SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : METODE PERANCANGAN UI/UX DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI DIGITAL
SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32760Keywords:
UI/UX, Design Thinking, figma, systematic literature reviewAbstract
Perkembangan teknologi digital yang pesat di era globalisasi menuntut pengembangan aplikasi yang tidak hanya fungsional tetapi juga memiliki desain antarmuka pengguna (UI/UX) yang praktis dan menarik untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai metodologi desain UI/UX melalui pendekatan tinjauan pustaka sistematis (SLR). Penelitian ini menganalisis 40 artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2021 dan 2025 dan diperoleh dari beberapa basis data terindeks seperti Google Scholar, Garuda, SemanticScholar, dan AcademiaEdu. Pemilihan didasarkan pada kriteria inklusi seperti relevansi topik, akses terbuka, dan kualitas publikasi. Penelitian ini mengidentifikasi metode, platform, alat, dan pendekatan penelitian desain UI/UX yang populer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang paling banyak digunakan adalah design thinking, dengan alat Figma, platform dominan adalah aplikasi seluler, dan pendekatan penelitian yang paling umum adalah kualitatif. Penelitian ini juga mengkaji elemen desain visual seperti pemilihan warna (color palette) yang sering digunakan sebagai referensi. Studi ini berkontribusi pada peningkatan pemahaman dan mendorong kemajuan dalam praktik desain UI/UX, memfasilitasi pemanfaatan data dan proses pengambilan keputusan yang lebih efisien.Downloads
References
Abdul Latief, M. (2024). Penerapan Design Thinking Dalam Perancangan Uiux Pada Jualkeun (Aplikasi E-Commerce Barang Second). PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 11(2), 259–270. https://doi.org/10.30656/prosisko.v11i2.8715
Achyani, Y. E., & Andini, A. R. (2024). Perancangan UI/UX Aplikasi Booking Self Photo Studio Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Teknik Komputer, 10(1), 86–94. https://doi.org/10.31294/jtk.v10i1.17006
Agnestisia, A. E., Wenas, M. B., & Pratiwi, P. (2024). Perancangan UI/UX pada website Arttrash menggunakan metode Design Thinking. Aiti, 21(1), 14–28. https://doi.org/10.24246/aiti.v21i1.14-28
Al-Faruq, M. N. M., Nur’aini, S., & Aufan, M. H. (2022). Perancangan Ui/Ux Semarang Virtual Tourism Dengan Figma. Walisongo Journal of Information Technology, 4(1), 43–52. https://doi.org/10.21580/wjit.2022.4.1.12079
Alfaizu, F., Heryana, N., & Timur, T. (2025). Perancangan uiux transaksi peminjaman dan penyimpanan pada kopwali dengan metode human centered design. 13(1).
Alja, F. M., Daniati, E., & Ristyawan, A. (2024). Perancangan Ui/Ux E-Commerce Menggunakan Metode User Centered Design (Ucd). Journal of Information System Management (JOISM), 6(1), 93–101. https://doi.org/10.24076/joism.2024v6i1.1669
Alsindo, Y., Ariandi, M., Zuhri Yadi, I., Oktarina, T., Teknologi, S., Bina Darma, U., Jendral Yani No, J. A., & Selatan, S. (2023). Rancang Bangun Design Ui/Ux Pada Apikasi Workfit Menggunakan Metode Design Thinking. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 7(2), 331–343.
Anggoro, A., B. L., A., & Mailangkay. (2021). PERANCANGAN UI/ UX APLIKASI ANDROID ONLINE MONITORING KUALITAS AIR (ONLIMO) DI BPPT MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN. PERBANAS INSTITUTE: Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 24–26. https://id.techinasia.com/app-
Ariska, D., & Nurlela, S. (2022). Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Infortech, 4(2), 86–91.
Azziqra, Z. (2024). Perancangan UI/UX Untuk Aplikasi Al-Quran Menggunakan Metode HCD (Human Centered Design). Jurnal Repositor, 6(1), 59–68. https://doi.org/10.22219/repositor.v6i1.31881
Dewi, R. S., Fauzi, R., & Nopendri, N. (2023). Perancangan Uiux Android Untuk Meningkatkan Kepedulian Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sampah Dan Lingkungan. Rang Teknik Journal, 6(2), 24–36. https://doi.org/10.31869/rtj.v6i2.3636
Dhian Sweetania, & Achmad Hafidz. (2023). Perancangan Ui/Ux Pada Aplikasi Berbasis Mobile E-Ticket Museum Di Jakarta Dengan Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Teknik Dan Science, 2(3), 57–70. https://doi.org/10.56127/jts.v2i3.1124
Dumalang, J. M., Montolalu, C. E. J. ., & Lapihu, D. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Makanan berbasis Mobile pada UMKM di Kota Manado menggunakan metode Design Thinking. Jurnal Ilmiah Informatika Dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM), 2(2), 41–52. https://doi.org/10.58602/jima-ilkom.v2i2.19
Faturrahman Ardiansyah, & Apriansyah Apriansyah. (2024). Perancangan UI/UX Aplikasi Kasir Toko Rieska Dengan Metode Design Thinking. Merkurius : Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika, 2(2), 16–22. https://doi.org/10.61132/merkurius.v2i2.60
Fauzi, A. R., & Hakim, A. (2024). Digitalisasi terhadap Pelayanan Publik ( Implementasi Digitalisasi Terhadap Pelayanan Publik di Pemerintah Kota Kediri dan Kabupaten Jember ). 7(10), 3727–3734. https://doi.org/10.56338/jks.v7i10.6146
Febrianti, S. I. (2024). Perancangan Ui/Ux Aplikasi Pengelolaan Sampah (Bangsa) Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 11(2), 183–189. https://doi.org/10.30656/prosisko.v11i2.8373
Fita Dwi Novitasari, & Muhammad Arief, R. (2024). Perancangan Ui/Ux Aplikasi Pemesanan Petcare Berbasis Android Menggunakan Figma Di Jombang. Jurnal Teknologi Technoscientia, 16(02), 41–49. https://doi.org/10.34151/technoscientia.v16i2.4628
Hamdanuddinsyah, M. H., Hanafi, M., & Sukmasetya, P. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Buku Online Mizanstore Berbasis Mobile Menggunakan User Centered Design. Journal of Information System Research (JOSH), 4(4), 1464–1475. https://doi.org/10.47065/josh.v4i4.3850
Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 111–117. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730
Hasanah, A. U., Andaryani, S., Sari, F. H., & Dwikurniawati, I. U. (2024). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital : Tantangan dan Peluang di Pemerintah Daerah. 4, 5228–5235.
Kurniawan, A. Y. (2022). Rancangan Ui/Ux Pada Game Belajar Aksara Lampung Bersama Muli (Studi Kasus : Sekolah Dasar Swadhipa Natar). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(3), 266–277. https://doi.org/10.33365/jatika.v3i3.2033
Maosul, I. A. (2024). Perancangan Ui/Ux Aplikasi Pencarian Pekerjaan Didamel.Id Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4159
Mavish, S., Christanto, H. J., & Sutresno, S. A. (2024). Analisis dan Redesign Aplikasi M-Paspor dengan Metode Design Thinking untuk Peningkatan Usability dan Pengalaman Pengguna. 5(4). https://doi.org/10.47065/josh.v5i4.5447
Mufida, N. F., Perdanasari, L., Informatika, T., & Jember, P. N. (2024). PERANCANGAN UIUX PADA APLIKASI RE-FOOD SISTEM REKAP. 8(6), 12568–12576.
Mukti, K. T., Febrita, R. E., & Suardinata, I. W. (2024). Perancangan UI/UX Pada Website Ruang Rindu Dengan Metode Design Thinking. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 6(3), 495–403. https://doi.org/10.47233/jteksis.v6i3.1375
Putra Christover Sitorus, N., Jaelani, I., & Muhyidin, Y. (2024). Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Penjualan Furniture Interior & Build Pada Toko Stepline Menggunakan Metode Goal Directed Design (Gdd). JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(4), 2578–2584. https://doi.org/10.36040/jati.v7i4.7024
Ramadani, R., & Mahdiana, D. (2073). Systematic Literature Review on the Application of Ui/Ux Design Methods in System Development. 5(4), 103–111. https://doi.org/10.52436/1.jutif.2024.5.4.2073
Rantung, R., & Mambu, J. Y. (2023). Perancangan UI/UX Untuk Aplikasi Kedai Online Menggunakan Metode Design Thinking. CogITo Smart Journal, 9(2), 396–410. https://doi.org/10.31154/cogito.v9i2.585.396-410
Rayhaan Yusri, A., Faqihuddin Hanif, I., Daffa Al-farel, M., Zaandami, N., & Yasin, M. (2024). Perancangan Desain UI/UX Berbasis Scan Barcode Dengan Metode Design Thinking Untuk Pemesanan Makanan. Bulletin of Information Technology (BIT), 5(2), 102–113. https://doi.org/10.47065/bit.v5i2.1340
Samuel Karunia, F., Assiroj, P., Anung Prabadhi, I., Gunawan, F., & Ananda Mustari, K. (2024). Systematic Literature Review Peta Kerawanan Keimigrasian Berbasis Sistem Informasi Geografis. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(3), 3593–3602. https://doi.org/10.36040/jati.v8i3.9744
Sekali, I. B. K., Montolalu, C. E. J. ., & Widiana, S. A. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Produk Fashion Pria pada Toko Celcius di Kota Manado Menggunakan Design Thinking. Jurnal Ilmiah Informatika Dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM), 2(2), 53–64. https://doi.org/10.58602/jima-ilkom.v2i2.17
Tazkiyah, S., & Arifin, A. (2022). Perancangan UI/UX pada Website Laboratorium Energy menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Teknologi Terpadu, 8(2), 72–78. https://doi.org/10.54914/jtt.v8i2.513
Viana Novita, Latifa, S. E. R., Rizky Aditya, Riri Safitri, & Husnul Fauzan. (2024). Perancangan Ui/Ux Pada Aplikasi Jasa Rentak Motor (Saremo) Menggunakan Metode Design Thinking. Journal of Information Systems Management and Digital Business, 1(2), 123–132. https://doi.org/10.59407/jismdb.v1i2.348
Widiyantoro, M. F., Heryana, N., Voutama, A., & Sulistiyowati, N. (2022a). INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Perancangan UI / UX Aplikasi Toko Kue Dengan Metode Design Thinking. Information Management for Educators and Professionals, 7(1), 1–10.
Widiyantoro, M. F., Heryana, N., Voutama, A., & Sulistiyowati, N. (2022b). Perancangan UI / UX Aplikasi Toko Kue Dengan Metode Design Thinking. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, 7(1), 1. https://doi.org/10.51211/imbi.v7i1.1949
Yasmin, A., & Voutama, A. (2024). Perancangan Ui/Ux Pada Aplikasi Stayzy Menggunakan Metode Design Thinking. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(3), 2756–2763. https://doi.org/10.36040/jati.v8i3.9549
Zidhan, M., Okmayura, F., Anjani, H. U., Achmad, N. F., & Wilyani, F. (2024). Perancangan Ui/Ux Pada Aplikasi Sayur Mayur Online (Samaron) Menggunakan Metode Design Thinking. Journal of Information Systems Management and Digital Business, 1(2), 96–106. https://doi.org/10.59407/jismdb.v1i2.347
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.