PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB 3D BIODIGITAL HUMAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32718Keywords:
Learning media, Biodigital Human, 3D educational video, digestive system, conceptual understandingAbstract
Pembelajaran IPA di sekolah dasar masih menghadapi kendala dalam menyampaikan konsep abstrak, khususnya materi sistem pencernaan manusia. Siswa kesulitan memahami organ, fungsi, dan proses pencernaan karena pembelajaran masih dominan menggunakan buku teks dan penjelasan verbal. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media video edukasi tiga dimensi berbasis Biodigital Human pada materi sistem pencernaan manusia kelas V serta menguji kelayakan, kepraktisan, dan efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model 4D. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Maja Selatan 1. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, angket respons siswa, angket respon guru, dan tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan media memperoleh skor kelayakan 100% dari ahli materi, 93% dari ahli media, dan 88% dari ahli bahasa. Respon siswa sangat positif, menilai tampilan media menarik, jelas, dan tidak membosankan. Respon guru juga tinggi dengan skor 92%. Tes pemahaman konsep menunjukkan peningkatan signifikan, dengan rata-rata nilai posttest 87,98 lebih tinggi dari pretest 78,90. Penelitian ini menegaskan bahwa media video edukasi tiga dimensi layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPAS.Downloads
References
Agus Dharma, I. W. S., & Triowali
Rosandy. (2023). Aplikasi Media
Pembelajaran 3D Modelling &
Animation Pada Smk Yadika
Bandar Lampung Berbasis Android.
Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik
Informatika Dan Komputer, 5(2),
197–208.
https://doi.org/10.52005/restikom.v5
i2.156
Aini, Z. N., Kusdinar, A. B., &
Apriandari, W. (2021). Model
Media Animasi Berbasis Multimedia
Interaktif Untuk Pembelajaran
Sistem Pencernaan pada Manusia
Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jutisi :
Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Dan Sistem Informasi, 10(3), 515.
https://doi.org/10.35889/jutisi.v10i3.
718
Barokah, A. (2024). Pengembangan
Media Visual 3 Dimensi Materi
Peredaran Darah Manusia Untuk
Meningkatkan Pemahaman Konsep
Pembelajaran Ipa Kelas V Sd. 06(4),
30–41.
Dewi, T. R., Septikasari, R., Enggar, S.,
Dewi, K., & Rodin, H. I. (2022).
PEMANFAATAN MEDIA 3
DIMENSI UNTUK
MENINGKATKAN PEMAHAMAN
KONSEP MATEMATIS PESERTA
DIDIK KELAS VI PENDAHULUAN
Mata pelajaran matematika
merupakan salah satu mata
pelajaran yang dianggap sulit oleh
kebanyakan peseta didik .
Pemahaman suatu konsep
matematika. 5(2), 138–148.
Faizah, Z. N., Widarti, H. R.,
Rahayuningsih, S., Kusumaningrum,
S. R., Sukma, R., & Dewi, I. (2024).
Teacher’s Journey in
Understanding, Interpreting, and
Applying the Concept of Merdeka
Belajar in IPAS Learning. 2(1),
115–124.
Hasibuan, A. I. A., Khairuddin, K., &
Khairuna, K. (2023). Pengembangan
Media Pembelajaran Interaktif
Materi Sistem Pencernaan Manusia
Berbasis Macromedia Flash. Jurnal
Simki Pedagogia, 6(1), 257–268.
https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.22
8
Rahayu, R. E. G., Fitriani, L., &
Hambali, C. I. (2022). Rancang
Bangun Teknologi Augmented
Reality pada Pengenalan Sistem
Pencernaan Manusia. Jurnal
Algoritma, 18(2), 473–481.
https://doi.org/10.33364/algoritma/v.
18-2.963
Ramadhanty, N. S., Rini, C. P., &
Amaliyah, A. (2023). Pengaruh
Media Video Scribe Terhadap
Pemahaman Konsep IPA Siswa
Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal
Teknologi Pendidikan : Jurnal
Penelitian Dan Pengembangan
Pembelajaran, 8(1), 184.
https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.597
Sjaifuddin, S., & Vitasari, M. (2024).
Pengembangan Alat Peraga 3D IPA
Untuk Melatih Pemahaman Konsep
Kelas VII Pada Materi Tata Surya.
8(3).
State, T. (2023). The state of learning
and equity in education in 2022.
I(Volume I).
https://doi.org/10.1787/799d7d80-en
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.