PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KAUSALITAS PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMAN 2 LEMBANG JAYA KABUPATEN SOLOK

Authors

  • Sintia Puspita Anggraini Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Kaksim Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Juliandry Kurniawan Junaidi Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32755

Keywords:

Mind Mapping, Causal Thinking, History Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model mind mapping terhadap kemampuan berpikir kausalitas siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI SMA Negeri 2 Lembang Jaya Kabupaten Solok. Permasalahan utama yang dihadapi siswa adalah rendahnya pemahaman hubungan sebab-akibat dalam peristiwa sejarah akibat dominasi metode ceramah dan ketergantungan pada buku teks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yakni XI F3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model mind mapping dan XI F4 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional, masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang diberikan pada pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan berpikir kausalitas siswa. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, serta uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir kausalitas siswa di kelas eksperimen dengan rata-rata nilai posttest sebesar 9,30 dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 7,17. Temuan ini mengindikasikan bahwa model mind mapping efektif membantu siswa memahami hubungan sebab-akibat dalam sejarah, meningkatkan daya analisis, serta mempermudah pemahaman materi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model mind mapping berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kausalitas siswa dalam pembelajaran sejarah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acesta, A. (2020). Pengaruh

penerapan metode mind mapping

terhadap kemampuan berpikir

kreatif siswa. Naturalistic: Jurnal

Kajian dan Penelitian Pendidikan

dan Pembelajaran, 4(2b), 581-586.

Anastasia Marxy, “Pengaruh Model

Pembelajaran Mind Mapping

Terhadap Hasil Belajar Matematika

Siswa,” JKPM (Jurnal Kajian

Pendidikan Matematika) 2, no. 2

(2017): 173–82.

Andi Suhardi, Laily Yunita Susanti,

and Susilawati Susilawati,

“Pengaruh Penggunaan Mind

Mapping Terhadap Pemahaman

Konsep Stoikiometri,” Journal of

Natural Science and Integration 3,

no. 1 (2020): 106–14.Andy Riski Pratama et al., “Pengaruh

Mind Mapping Terhadap Berfikir

Kritis Dan Hasil Belajar Siswa,”

Jurnal Bimbingan Dan Konseling

Ar-Rahman 10, no. 1 (2024): 158–

70.

Asrulla et al., “Populasi Dan Sampling

(Kuantitatif), Serta Pemilihan

Informan Kunci (Kualitatif) Dalam

Pendekatan Praktis,” Jurnal

Pendidikan Tambusai 7, no. 3

(2023): 26320–32.

Ayu Elif Yulianti, “Pengaruh Metode

Mind Mapping Terhadap Kreativitas

Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa

Materi Perubahan Wujud Benda

Kelas V Sdn 01 Kedungasem,”

2021, 1–172.

Dewa Ayu Made Manu Okta Priantini,

“Pengaruh Metode Mind Mapping

Terhadap Keterampilan Berpikir

Kreatif Dan Prestasi Belajar IPS,”

Widya Accarya 6, no. 2 (2020)

F. Ibda, “Perkembangan Kognitif:

Teori Jean Piaget,” Intelektualita 3,

no. 1 (2021): 242904.

Ibda, “Perkembangan Kognitif: Teori

Jean Piaget.”

Muhammad Arifin, “Instrumen

Penelitian Kualitatif, Kuantitatif,

Dan Pengembangan,”

Implementation Science 39, no. 1

(2020): 1.

Muhammad Didi Fujiannor, “Anotasi

Bibliograf Konsep Berpikir

Kausalitas Melalui Pembelajaran

Sejarah,” 2021, 1–3.

Nadya Yulianty S, “Pengaruh Mind

Mapping Training Terhadap

Berpikir Kreatif Siswa SMU

Muhammadiyah 4 Jakarta,” 2022

Nur Aqifah Fauziah, “Pengaruh

Metode Mind Mapping Terhadap

Hasil Belajar IPS Peserta Didik

Kelas IV MIS Al-Hidayah Gunung

Sindur Bogor,” 2022,1–219

Downloads

Published

2025-09-02