PERANCANGAN GAME EDUKASI BERBASIS MOBILE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DI KELAS III SD ISLAM COKROAMINOTO

Authors

  • Sri Adisti Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33364

Keywords:

Learning Media, Educational Game, Multiplication, Mobile

Abstract

The objectives of this study are: 1) To design and develop an educational game for mathematics subjects focusing on multiplication material; 2) To test the feasibility of the educational game and assist students in understanding multiplication. This research uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE development model. Data collection techniques include interviews, questionnaires, and documentation, combined with Black Box Testing and product feasibility validation by experts to provide feedback regarding the feasibility of the educational game. The product feasibility validation was analyzed and converted using the Likert Scale. The results of the study show that the educational game received a “highly feasible” criterion according to media experts with an average percentage of 85.71%; according to material experts, it obtained an average of 95.83% with a “highly feasible” criterion; and according to educators, it gained an average of 96.11% with a “highly feasible” criterion. Therefore, the “PEKA” game is feasible to be used as a learning medium and as entertainment for studying anywhere and anytime.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

mengacu pada model pengembangan

instruksional ADDIE yang terdiri dari

lima tahapan, yaitu analisis, desain,

pengembangan, implementasi, dan

evaluasi.

C.Hasil Penelitian dan Pembahasan

1. Perancangan Game Edukasi

Berbasis Mobile Pada Mata

Pelajaran Matematika Materi

Perkalian

Perancangan game edukasi

berbasis mobile pada materi perkalian

ini mengikuti tahapan model

pengembangan ADDIE, yang meliputi

analisis, desain, pengembangan,

implementasi, dan evaluasi. Pada

tahap analisis, peneliti menemukan

bahwa dalam pembelajaran

Matematika di SD Islam

Cokroaminoto, khususnya pada

materi perkalian, belum tersedia

media pembelajaran berbasis

teknologi yang kreatif dan menarik

sehingga guru hanya mengandalkan

LKS. Hal tersebut mendorong

perlunya inovasi berupa game

edukasi. Selanjutnya, pada tahap

desain, peneliti menyusun rancangan

media menggunakan Canva dengan

menyeleksi dan menyusun bahan ajar

secara sistematis sebagai pedoman

dalam pembuatan aplikasi.

Rancangan tersebut kemudian

direalisasikan dalam tahap

pengembangan dengan

memanfaatkan Construct 2 sebagai

platform untuk menghasilkan game

edukasi berbasis mobile yang siap

diuji coba. Tahap implementasi

dilakukan dengan mengaplikasikan

produk dalam pembelajaran nyata,

didahului dengan uji kelayakan

melalui Black Box Testing guna

memastikan setiap fitur berfungsi

optimal tanpa hambatan. Tahap

terakhir, yaitu evaluasi, dijalankan

untuk memastikan kesesuaian media

dengan tujuan pembelajaran serta

efektivitasnya dalam meningkatkan

pemahaman siswa terhadap materi

perkalian.

2. Kelayakan Game Edukasi

Berbasis Mobile Sebagai Media

Pembelajaran Pada Materi

Perkalian

Kelayakan game edukasi

berbasis mobile pada materi perkalian

dinilai melalui validasi yang

melibatkan 3 ahli media, 3 ahli materi,

3 pendidik, serta uji coba langsung

pada peserta didik kelas III SD Islam

Cokroaminoto. Penilaian ahli media

difokuskan pada aspek pendukung

Downloads

Published

2025-09-26