PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATAPELAJARAN IPAS DI SD HARAPAN BARU MEDAN

Authors

  • Arisan Laia Universitas Katolik Santo Thomas
  • Juliana Universitas Katolik Santo Thomas
  • Reflina Sinaga Universitas Katolik Santo Thomas
  • Eka Kartika Silalahi Universitas Katolik Santo Thomas
  • Paska Sriulina Tarigan Universitas Katolik Santo Thomas
  • Patri Janson Silaban Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i4.32772

Keywords:

Mastery Learning Model, Learning Outcomes, and IPAS

Abstract

This study aims to determine the effect of the Mastery Learning model on student learning outcomes in science at grade V of Harapan Baru Elementary School, Medan, in the 2024/2025 academic year. The research method used was an experimental method with a quantitative approach. To obtain the required data, a test instrument consisting of 30 questions was used. The sample size was 30 students using a purposive sampling technique. To determine students' initial abilities, the researcher conducted a pretest with an average score of 58.3. And the results of the posttest have increased from the pretest given previously with the average value of students reaching 83.86. It can be said that the level of success of student learning outcomes has increased as evidenced by the results of the correlation coefficient test calculation obtained r count ≥ r table with the results of 0.941 ≥ 0.361. Furthermore, hypothesis testing is comparing the value of t count ≥ t table with the results of 14.781 ≥ 2.042. With these results, Ha is accepted and Ho is rejected. Through the t-test it can be concluded that there is an influence of the contextual learning model on students' critical thinking abilities.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, M. S. F., Fauzi, R., Tsamanyah, Z. A., & Marini, A. (2022). Pengaruh penggunaan gadget dalam kegiatan belajar dan mengajar terhadap pembentukan karakter anak generasi Z. Jurnal pendidikan dasar dan sosial humaniora, 2(2), 375-384.

Badhar, Implementasi Mastery Learning Dalam Pembelajaran FIQH, (2022). (n.p): CV. Adanu Abimata

Darman, R. A. Belajar Dan Pembelajaran. (n.d.). (n.p.): Guepedia.

Firmansyah, H. (2021). Mastery Learning. Model Pembelajaran Era Society 5.0, 1, 326. Tethool, G., Paat, W. R. L., & Wonggo, D. (2021). Penerapan model pembelajaran blended learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(3), 268-275.

Fari Nur Azizah. (2012). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Semester Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas Vii Di Mts Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember. Skripsi. Tadris Ilmu Pengetahian Sosial. Universitas Islam Negeri KH Achmad Sididiq Jember.

Fenny Febrianti. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Mastery Learning Terhadap Penguasaan Kompetensi Peserta Didik Mata Pelajaran Produktif Multimedia Kelas X Smkn 4 Soppeng. Skripsi. Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makasar.

Hapudin. Teori Belajar Dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. (2021). (n.p.): Prenada Media.

Harefa Dermawan, Dkk. Teori Belajar dan Pembelajaran. (2023). (n.p.): CV Jejak (Jejak Publisher).

Huliatunisa, Dkk. Dasar Pengembangan kurukulum Sekolah Dasar. (2022). CV Jejak, anggota IKAPI

Iffah, F., Agustina, M., & Syachruroji, A. (2024). Analisis Motivasi Peserta Didik Terhadap Keterampilan Menyimak pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(3), 108-117.

Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh budaya literasi terhadap hasil belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6).

Mardicko, A. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5482-5492.

Martiman, Dkk. Model Model Pembelajaran, (2023). CV. Jejak, anggota IKAPI

Marzuki. Telaah Kurikulum. (2024). (n.p.): Mega Press Nusantara.

Mu’in. Langkah tetap meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan video pembelajaran. (2024). (n.p.): penerbit P4I

Meylovia, D., & Julianto, A. (2023). Inovasi pembelajaran IPAS pada kurikulum merdeka belajar di SDN 25 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), 84-91.

Masrifa, A., Cahyani, A. R., & Fauziyah, D. H. (2023). Media interaktif pembelajaran IPAS. Cahya Ghani Recovery.

Manurung, Y. F., Sijabat, O. P., & Sijabat, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning Terhadap Hasil Belajar Sub Tema 1 Rukun Dalam Perbedaan. Jurnal Ilmiah Aquinas, 15-23.

Putranta, H, Model Pembelajaran Kelompok Sistem Perilaku, (2018). (n.p): Universitas Negeri Yogyakarta

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2023). Belajar dan pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Rahmatita. (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Nama Senyawa Di Mas Babun Najah Banda Aceh. Skripsi. Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.

Santoso, S. A. (2024). Korelasi Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 4 di Sekolah Dasar Muhammadiyah Gresik. Didaktika Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(2).

Sutrisno, Meningkatkan dan Minat Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan Deangan Media Pembelajaran, 20212. (n.p.). Ahlimedia Book

Suciati, I, Dkk. Efisien Diri dan Hasil Belajar Matematika: Suatu Kajian Meta-Analisis, (2022). CV. Ruang tentor

Sarbaitinil Sarbaitinil, Ima Frima Fatimah, Hani'atul Mabruroh, Hakpantria Hakpantria, Welly Ardiansyah. Buku Ajar Teori Belajar dan Pembelajaran. (2024). (n.p.): PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sarumaha, M. (2023). Bab I Pengertian Model Pembelajaran. Model-Model Pembelajaran, 5.

Suhono. Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sistem Reproduksi Manusia. (2022). (n.p.): Unisri Press.

Sutianah. Belajar dan Pembelajaran. (2022). (n.p.): Penerbit Qiara Media.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 2016. Alvabeta CV

Siagian, S. D. N., Siregar, L. M., & Saputra, R. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV SD Negeri 0117 Sibuhuan. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 1(4), 64-75.

Wulandari, O. (2024). Penerapan model pembelajaran think pair share pada pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(4), 132-143.

Wahyuningsih, Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa, 2020. CV. Budi Utama

Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100-2112.

Yustika Ilmiawati. (2017). Pengaruh Penerapan Model Mastery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa: Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Mengelola Sistem Kearsipan Kelas Xi Administrasi Perkantoran Di Smk Pasundan 1 Cimahi. Skripsi. Ilmu dan Pendidikan. Universitas Pendidkan Indonesia.

Downloads

Published

2025-12-24

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >>