MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF DI KELAS I SDI TUMBUH KEC. BUNGAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33089Keywords:
Menulis permulaan, media kartu hurufAbstract
Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Menggunakan Media Kartu Huruf Di Kelas I SDI
Tumnuh Kec. Bungaya. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Pembimbing I Abd. Rahman Rahim dan
pembimbing II Ummu Khaltsum.Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana perbandingan
hasil belajar menulis permulaan huruf kapital siswa kelas I SDI Tumbuh Kec. Bungaya mwnggunakan
media kartu huruf. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis
permulaan menggunakan media kartu huruf siswa kelas I SDI Tumbuh Kec. Bungaya.Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas (class room action research). Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas I SDI Tumbuh Kec. Bungaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media
kartu huruf hasil belajar siswa dalam menulis permulaan dapat meningkat. Perolehan nilai rata-rata
siswa meningkat dari 69,58 dengan kategori sedang menjadi 79,58 dengan kategori tinggi. Pada tes
pasca tindakan siklus I terdapat 9 siswa (45%) dalam kategori tuntas, begitu juga dengan siswa yang
memperoleh kategori tidak tuntas juga terdapat 11 siswa (55%). Sedangkan pada tes pasca tindakan
siklus II terdapat 17 siswa (85%) dalam kategori tuntas, begitu juga dengan siswa yang memperoleh
kategori tidak tuntas juga terdapat 3 siswa (15%).
Downloads
References
Jufri, Rahmat. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Teknik
Latihan Graphomotor Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SD Negeri 13
Curio Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang. Skripsi diterbitkan. Makassar: FKIP Unismuh
Makassar.
Astuti, Sri. 2015. Penggunaan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan
Menulis Permulaan di TK Intan Komara Kelompok B, (Online),
(https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10546, diakses 26 Januari
2022).
Azizah, Anisatul dan Fayakunia Realita Fatamorgana. 2021. Pentingnya Penelitian
Tindakan Kelas dalam Pembelajaran. Institut Agama Islam Negeri Jember,
(file:///D:/SKRIPSI/jurnal%20yang%20di%20pakai/2021.pdf)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















