Efektivitas Penerapan Teknik Dekorasi Artistik terhadap Peningkatan Daya Tarik Pembeli di Toko Bakery Donut Lylo Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32742Keywords:
Dekorasi Artistik, Daya Tarik Pembeli, , Keputusan pembelian.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana atribut visual dari dekorasi artistik mempengaruhi daya tarik konsumen dan keputusan pembelian mereka. Populasi dari penelitian ini yaitu semua konsumen Donut Lylo Pinrang, adapun metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan kuesioner,observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan dekorasi artistik pada produk Toko Bakery Donut Lylo Pinrang mampu meningkatkan persepsi dan minat beli konsumen secara signifikan. Rata-rata skor posttest sebesar 37,17 mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan skor pretest sebesar 29,85 (p < 0,05). Meskipun peningkatan nilai N-Gain Score tergolong rendah (0,0625), data penjualan menunjukkan adanya kenaikan volume sebesar 24 pcs per hari atau total 360 pcs pada periode setelah penerapan dekorasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa dekorasi artistik berperan efektif dalam meningkatkan daya tarik produk dan berdampak positif terhadap penjualan penelitian ini membuktikan bahwa dekorasi artistik merupakan strategi efektif dalam meningkatkan daya tarik produk dan minat beli konsumen.Downloads
References
Aini, S. N. (2017). Hubungan Antara Visual Merchandising Dan Kualitas Pelayanan Dengan Keputusan Pembelian Carrefour Tamini Square Pada Warga Rw 001 Kelurahan Dukuh Kecamatan Kramat Jati Jakarta. Jurnal Akuntansi, 11.
Aulia, M. R., & Gilang Saraswati, T. (2023). Pengaruh Visual Merchandising Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Fashion Zara Di Kota Bandung The Influence Of Visual Merchandising On Consumer Purchasing Decisions On Zara Fashion Products In Bandung. 10(5), 4120.
Damayanti Trisnasari, Nurmayanti, Dra.Gawarti, B. Q. (2022). Seni Dekorasi Penyajian Makanan (D. A. Hudiah (ed.)). Yayasan Wiyata Bestari Samasta.
Ekobelawati, F. (2001). Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan Fransiska Ekobelawati Akademi Sekretari Manajemen Indonesia Pontianak ( ASMI ) Email : Sischasira06@Gmail.com. 20–24.
Eliza, E. (2023). Analysis of E-Marketing, Social Media Marketing, and E-Wom on Consumer PurchEliza, E. (2023). Analysis of E-Marketing, Social Media Marketing, and E-Wom on Consumer Purchase Decisions. Economica. https://doi.org/10.22202/economica.2023.v12.i1.6876ase Deci. Economica. https://doi.org/10.22202/economica.2023.v12.i1.6876
Elysha, C. N., & Batu, K. L. (2024). Analisis Pengaruh Visual Appeal dan Portability terhadap Urge to Buy Impulsively. Journal of Research on Business and Tourism, 4(1), 1. https://doi.org/10.37535/104004120241
Galang, T. (2021). Pengaruh youtube beauty vlogger terhadap minat beli konsumen dan dampaknya terhadap keputusan pembelian produk (Studi pada viewers YoutubeWardah. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/4329%0Ahttp://repository.stei.ac.id/4329/2/BAB 2.pdf
Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi keli). Universitas Diponrgoro.
Hariyanto, O. I. B., Iskandar, I., & Rahmasari, G. (2018). Media Pembelajaran Cake Dekorasi Dengan Menggunakan Youtube di Rumah Kue Millah. Jurnal Basiceduurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 25–31. http://download.garuda.kemdikbud.go.id
Keller, P. K. K. lane. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Kurniawan, F., Sriwardani, N., & Emilda, N. (2021). Perancangan Artistik Panggung Pertunjukan Teater Naskah “Musuh Masyarakat” Karya Henrik Ibsen. Atrat: Jurnal Seni Rupa, 9(3), 63–70. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/atrat/article/view/1664
Laksana, F. (2008). Manajemen pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu, 85.
Rahmi. (2021). Dekorasi Kue Bertema Halloween. Galang Tanjung, 2504, 1–9.
Ramadanti, S. M. (2023). Dekorasi Kue Tinkerbell and the Lost Treasure. 1–53.
Riadi, M. (2020). Populasi dan Sampel Penelitian (Pengertian, Proses, Teknik Pengambilan dan Rumus). Populasi Dan Sampel Penelitian (Pengertian, Proses, Teknik Pengambilan Dan Rumus).
Riyono, J. S. (2013). Pengaruh pembelian tanpa rencana pada penyesalan pasca pembelian dengan variabel demografik sebagai pemoderasi: studi pada Carrefour Ambarukmo Plaza Yogyakarta. E-Journal, 1990, 10–17. https://e-journal.uajy.ac.id/1251/1/0MM01558.pdf
Sanariya, S., M, U., Takdir, M., Hermansyah, S., & Kasau, M. N. R. (2023). The Effect of Using the Sparkol Video Scribe Application on Learning Outcomes of Natural Sciences Students of UPT SMPN 3 Pitu Riase. International Journal of Educational Narratives, 1(4), 246–253. https://doi.org/10.55849/ijen.v1i4.527
Setiawan, M. A. F., & Hanafia, F. (2023). Pengaruh Desain, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. GLOBAL: Jurnal Lentera BITEP, 1(02), 90–102. https://doi.org/10.59422/global.v1i02.148
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking. Suryacahya.
Susanto. (2005). Efektivitas dalam manajemen. 156. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3736/8/UNIKOM_Akbar Budi Sanjaya_BAB II.pdf
Turnip, S. D., Setyanto, E., & Hidayat, R. T. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Konsumen Wardah di Kota Bekasi). Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi Dan Manajemen Tri Bisnis, 5(2), 252–269. https://doi.org/10.59806/tribisnis.v5i2.305
Tuti, M., Seran, N., & Damayanti, P. (2021). Pengaruh kualitas produk dan dekorasi terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian di sugarbell bakery and cake tanjung priok. Jurnal Culinaria, III(September 2020).
Ummah, M. S. (2019). Perilaku Konsumen. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Valerie Octarani, Titin Lestariningsih, Achmad Taufiq, B. M. H. (2024). Product value importance and consumer preference for visual complexity and symmetry. European Journal of Marketing. 02(02), 62–73.
Wiwin Kurniasih, I., & Bambang Nurcahya, S. (2022). Strategi Pemasaran Puff Pastry Dengan Dekorasi Kekinian Dalam Meningkatkan Omset Nc Resto. Jurnal Perhotelan Dan Pariwisata, 1(1), 12–22. https://doi.org/10.59820/telpar.v1i1.22
Yulianti, Y., & Singamurni, I. G. A. N. (2022). Analisis mutu sensori, respon dan pengetahuan tentang pewarna alami dari ekstrak rosella kering pada pembuatan ornamen fondant dalam pembelajaran dekorasi kue. Teknologi Pangan : Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, 13(2), 264–275. https://doi.org/10.35891/tp.v13i2.2725
Zahri, C., Nasution, U. H., Ahmad, I., Produk, V., & Konsumen, K. (2023). Produk Terhadap Keputusan Pemakai Produk Pada Ud . Az-Zahra Bakery and Cake. 17(3), 1429–1444.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.