayuningsih, S., Kusumaningrum,

S. R., Sukma, R., & Dewi, I. (2024).

Teacher’s Journey in

Understanding, Interpreting, and

Applying the Concept of Merdeka

Belajar in IPAS Learning. 2(1),

115–124.

Hasibuan, A. I. A., Khairuddin, K., &

Khairuna, K. (2023). Pengembangan

Media Pembelajaran Interaktif

Materi Sistem Pencernaan Manusia

Berbasis Macromedia Flash. Jurnal

Simki Pedagogia, 6(1), 257–268.

https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.22

8

Rahayu, R. E. G., Fitriani, L., &

Hambali, C. I. (2022). Rancang

Bangun Teknologi Augmented

Reality pada Pengenalan Sistem

Pencernaan Manusia. Jurnal

Algoritma, 18(2), 473–481.

https://doi.org/10.33364/algoritma/v.

18-2.963

Ramadhanty, N. S., Rini, C. P., &

Amaliyah, A. (2023). Pengaruh

Media Video Scribe Terhadap

Pemahaman Konsep IPA Siswa

Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal

Teknologi Pendidikan : Jurnal

Penelitian Dan Pengembangan

Pembelajaran, 8(1), 184.

https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.597

Sjaifuddin, S., & Vitasari, M. (2024).

Pengembangan Alat Peraga 3D IPA

Untuk Melatih Pemahaman Konsep

Kelas VII Pada Materi Tata Surya.

8(3).

State, T. (2023). The state of learning

and equity in education in 2022.

I(Volume I).

https://doi.org/10.1787/799d7d80-en

Downloads

Published

2025-08-30