PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 07 SOLOK SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33081Keywords:
Digital Literacy, Critical Thinking, Creative Thinking, Sociology LearningAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya literasi digital dalam mendukung pembelajaran di era digital. Literasi digital mencakup keterampilan teknis serta kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam menyikapi informasi. Di SMAN 07 Solok Selatan, transformasi digital dapat dilihat dari kebijakan penggunaan ponsel dalam pembelajaran dengan pengawasan guru. Namun, masih terdapat kendala seperti keterbatasan infrastruktur dan rendahnya literasi teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X, dengan sampel sebanyak 33 siswa dari kelas X-2 (Fase E2). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan statistik dengan bantuan SPSS IBM Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis, terutama dalam mengevaluasi informasi dan menyusun argumen yang logis. Literasi digital juga berkontribusi terhadap keterampilan berpikir kreatif, terutama dalam mengembangkan ide-ide baru. Namun, pengaruh masing-masing indikator tidak merata; keterampilan digital dan etika digital memiliki pengaruh yang lebih besar daripada budaya dan keamanan digital. Temuan ini menekankan perlunya memperkuat literasi digital secara keseluruhan untuk mendukung pengembangan pemikiran kritis dan kreatif siswa.Downloads
References
Aksenta, Irmawati Irmawati, Achmad Ridwan, Nur Hayati, Sepriano Sepriano, Herlinah Herlinah, Ayupitha Tiara Silalah, Sio Jurnalis Pipin, Iim Abdurrohim, Yoseb Boari, dan lainnya. 2023. Literasi Digital: Pengetahuan & Transformasi Terbaru Teknologi Digital di Era Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.
Alimuddin, Asriani, Justin Niaga Siman Juntak, R. Ayu Erni Jusnita, Indri Murniawaty, dan Hilda Yunita Wono. 2023. “Teknologi dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi dengan Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Pendidikan 05(04):36–38.
Cynthia, Riries Ernie, dan Hotmaulina Sihotang. 2023. “Langkah Bersama di Era Digital: Pentingnya Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(3):317–12–23.
Firmansyah, Deri, Dadang Saepuloh, dan Dede. 2022. “Daya Saing: Literasi Digital dan Transformasi Digital.” Jurnal Keuangan dan Bisnis Digital 1(3):237–50. Doi: 10.55927/Jfbd.V1i3.1348.
Irwan. 2020. "Media Sosial Memperkuat Modal Sosial dalam Menghadapi Bencana di Tepian Sungai." Jurnal Internasional Inovasi 14:397-416.
Irwan. 2021. "Memperkuat Modal Sosial melalui Media Sosial untuk Meningkatkan Ketahanan Rumah Tangga dalam Menghadapi Bencana di Tepian Sungai." Institut Pertanian Bogor.
Irwan. 2023. Sosiologi Bencana: Modal Sosial, Media Sosial, dan Ketahanan. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.
Irwan, I., Y. Melia, F. Siska, N. Sulkaisi, dan H. K. Sandra. 2024. "Pendampingan Siswa SDN 34 Siguntur Tua untuk Mempertahankan Kebersihan dan Lingkungan di Era Normal Baru." Jurnal Pengembangan Masyarakat 5(3):4068-72.
Irwan, Irwan. 2018. "Paradigma Positivistik Relevan dalam Penelitian Sosiologi Pedesaan." Jurnal Ilmu Sosial 17(1):21-38.
Irwan, Irwan, Zusmelia Zusmelia, Felia Siska, Thita M. Mazya, Elvawati Elvawati, dan Kevin William Andri Siahaan. 2022. "Analisis Hubungan antara Aplikasi Media Konversasional dan Media Sosial dengan Modal Sosial dalam Mitigasi Bencana di Wilayah Kabupaten Bogor, Indonesia." Jurnal Internasional Multidisiplin: Penelitian Bisnis dan Pendidikan Terapan 3(7):1434-42.
Komalasari, Rita. 2020. “Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi selama Pandemi Covid-19.” Thematic 7(1):38–50. Doi: 10.38204/Tematik.V7i1.369.
Lestari, Wardha Dwi, Yuniawatika Yuniawatika, dan Heny Rahmawati. 2024. “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Bahasa, Sastra, dan Seni 4(11):1103–9. Doi: 10.17977/Um064v4i112024p1103-1109.
Nahdi, Dede Salim, dan Ujiati Cahyaningsih. 2019. “Keterampilan Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” Konferensi Studi Sosial, Humaniora, dan Pendidikan (Shes) 2(1):57. Doi: 10.20961/Shes.V2i1.36174.
Nurillahwaty, Eka. 2022. “Peran Teknologi dalam Pendidikan.” Hal. 81–85 dalam Seminar Nasional Pendidikan. Vol. 1.
Putrayasa, I. Made, I. Gede Suwindia, dan I. Made Ari Winangun. 2024. “Transformasi Literasi di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Generasi Muda.” Review Pendidikan dan Ilmu Sosial 5(2):156. Doi: 10.29210/07essr501400.
Safitri, Febriani, Ramlah Ramlah, dan William Sandy. 2025. Literasi Digital dalam Pendidikan. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.
Trenggono Hidayatullah, Miko, Masdu
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.