PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBASIS VOLCANO ERUPTION EXPERIMENT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI BUMI BERUBAH KELAS 5 SD N KEMBANGJITENGAN 2 SLEMAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33216Keywords:
earning engagement, demonstration method, volcano eruption experiment, Natural and Social Sciences (IPAS)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SD Negeri Kembangjitengan 2 Sleman pada mata pembelajaran IPAS dengan menerapkan metode demonstrasi berbasis volcano eruption experiment. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kembangjitengan 2 Sleman yang berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data untuk keaktifan belajar siswa menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang didasari data kuantitatif setelah menghitung semua komponen penilaian dan mengambil rata-ratanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi berbasis volcano eruption experiment memiliki pengaruh signifikan terhadap meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan skor rata-rata dari hasil observasi keaktifan siswa. Keaktifan belajar siswa meningkat dari 34% pada kondisi awal menjadi 53% pada siklus I, dan mencapai 90,9 % pada siklus II. Dengan demikian, penerapan metode demonstrasi berbasis volcano eruption experiment terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS.Downloads
References
Ahaya, A. (2020). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran IPA Dengan Model Cooperative Learning Tipe NHT Pada Materi Konduktor dan Isolator Panas Di Kelas VI Dikelas VI SDN No. 84 Kota Tengah. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 225. https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.225-232.2018
Aulia, N. A., Aulia, S. R., & Setiyawan, H. (2024). Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Ipas Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 11(1), 52–58. https://doi.org/10.17509/jppd.v11i1.69547
Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah, 18(1), 64–80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101
Lathif, Muhammad Ichsan Abdul Manjilah, E. L., Aguilera, F. V., & Khayriyah, Navita Wafiq Amaliyah, F. (2023). Pengaruh Keaktifan Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di dalam Kelas 5 SD 2 Dersalam. Prosiding Conference of Elementary Studies, 472–481. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19764
Nurlaela, E. S., Fikri, A., Rahmawati, A., Rahayu, E. B., Wirayudha, S., & Al-Anshori, A. M. (2023). Hakikat Penelitian Tindakan untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 124–139.
Prameswara, A. Y., & Pius X, I. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDK Wignya Mandala Melalui Pembelajaran Kooperatif. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.53544/sapa.v8i1.327
Salwa Salsabila, W., & Rafa Dinda, R. (2021). Pembelajaran Mitigasi Bencana di Sekolah Dasar dengan Metode Demonstrasi. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 1(2014), 115–120. https://doi.org/10.30595/pssh.v1i.83
Sunny, V., Siti Sundari, F., & Kurniasih, M. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V E Di Sdn Polisi 1 Kota Bogor. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1070–1079. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.788
Supriatin, A., & Hayati, L. A. N. (2022). Permainan Edukatif Sebagai Sarana dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Sains pada Anak Usia SD di Kelurahan Habaring Hurung. Institut Riset Dan Publikasi Indonesia (IRPI), 570–574.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.