PERANCANGAN GAME EDUKASI BERBASIS MOBILE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DI KELAS III SD ISLAM COKROAMINOTO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33364Keywords:
Learning Media, Educational Game, Multiplication, MobileAbstract
The objectives of this study are: 1) To design and develop an educational game for mathematics subjects focusing on multiplication material; 2) To test the feasibility of the educational game and assist students in understanding multiplication. This research uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE development model. Data collection techniques include interviews, questionnaires, and documentation, combined with Black Box Testing and product feasibility validation by experts to provide feedback regarding the feasibility of the educational game. The product feasibility validation was analyzed and converted using the Likert Scale. The results of the study show that the educational game received a “highly feasible” criterion according to media experts with an average percentage of 85.71%; according to material experts, it obtained an average of 95.83% with a “highly feasible” criterion; and according to educators, it gained an average of 96.11% with a “highly feasible” criterion. Therefore, the “PEKA” game is feasible to be used as a learning medium and as entertainment for studying anywhere and anytime.Downloads
References
mengacu pada model pengembangan
instruksional ADDIE yang terdiri dari
lima tahapan, yaitu analisis, desain,
pengembangan, implementasi, dan
evaluasi.
C.Hasil Penelitian dan Pembahasan
1. Perancangan Game Edukasi
Berbasis Mobile Pada Mata
Pelajaran Matematika Materi
Perkalian
Perancangan game edukasi
berbasis mobile pada materi perkalian
ini mengikuti tahapan model
pengembangan ADDIE, yang meliputi
analisis, desain, pengembangan,
implementasi, dan evaluasi. Pada
tahap analisis, peneliti menemukan
bahwa dalam pembelajaran
Matematika di SD Islam
Cokroaminoto, khususnya pada
materi perkalian, belum tersedia
media pembelajaran berbasis
teknologi yang kreatif dan menarik
sehingga guru hanya mengandalkan
LKS. Hal tersebut mendorong
perlunya inovasi berupa game
edukasi. Selanjutnya, pada tahap
desain, peneliti menyusun rancangan
media menggunakan Canva dengan
menyeleksi dan menyusun bahan ajar
secara sistematis sebagai pedoman
dalam pembuatan aplikasi.
Rancangan tersebut kemudian
direalisasikan dalam tahap
pengembangan dengan
memanfaatkan Construct 2 sebagai
platform untuk menghasilkan game
edukasi berbasis mobile yang siap
diuji coba. Tahap implementasi
dilakukan dengan mengaplikasikan
produk dalam pembelajaran nyata,
didahului dengan uji kelayakan
melalui Black Box Testing guna
memastikan setiap fitur berfungsi
optimal tanpa hambatan. Tahap
terakhir, yaitu evaluasi, dijalankan
untuk memastikan kesesuaian media
dengan tujuan pembelajaran serta
efektivitasnya dalam meningkatkan
pemahaman siswa terhadap materi
perkalian.
2. Kelayakan Game Edukasi
Berbasis Mobile Sebagai Media
Pembelajaran Pada Materi
Perkalian
Kelayakan game edukasi
berbasis mobile pada materi perkalian
dinilai melalui validasi yang
melibatkan 3 ahli media, 3 ahli materi,
3 pendidik, serta uji coba langsung
pada peserta didik kelas III SD Islam
Cokroaminoto. Penilaian ahli media
difokuskan pada aspek pendukung
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.