IMPLEMENTASI MODEL PRO-HERO DALAM PEMBELAJARAN IPAS DENGAN MEDIA MAGICAL MAP: MENINGKATKAN KOLABORASI DAN KOMUNIKASI SISWA

Authors

  • Dahliani Universitas Lambung Mangkurat
  • Diani Ayu Pratiwi Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32902

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa pada mata pelajaran IPAS yang disebabkan oleh rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran, belum digunakannya model yang sesuai untuk mengembangkan keterampilan tersebut, serta keterbatasan sarana penunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa melalui implementasi model Pro-Hero berbantuan media Magical Map. Penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan campuran yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 14 orang. Analisis data yang disajikan yaitu berupa deskripsi, tabel, dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan kolaborasi dari 43% menjadi 100% dan keterampilan komunikasi dari 21% menjadi 100% secara klasikal dengan kriteria “sangat terampil”, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Pro-Hero berbantuan media Magical Map terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa pada pembelajaran IPAS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasanah, A., Amelia, C. R., Salsabila,

H., Agustin, R. D., Setyawati, R.

C., Elifas, L., & Marini, A. (2023).

Pengintegrasian kurikulum

merdeka dalam pembelajaran

IPAS. Jurnal Pendidikan Dasar

dan Sosial Humaniora, 3(1), 33-

44.

Hidayat, A. (2018). Penerapan role

playing untuk meningkatkan

kemampuan interaksi sosial

siswa kelas 5 SDN Kuin Utara 7

Banjarmasin (Doctoral

dissertation, Universitas Negeri

Malang).

Hikmah, M., & Pratiwi, D. A. (2024).

Implementasi model rotan dan

permainan cepat tepat untuk

meningkatkan keterampilan

komunikasi. Pendas: Jurnal

Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03),

234-247.

Huda, N., & Aslamiah (2024).

Meningkatkan keterampilan

kolaborasi siswa kelas V sekolah

dasar dengan menggunakan

model PLANT. Jurnal Teknologi

Pendidikan dan Pembelajaran|

E-ISSN: 3026-6629, 2(2), 592-

596.

Husna, N. S., Octaviani, R., Sahara,

Z., & Usiono, U. (2024).

Penerapan metode diskusi untuk

meningkatkan kemampuan

komunikasi peserta didik kelas III

di MIS Al-Wardah. Khazanah

Pendidikan, 18(1), 53-58.

Ihsan, I. (2023). The challenges of

elementary education in society

5.0 era. International Journal of

Social Learning (IJSL), 3(3),

341-360.

Juhana, M. N., Fathi, M., & Mahfudz,

M. (2024). Knowledge sharing

dalam komunitas praktik

berbasis e-library studi kasus:

sekolah taruna bakti kota

bandung. AKSI: Jurnal

Manajemen Pendidikan Islam,

2(2), 150-163.

Kalkautsar, M., Sumanti, S. T., &

Nasution, A. G. J. (2024).

Pengaruh metode pembelajaran

role playing terhadap

kemampuan komunikasi belajar

siswa pada mata pelajaran

IPS. MUDABBIR Journal

Reserch and Education

Studies, 4(1), 71-87.

Mawardah, N. A., Damayanti, S. K.,

Ramadhini, N., Suriansyah, W.

R., & Pratiwi, D. A. (2025).

Analisis kendala penerapan

cooperative learning pada

peserta didik dalam konteks

kurikulum merdeka di SDN

Semangat Dalam 1. MARAS:

Jurnal Penelitian

Multidisiplin, 3(2), 516-529.

Mugara, R., Rahayu, G. D. S., & Arga,

H. S. P. (2019). Penyusunan

bahan ajar berbasis vlog dalam

meningkatkan keterampilan

komunikasi mahasiswa PGSD

IKIP Siliwangi. P2M STKIP

Siliwangi, 6(1), 63-72.

Munawar, M. H., Suriansyah, A., &

Purwanti, R. (2024).

Meningkatkan aktivitas belajar

dan keterampilan komunikasi

menggunakan model

pandir. Didaktik: Jurnal Ilmiah

PGSD STKIP Subang, 10(3),

351-378.

Nabila, A., & Fauzi, Z. A. (2024).

Meningkatkan aktivitas,

keterampilan berpikir kritis

menggunakan model PBL

dibantu model GTT di kelas 5

SDN Teluk Tiram 6. Jurnal

Ilmiah Kajian

Multidisipliner, 8(8).

Ningsih, D. A., & Pratiwi, D. A. (2023).

Implementasi model GEMA

untuk meningkatkan

keterampilan berpikir kritis siswa

sekolah dasar. Jurnal

Downloads

Published

2025-09-11

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>