ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN ESTAFET QUIZ PADA KELAS V SD NEGERI CENGKLIK SURAKARTA TAHUN AJAR 2024/2025

Authors

  • Vitria Untari Universitas Slamet Riyadi
  • Anggit Grahito Wicaksono Universitas Slamet Riyadi
  • Mukhlis Mustofa Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32933

Keywords:

Teams Games Tournament, Estafet Quiz, Kelebihan dan Kekurangan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pembelajaran, kelebihan dan kekurangan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Estafet Quiz Pada Kelas V SD Negeri Cengklik Surakarta Tahun Ajar 2024/2025. Metode dalam penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru kelas & 3 peserta didik kelas VC SD Negeri Cengklik Surakarta, dan objek diteliti adalah penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe TGT (Teams Games Tournament) berbantuan estafet quiz di kelas VC. Penelitian ini dilaksanakan dari 10-13 Juni 2025 di SD Negeri Cengklik Surakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk memeriksa keabsahan data kualitatif dilakukan dengan triangulasi teknik. Data pada teknik penelitian dianalisiss dengan urutan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh dari proses implentasi model pembelajaran TGT berbantuan estafet quiz di kelas VC SD Negeri Cengklik Surakarta sudah sesuai sintak terdiri penyajian kelas, belajar dalam kelompok, permaianan, turnamen, & penghargaan. Kelebihan pelaksanaan model pembelajaran TGT di kelas VC SD Negeri Cengklik Surakarta yaitu adanya menumbuhkan prilaku menghargai orang lain, semangat belajar, membangun & menambah pengetahuan. & menumbuhkan sikap kerjasama & toleransi. dan kekurangan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan estafet quiz yaitu ruang kelas ramai, tidak bisa untuk kelompok besar, & membutuhkan sarana & prasarana yang mendukung. Berdasarkan penelitian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif learning tipe TGT berbantuan estafet quiz di SD Negeri Cengklik Surakarta dilaksanakan sesuai sintak, dengan memiliki kelebihan & kekurangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasanah, U., & Dimyati. (2022). Pelrmainan ELstafelt Untuk Melningkatkan Kelmampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6. Jurnal Obselsi. 6(1). 9-16.

Istianah, Sumarno, S., Suyatmi, Nuroso, H. (2024). Analisis Kelaktifan Siswa Dalam Pelnelrapan Modell Telams Gamels Tournamelnt Dalam Pelmbellajaran Matelmatika. Innovativel. 4(4). 1-11.

Kemendikdasmen. (2025). Data Refrensi SD Negeri Cengklik Kota Surakarta. Diunduh tanggal 24 Juli 2025 dari https://referensi.data.kemdikbud. go.id/tabs.php?npsn=20328354.

Lie Anita. (2011). Coopelrtivel Lelarning. Jakarta: PT Grameldia.

Musdalipa. (2022). Buku Panduan Modell Pelmbellajaran Koopelratif Tipel Telams Gamels Tournamelnt (TGT) Belrbasis Meldia Ular Tangga. Solok, Sumatra Barat: Mitra Celndelkia Meldia.

Nuraeni, R., Hermawan, R., &Hendriani, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

4(11). 175-184.

Nurhuda, I, F., Trisiana, A., & Sarafuddin. (2023). Analisis Pelnelrapan Modell Pelmbellajaran Koopelratif Telams Gamels Tournamelnt (TGT) mellalui Pelndelkatan Saintifik telrhadap Hasil Bellajar Matelmatika Siswa Kellas. Jurnal Pelndidikan Tambusai. 7(3). 20397-20400. IV SDN 2 Karangpandan Tahun Pellajaran 2023/2024

Pardeldel, U. T. (2019). Pelningkatan Kelmampuan Belrpikir Kritis Siswa Mellalui Modell Pelmbellajaran Koopelrativel Tipel Di SMAN 1 Batang Toru. Mathelmatic ELducation Journal, 2(1). 104-111.

Rahmawati, S., Trisiana, A., & Mustofa, M. (2023). Analisis Pelnelrapan Modell Pelmbellajaran Koopelratif Telam Gamels Tournamelnt (TGT) pada Pelmbellajaran Telmatik Intelgratif. Jurnal Pelndidikan Tambusai.7(1). 3826–3831

Rusman, Modell-Modell Pelmbellajaran Melngelmbangkan Profelsionalismel guru, (Jakarta, Rajawali Pelrs, 2011), hal. 132.

Rusman, Modell-Modell Pelmbellajaran: Melngelmbangkan Profelsionalisme Guru eld 2, (Jakarta : Rajawali Pelrs,2013).,h. 133.

Suliani, M., Kartika, H., Ulfah, F., & Mutmainah, S. (2024). Studi Litelratur : Pelnelrapan Modell Pelmbellajaran Koopelratif Tipel Telams Gamels Tournamelnt ( TGT ) untuk Melningkatkan Hasil Bellajar Matelmatika. Journal of Relselacrh in Scielncel and Mathelmatic ELducation. 3(3), 154–164.

Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Coopelrativel Lelarning Modell). Purbalingga: ELurelka Meldia Aksara.

Untari, Vitria. (2025).Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe TGT (Team Games Tournament) Berbantuan Estafet Quiz Pada Kelas SD Negeri Cengklik Surakarta Tahun Ajar 2024/2025. Surakarta: Universitas Slamet Riyadi.

UU_tahun2003_nomor020

Downloads

Published

2025-09-11