IMPLEMENTASI MODEL PRO-HERO DALAM PEMBELAJARAN IPAS DENGAN MEDIA MAGICAL MAP: MENINGKATKAN KOLABORASI DAN KOMUNIKASI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32902Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa pada mata pelajaran IPAS yang disebabkan oleh rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran, belum digunakannya model yang sesuai untuk mengembangkan keterampilan tersebut, serta keterbatasan sarana penunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa melalui implementasi model Pro-Hero berbantuan media Magical Map. Penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan campuran yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 14 orang. Analisis data yang disajikan yaitu berupa deskripsi, tabel, dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan kolaborasi dari 43% menjadi 100% dan keterampilan komunikasi dari 21% menjadi 100% secara klasikal dengan kriteria “sangat terampil”, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Pro-Hero berbantuan media Magical Map terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa pada pembelajaran IPAS.Downloads
References
Hasanah, A., Amelia, C. R., Salsabila,
H., Agustin, R. D., Setyawati, R.
C., Elifas, L., & Marini, A. (2023).
Pengintegrasian kurikulum
merdeka dalam pembelajaran
IPAS. Jurnal Pendidikan Dasar
dan Sosial Humaniora, 3(1), 33-
44.
Hidayat, A. (2018). Penerapan role
playing untuk meningkatkan
kemampuan interaksi sosial
siswa kelas 5 SDN Kuin Utara 7
Banjarmasin (Doctoral
dissertation, Universitas Negeri
Malang).
Hikmah, M., & Pratiwi, D. A. (2024).
Implementasi model rotan dan
permainan cepat tepat untuk
meningkatkan keterampilan
komunikasi. Pendas: Jurnal
Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03),
234-247.
Huda, N., & Aslamiah (2024).
Meningkatkan keterampilan
kolaborasi siswa kelas V sekolah
dasar dengan menggunakan
model PLANT. Jurnal Teknologi
Pendidikan dan Pembelajaran|
E-ISSN: 3026-6629, 2(2), 592-
596.
Husna, N. S., Octaviani, R., Sahara,
Z., & Usiono, U. (2024).
Penerapan metode diskusi untuk
meningkatkan kemampuan
komunikasi peserta didik kelas III
di MIS Al-Wardah. Khazanah
Pendidikan, 18(1), 53-58.
Ihsan, I. (2023). The challenges of
elementary education in society
5.0 era. International Journal of
Social Learning (IJSL), 3(3),
341-360.
Juhana, M. N., Fathi, M., & Mahfudz,
M. (2024). Knowledge sharing
dalam komunitas praktik
berbasis e-library studi kasus:
sekolah taruna bakti kota
bandung. AKSI: Jurnal
Manajemen Pendidikan Islam,
2(2), 150-163.
Kalkautsar, M., Sumanti, S. T., &
Nasution, A. G. J. (2024).
Pengaruh metode pembelajaran
role playing terhadap
kemampuan komunikasi belajar
siswa pada mata pelajaran
IPS. MUDABBIR Journal
Reserch and Education
Studies, 4(1), 71-87.
Mawardah, N. A., Damayanti, S. K.,
Ramadhini, N., Suriansyah, W.
R., & Pratiwi, D. A. (2025).
Analisis kendala penerapan
cooperative learning pada
peserta didik dalam konteks
kurikulum merdeka di SDN
Semangat Dalam 1. MARAS:
Jurnal Penelitian
Multidisiplin, 3(2), 516-529.
Mugara, R., Rahayu, G. D. S., & Arga,
H. S. P. (2019). Penyusunan
bahan ajar berbasis vlog dalam
meningkatkan keterampilan
komunikasi mahasiswa PGSD
IKIP Siliwangi. P2M STKIP
Siliwangi, 6(1), 63-72.
Munawar, M. H., Suriansyah, A., &
Purwanti, R. (2024).
Meningkatkan aktivitas belajar
dan keterampilan komunikasi
menggunakan model
pandir. Didaktik: Jurnal Ilmiah
PGSD STKIP Subang, 10(3),
351-378.
Nabila, A., & Fauzi, Z. A. (2024).
Meningkatkan aktivitas,
keterampilan berpikir kritis
menggunakan model PBL
dibantu model GTT di kelas 5
SDN Teluk Tiram 6. Jurnal
Ilmiah Kajian
Multidisipliner, 8(8).
Ningsih, D. A., & Pratiwi, D. A. (2023).
Implementasi model GEMA
untuk meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa
sekolah dasar. Jurnal
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.