PENDIDIKAN LITERASI KEWARGANEGARAAN GEN Z MELALUI IMPLEMENTASI KOMUNITAS CIVIC KOLABORASIK DI KOTA TEGAL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32719Keywords:
Civic Kolaborasik, Literasi, KewarganegaraanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui definisi dan prinsip komunitas literasi kewarganegaraan serta strategi Civic Kolaborasik dalam membumikan literasi pendidikan kewarganegaraan di Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, hal ini memungkinkan peneliti untuk masuk dan interaksi secara intens dengan narasumber di lapangan. Sumber data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi data yaitu menggabungkan antara tiga teknik sumber data tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunitas literasi kewarganegaraan merupakan hasil konstruksi sosial, sehingga menciptakan komunitas yang berasaskan keminatan, kesesuaian maupun geografis. Civic Kolaborasik merupakan manifesto komunitas masyarakat yang berfokus pada nilai-nilai literasi kewarganegaraan. Fungsi Civic Kolaborasik ialah mengedukasikan Gen Z terkait pentingnya literasi agar terhindar dari perilaku negatif akibat distrupsi teknologi. Strategi Civic Kolaborasik dalam membumikan literasi kewarganegaraan ialah pendekatan emosional dengan masyarakat, kolaborasi dengan stakeholder, kajian mingguan berupa diskusi ilmiah dan ngaji kitab kuning, serta kolaborasi dengan berbagai organisasi pelajar dan mahasiswa terkait literasi dan kepekaan sosial.Downloads
References
Afrita, F., & Yusri, F. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kenakalan Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 14–26. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.101
Amir Reza Kusuma, & Didin Ahmad Manca. (2022). Pendekatan Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Arab. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(3), 115–122. https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i3.653
Arif, A. M. (2020). Perspektif Teori Sosial Emile Durkheim Dalam Sosiologi Pendidikan. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.24239/moderasi.vol1.iss2.28
Armananti, S. H., & Asteria, D. (2019). Partisipasi Anggota dan Pemanfaatan Instagram dalam Interaksi Komunitas Brand Ria Miranda. Jurnal Komunikasi, 11(2), 155. https://doi.org/10.24912/jk.v11i2.5266
Cowen, N., Schliesser, E., & Trantidis, A. (2025). Democracy as a competitive discovery process. European Journal of Political Economy, xxxx, 102695. https://doi.org/10.1016/j.ejpoleco.2025.102695
Da Fonte, M. A., & Barton-Arwood, S. M. (2017). Collaboration of General and Special Education Teachers: Perspectives and Strategies. Intervention in School and Clinic, 53(2), 99–106. https://doi.org/10.1177/1053451217693370
Dini, R., & Aminuddin, A. (2022). Peran dan Motivasi Pendidikan dalam Pendidikan Islam melalui Pendekatan Pengalaman, Pendekatan Pembiasaan, Pendekatan Emosional. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(1), 42–55. https://doi.org/10.46963/aulia.v8i1.539
Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 102–113.
Fajar Alfinur, M. (2024). Kitab Kuning Dan Tradisinya Di Indonesia. SIWAYANG Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Pariwisata, Kebudayaan, Dan Antropologi, 3(1), 13–20. https://doi.org/10.54443/siwayang.v3i1.2277
Ferry Adhi Dharma. (2018). The Social Construction of Reality: Peter L. Berger’s Thoughts About Social Reality. Kanal : Jurnal Ilmu Komunikasi.
Fitriyanto, & Sulaiman, I. (2024). Relevansi Rohis Kota TegalDalam Meningkatkan Moderasi Beragama. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 527–538.
Hardian, V., & Eric Hermawan. (2022). GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF UNTUK GEN Z. KENDALI: Economics and Social Humanities, 1(1), 32–38. https://doi.org/10.58738/kendali.v1i1.15
Inez Koerniawati, P. S. N. A. (2023). RELEVANSI PEMIKIRAN TAN MALAKA DALAM KONDISI POLITIK INDONESIA SAAT INI. Wwwww4392e-ISSN:2550-0813|p-ISSN:2541-657X|Vol10No9Tahun2023 Hal. : 4392-4401-NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosiala, 10.
Jahel, C., Bourgeois, R., Bourgoin, J., Daré, W., De Lattre-Gasquet, M., Delay, E., Dumas, P., Le Page, C., Piraux, M., & Prudhomme, R. (2023). The future of social-ecological systems at the crossroads of quantitative and qualitative methods. Technological Forecasting and Social Change, 193, 122624. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2023.122624
Lee, D. W., & Lee, D. S. (2024). Government disaster relief services and disaster conflict. International Journal of Disaster Risk Reduction, 106, 104461. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2024.104461
Liu, Y. H., Kwon, K., & Johnson, L. S. P. (2018). Exploration of Factors in the Early Collaboration Phase Affecting Virtual Groups’ Overall Collaborative Learning Experiences. Journal of Educational Computing Research, 56(4), 485–512. https://doi.org/10.1177/0735633117715034
Mavlonbek Arabovich Doniyarov. (2023). Pengembangan Literasi Membaca pada Siswa Sekolah Dasar sebagai Tujuan Prioritas Pengembangan Literasi Membaca pada Siswa Sekolah Dasar sebagai Tujuan Prioritas.
McKinley, E., & Fradera, K. (2025). Shouting into the void: Democratising ocean literacy through integrating process literacy. Marine Policy, 178(February), 106731. https://doi.org/10.1016/j.marpol.2025.106731
Mesra, R. (2023). Pengantar Sosiologi Umum (Menelusuri Kajian-Kajian Sosiologi). https://doi.org/10.31219/osf.io/53guf
Nabila, L. N., Utama, F. P., Habibi, A. A., & Hidayah, I. (2023). Aksentuasi Literasi pada Gen-Z untuk Menyiapkan Generasi Progresif Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Education Research, 4(1), 28–36. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.113
Nurcahya, D. K. (2019). Analisis Dekadensi Moral Dalam Proses Pembelajaran PPKn di SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Kota Malang. Jurnal Civic Hukum, 4(2), 114. https://doi.org/10.22219/jch.v4i2.9182
Paramansyah, A., Siradj, S., Irvi Nurul Husna, A., Laa RoibaBogor, I., Pondok Pesantren Sirojul Munir-Bekasi, P., & Ekonomi Syariah STIA DrKHEZ Muttaqien -Purwakarta, P. (2022). Karakteristik Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren: Studi Kasus Pondok Pesantren Sirojul Munir Jatisari-Jatiasih Kota Bekasi. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 4, 221–247. https://doi.org/10.47476/assyari.v4i2.1101
Pratama, I. N., Hadi, A., & Umami, R. (2024). Penguatan Partisipasi Politik Inklusif Dalam Meningkatkan Pemahaman Dan Keterlibatan Generasi Z Pada Pemilu 2024 Di Desa Bagik Polak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 2986–2993. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i11.627
Purnomo, A., & Yono, R. R. (2020). PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME DAN PATRIOTISME MELALUI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 1. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9598
Sentoso, A., Wulandari, A., Jacky, Octavia, Kurniawan, S., & Thieng, S. (2021). Pentingnya Literasi Dalam Era Digital Bagi Masa. Pentingnya Literasi Dalam Era Digital Bagi Masa Depan Bangsa, 3(1), 767–776. https://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro/article/view/6017/1945
Setiadi, L. B., & Kuswono, K. (2022). PERAN SOE HOK GIE DIDALAM PERJUANGAN MAHASISWA ANGKATAN 66 MELAWAN KEKUASAAN PEMERINTAHAN ORDE BARU. SWARNADWIPA, 3(2), 100. https://doi.org/10.24127/sd.v3i2.2008
Siti Kholifah. (2021). Pengantar Sosiologi. Universitas Brawijaya Press.
Sumitro, S., & Kurniawansyah, E. (2020). Penguatan Solidaritas Sosial Komunitas Petani Bawang Merah Di Desa Serading Kecamatan Moyo Hilir. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1203
Ulfiyyati Alifa, Muhamad Ridho, Barri Mulki fathur, & Akbari Ilham Sultan. (2023). Demokrasi: Tinjauan Terhadap Konsep, Tantangan, DanProspek Masa Depan. ADVANCES in Social Humanities Research, 1(4), 435–444. https://www.adshr.org/index.php/vo/article/view/48
Wiratomo. (2022). MENGGALI NILAI-NILAI PANCASILA MASYARAKAT GENTING KABUPATEN SEMARANG SEBAGAI UPAYA KONSERVASI PANCASILA. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 9.
Xu, X., Yang, X., & Lian, H. (2024). How does tax revenue sharing affect local government governance? Empirical evidence from Chinese cities. Finance Research Letters, 64, 105473. https://doi.org/10.1016/j.frl.2024.105473
Yasyakur, M., Sirojuddin, K., Wartono, W., & Arijulmanan, A. (2021). PERENIALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 321. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1221
Yohandi, Y. (2019). POLA KOMUNIKASI DAKWAH KOMUNITAS MUSLIM DALAM MENJAGA HARMONI SOSIAL. Indonesian Journal of Islamic Communication, 2(2), 37–61. https://doi.org/10.35719/ijic.v2i2.473
Zindan Baynal Hubi, I. S. (2025). Implementation Literacy Movement and Pancasila Student Profile in Tegal City. JURNAL CIVICUS.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.