PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KAUSALITAS PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMAN 2 LEMBANG JAYA KABUPATEN SOLOK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32755Keywords:
Mind Mapping, Causal Thinking, History LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model mind mapping terhadap kemampuan berpikir kausalitas siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI SMA Negeri 2 Lembang Jaya Kabupaten Solok. Permasalahan utama yang dihadapi siswa adalah rendahnya pemahaman hubungan sebab-akibat dalam peristiwa sejarah akibat dominasi metode ceramah dan ketergantungan pada buku teks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yakni XI F3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model mind mapping dan XI F4 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional, masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang diberikan pada pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan berpikir kausalitas siswa. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, serta uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir kausalitas siswa di kelas eksperimen dengan rata-rata nilai posttest sebesar 9,30 dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 7,17. Temuan ini mengindikasikan bahwa model mind mapping efektif membantu siswa memahami hubungan sebab-akibat dalam sejarah, meningkatkan daya analisis, serta mempermudah pemahaman materi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model mind mapping berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kausalitas siswa dalam pembelajaran sejarahDownloads
References
Acesta, A. (2020). Pengaruh
penerapan metode mind mapping
terhadap kemampuan berpikir
kreatif siswa. Naturalistic: Jurnal
Kajian dan Penelitian Pendidikan
dan Pembelajaran, 4(2b), 581-586.
Anastasia Marxy, “Pengaruh Model
Pembelajaran Mind Mapping
Terhadap Hasil Belajar Matematika
Siswa,” JKPM (Jurnal Kajian
Pendidikan Matematika) 2, no. 2
(2017): 173–82.
Andi Suhardi, Laily Yunita Susanti,
and Susilawati Susilawati,
“Pengaruh Penggunaan Mind
Mapping Terhadap Pemahaman
Konsep Stoikiometri,” Journal of
Natural Science and Integration 3,
no. 1 (2020): 106–14.Andy Riski Pratama et al., “Pengaruh
Mind Mapping Terhadap Berfikir
Kritis Dan Hasil Belajar Siswa,”
Jurnal Bimbingan Dan Konseling
Ar-Rahman 10, no. 1 (2024): 158–
70.
Asrulla et al., “Populasi Dan Sampling
(Kuantitatif), Serta Pemilihan
Informan Kunci (Kualitatif) Dalam
Pendekatan Praktis,” Jurnal
Pendidikan Tambusai 7, no. 3
(2023): 26320–32.
Ayu Elif Yulianti, “Pengaruh Metode
Mind Mapping Terhadap Kreativitas
Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa
Materi Perubahan Wujud Benda
Kelas V Sdn 01 Kedungasem,”
2021, 1–172.
Dewa Ayu Made Manu Okta Priantini,
“Pengaruh Metode Mind Mapping
Terhadap Keterampilan Berpikir
Kreatif Dan Prestasi Belajar IPS,”
Widya Accarya 6, no. 2 (2020)
F. Ibda, “Perkembangan Kognitif:
Teori Jean Piaget,” Intelektualita 3,
no. 1 (2021): 242904.
Ibda, “Perkembangan Kognitif: Teori
Jean Piaget.”
Muhammad Arifin, “Instrumen
Penelitian Kualitatif, Kuantitatif,
Dan Pengembangan,”
Implementation Science 39, no. 1
(2020): 1.
Muhammad Didi Fujiannor, “Anotasi
Bibliograf Konsep Berpikir
Kausalitas Melalui Pembelajaran
Sejarah,” 2021, 1–3.
Nadya Yulianty S, “Pengaruh Mind
Mapping Training Terhadap
Berpikir Kreatif Siswa SMU
Muhammadiyah 4 Jakarta,” 2022
Nur Aqifah Fauziah, “Pengaruh
Metode Mind Mapping Terhadap
Hasil Belajar IPS Peserta Didik
Kelas IV MIS Al-Hidayah Gunung
Sindur Bogor,” 2022,1–219
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.