PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA/MA

Authors

  • Yuli Maryanis Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Siska Nerita Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Abizar Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32849

Keywords:

Student Worksheet, Problem Based Learning, Environmental Change

Abstract

Perubahan lingkungan merupakan isu global yang menuntut peserta didik memiliki keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Namun, pembelajaran konvensional sering membuat peserta didik pasif dan kurang terlibat. Oleh karena itu, pengembangan sumber belajar inovatif seperti Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) menjadi penting. Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD berbasis PBL pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA/MA. Penelitian dilakukan Februari–Agustus 2025 di SMA Negeri 7 Bungo bekerja sama dengan Universitas PGRI Sumatera Barat menggunakan metode Research and Development (R&D) model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi sampai tahap Develop. Data dikumpulkan melalui uji validitas oleh tiga dosen validator dan uji praktikalitas oleh guru serta peserta didik dengan angket skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas 83,75% (sangat valid) pada aspek isi, bahasa, didaktik, dan grafis. Uji praktikalitas memperoleh hasil 94% (sangat praktis) oleh guru dan 93,30% (sangat praktis) oleh peserta didik. Disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL pada materi perubahan lingkungan memiliki kriteria sangat valid dan sangat praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, M, & Syaodih. (2008).Bimbi-

ngan konseling untuk anak usia

dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ariani, D., & Meutiawati, I. (2020).

Pengembangan Lembar Kerja

Peserta Didik (Lkpd) Berbasis

Discovery Learning Pada Materi

Kalor Di Smp. Jurnal Phi; Jurnal

Pendidikan Fisika Dan Fisika

Terapan, 1(1), 13.

https://doi.org/10.22373/p-

jpft.v1i1.6477

Brabender, V., & Fallon, A. (2009).

Group development in practice:

guidance for clinicians and

researchers on stages and

dynamics of change. Washington,

DC: American Psychological

Association.

Damayanti, K. D., & Kristiantari, M. G.

R. (2022). Multimedia Interaktif

Berbasis Aplikasi Android dalam

Pengenalan Bahasa Inggris Dasar

Siswa Kelas VI. Mimbar Ilmu, 27(1),

81–89.

https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.4

6132

Dewina, S., Suganda, O., Widiantie,

R., Kuningan, U., Kuningan, U., &

Menganalisis, K. (2017). Pengaruh

model pembelajaran problem

based learning ( PBL ) terhadap

kemampuan menganalisis dan

keterampilan. Jurnal Tadris IPA

Indonesia, 9(2), 46–54.

https://doi.org/10.25134/quagga.v9

i02.748.Abstrak

Hasanah, T. A. N., Huda, C., &

Kurniawati, M. (2017).

Pengembangan Modul

Pembelajaran Fisika Berbasis

Problem Based Learning (PBL)

pada Materi Gelombang Bunyi

untuk Siswa SMA Kelas XII.

Momentum: Physics Education

Journal, 1(1), 56.

https://doi.org/10.21067/mpej.v1i1.

1631

Masturoh, F., & Mahmudi, I. (2023).

Implementasi Kurikulum Merdeka

Belajar dalam Pembelajaran

Bahasa Arab. Kalamuna: Jurnal

Pendidikan Bahasa Arab Dan

Kebahasaaraban, 4(2), 207–232.https://doi.org/10.52593/klm.04.2.0

7

Milala, H. F., Joko, Endryansyah, &

Agung, A. I. (2022). Keefektifan dan

kepraktisan media pembelajaran

menggunakan Adobe Flash Player.

Jurnal Pendidikan Elektro, 11(1),

195–202.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.p

hp/jurnal-pendidikan-teknik-

elektro/article/view/43450

Nisak, E. F. K., & Susantini, E. (2023).

Pengembangan E-LKPD

Perubahan Lingkungan Berbasis

Problem Based Learning untuk

Meningkatkan Kemampuan

Pemecahan Masalah Peserta

Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan

Biologi (BioEdu), 12(3), 683–694.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.p

hp/bioedu

Pada, K., Bare, Y., Hadi, S., & Putra,

J. (2021). LKPD Eksresi manusia

(4D) 5. 7(8), 337–349.

https://doi.org/10.5281/zenodo.576

9603

Prastika, Y., & Masniladevi. (2021).

Pengembangan E-LKPD Interaktif

Segi Banyak Beraturan Dan Tidak

Beraturan Berbasis Liveworksheets

Terhadap Hasil Belajar Peserta

Didik Kelas IV Sekolah Dasar.

Journal of Basic Education Studies,

4(1), 2601–2614.

Rahayuningsih, D. I. (2018).

Pengembangan lembar kerja

peserta didik (LKPD) dengan

pendekatan saintifik untuk

meningkatkan hasil belajar mata

pelajaran IPS bagi siswa kelas IV

sekolah dasar. Jurnal Review

Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian

Pendidikan dan Hasil Penelitian,

4(2), 726–733.

https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.

p726-733

Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S.

(2020). Pengembangan Lembar

Kegiatan Peserta Didik (LKPD)

Berbasis Scientific Approach Pada

Mata Pelajaran Administrasi Umum

Semester Genap Kelas X OTKP di

SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal

Pendidikan Administrasi

Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–

515.

https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.

p504-515

Riduwan. (2013). Dasar-dasar

statistik. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, M. D., Sanjaya, M. R., &

Kusuma, A. B. (2020). Penyusunan

Bahan Ajar Bagi Guru Mts Satu

Atap Oku. Jurnal Pengabdian

Kepada Masyarakat (ABDIMAS)

Universitas Baturaja, 1(1), 11–17.

Selvia, A. W. (2021). Faktor-faktor

penyebab siswa pasif terhadap

pembelajaran Bahasa Indonesia

pada kelas XI di SMAN 1 Panji

Situbondo. Skripsi.

Septianingsih, R., Safitri, D., &

S.Sujarwo. (2023). Cendikia

pendidikan. Cendekia Pendidikan,

1(1), 1–13.

https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.33

2

Suwastini, N., Agung, A., & Sujana, I.

(2022). LKPD sebagai Media

Pembelajaran Interaktif

Berbasis Pendekatan Saintifik

dalam Muatan IPA Sekolah Dasar.

Jurnal Penelitian Dan

Pengembangan Pendidikan , 6(2),

311–320.https://ejournal.undiksha.ac.id/inde

x.php/JJL/article/view/48304

Downloads

Published

2025-09-12