PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32849Keywords:
Student Worksheet, Problem Based Learning, Environmental ChangeAbstract
Perubahan lingkungan merupakan isu global yang menuntut peserta didik memiliki keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Namun, pembelajaran konvensional sering membuat peserta didik pasif dan kurang terlibat. Oleh karena itu, pengembangan sumber belajar inovatif seperti Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) menjadi penting. Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD berbasis PBL pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA/MA. Penelitian dilakukan Februari–Agustus 2025 di SMA Negeri 7 Bungo bekerja sama dengan Universitas PGRI Sumatera Barat menggunakan metode Research and Development (R&D) model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi sampai tahap Develop. Data dikumpulkan melalui uji validitas oleh tiga dosen validator dan uji praktikalitas oleh guru serta peserta didik dengan angket skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas 83,75% (sangat valid) pada aspek isi, bahasa, didaktik, dan grafis. Uji praktikalitas memperoleh hasil 94% (sangat praktis) oleh guru dan 93,30% (sangat praktis) oleh peserta didik. Disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL pada materi perubahan lingkungan memiliki kriteria sangat valid dan sangat praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.Downloads
References
Agustin, M, & Syaodih. (2008).Bimbi-
ngan konseling untuk anak usia
dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ariani, D., & Meutiawati, I. (2020).
Pengembangan Lembar Kerja
Peserta Didik (Lkpd) Berbasis
Discovery Learning Pada Materi
Kalor Di Smp. Jurnal Phi; Jurnal
Pendidikan Fisika Dan Fisika
Terapan, 1(1), 13.
https://doi.org/10.22373/p-
jpft.v1i1.6477
Brabender, V., & Fallon, A. (2009).
Group development in practice:
guidance for clinicians and
researchers on stages and
dynamics of change. Washington,
DC: American Psychological
Association.
Damayanti, K. D., & Kristiantari, M. G.
R. (2022). Multimedia Interaktif
Berbasis Aplikasi Android dalam
Pengenalan Bahasa Inggris Dasar
Siswa Kelas VI. Mimbar Ilmu, 27(1),
81–89.
https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.4
6132
Dewina, S., Suganda, O., Widiantie,
R., Kuningan, U., Kuningan, U., &
Menganalisis, K. (2017). Pengaruh
model pembelajaran problem
based learning ( PBL ) terhadap
kemampuan menganalisis dan
keterampilan. Jurnal Tadris IPA
Indonesia, 9(2), 46–54.
https://doi.org/10.25134/quagga.v9
i02.748.Abstrak
Hasanah, T. A. N., Huda, C., &
Kurniawati, M. (2017).
Pengembangan Modul
Pembelajaran Fisika Berbasis
Problem Based Learning (PBL)
pada Materi Gelombang Bunyi
untuk Siswa SMA Kelas XII.
Momentum: Physics Education
Journal, 1(1), 56.
https://doi.org/10.21067/mpej.v1i1.
1631
Masturoh, F., & Mahmudi, I. (2023).
Implementasi Kurikulum Merdeka
Belajar dalam Pembelajaran
Bahasa Arab. Kalamuna: Jurnal
Pendidikan Bahasa Arab Dan
Kebahasaaraban, 4(2), 207–232.https://doi.org/10.52593/klm.04.2.0
7
Milala, H. F., Joko, Endryansyah, &
Agung, A. I. (2022). Keefektifan dan
kepraktisan media pembelajaran
menggunakan Adobe Flash Player.
Jurnal Pendidikan Elektro, 11(1),
195–202.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.p
hp/jurnal-pendidikan-teknik-
elektro/article/view/43450
Nisak, E. F. K., & Susantini, E. (2023).
Pengembangan E-LKPD
Perubahan Lingkungan Berbasis
Problem Based Learning untuk
Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Peserta
Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan
Biologi (BioEdu), 12(3), 683–694.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.p
hp/bioedu
Pada, K., Bare, Y., Hadi, S., & Putra,
J. (2021). LKPD Eksresi manusia
(4D) 5. 7(8), 337–349.
https://doi.org/10.5281/zenodo.576
9603
Prastika, Y., & Masniladevi. (2021).
Pengembangan E-LKPD Interaktif
Segi Banyak Beraturan Dan Tidak
Beraturan Berbasis Liveworksheets
Terhadap Hasil Belajar Peserta
Didik Kelas IV Sekolah Dasar.
Journal of Basic Education Studies,
4(1), 2601–2614.
Rahayuningsih, D. I. (2018).
Pengembangan lembar kerja
peserta didik (LKPD) dengan
pendekatan saintifik untuk
meningkatkan hasil belajar mata
pelajaran IPS bagi siswa kelas IV
sekolah dasar. Jurnal Review
Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian
Pendidikan dan Hasil Penelitian,
4(2), 726–733.
https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.
p726-733
Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S.
(2020). Pengembangan Lembar
Kegiatan Peserta Didik (LKPD)
Berbasis Scientific Approach Pada
Mata Pelajaran Administrasi Umum
Semester Genap Kelas X OTKP di
SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal
Pendidikan Administrasi
Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–
515.
https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.
p504-515
Riduwan. (2013). Dasar-dasar
statistik. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, M. D., Sanjaya, M. R., &
Kusuma, A. B. (2020). Penyusunan
Bahan Ajar Bagi Guru Mts Satu
Atap Oku. Jurnal Pengabdian
Kepada Masyarakat (ABDIMAS)
Universitas Baturaja, 1(1), 11–17.
Selvia, A. W. (2021). Faktor-faktor
penyebab siswa pasif terhadap
pembelajaran Bahasa Indonesia
pada kelas XI di SMAN 1 Panji
Situbondo. Skripsi.
Septianingsih, R., Safitri, D., &
S.Sujarwo. (2023). Cendikia
pendidikan. Cendekia Pendidikan,
1(1), 1–13.
https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.33
2
Suwastini, N., Agung, A., & Sujana, I.
(2022). LKPD sebagai Media
Pembelajaran Interaktif
Berbasis Pendekatan Saintifik
dalam Muatan IPA Sekolah Dasar.
Jurnal Penelitian Dan
Pengembangan Pendidikan , 6(2),
311–320.https://ejournal.undiksha.ac.id/inde
x.php/JJL/article/view/48304
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.