Literasi Sains Pelajar Papua: Profil Kemampuan Siswa Kelas X SMA YPPK Teruna Bakti dalam Konteks Pendidikan Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33439Keywords:
literasi sains, NoSLiT, pelajar Papua, pendidikan abad 21Abstract
Pendidikan abad 21 menuntut siswa untuk menguasai berbagai keterampilan agar mampu menghadapi tantangan di era globalisasi, salah satunya adalah keterampilan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA YPPK Teruna Bakti Papua dalam konteks pendidikan abad ke-21. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tes literasi sains berbasis indikator NoSLiT yang dikembangkan oleh Wenning. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA YPPK Teruna Bakti sebanyak 26 orang yang diperoleh melalui teknik convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum literasi sains siswa berada pada kategori rendah, dengan capaian tertinggi berada pada kategori sedang yaitu indikator kaidah bukti saintifik dan miskonsepsi utama tentang sains, indikator postulat dan disposisi ilmiah berada pada kategori rendah, sementara aspek indikator penamaan ilmiah dan kemampuan keterampilan proses masih berada pada kategori sangat rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa belum optimal untuk menjawab tantangan pendidikan abad ke-21. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran inovatif yang kontekstual, berbasis kearifan lokal, dan memanfaatkan teknologi digital agar literasi sains siswa Papua dapat ditingkatkan secara signifikan.Downloads
References
Agustin, T. F. U., Hunaidah, & Galib, L. M. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMAN 5 Kendari Berdasarkan Instrumen NOSLiT (Nature Of Science Literacy Test). Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(2), 108–114. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i2.19
Arief, M. K., & Utari, S. (2015). Implementation of Levels of Inquiry on Science Learning to Improve Junior High School Student’s Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(2), 117–125. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpfi
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ariyanti, A. I. P., Ramli, M., & Prayitno, B. A. (2016). Preliminary Study on Developing Science Literacy Test for High School Students in Indonesia. PROSIDING ICTTE, 1(1), 284.
Fadilah, F., Isti, S., Amarta, T. W. D., & Prabowo, C. A. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi Menggunakan NOSLiT. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 10(1), 27–34. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v10i1.8141
Fakhriyah, F., Masfuah, S., Roysa, M., Rusilowati, A., & Rahayu, E. S. (2017). Student’s science literacy in the aspect of content science? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 81–87. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.7245
Hindun, I., Nurwidodo, N., Wahyuni, S., & Fauziah, N. (2024). Effectiveness of project-based learning in improving science literacy and collaborative skills of Muhammadiyah middle school students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 10(1), 58–69. https://doi.org/10.22219/jpbi.v10i1.31628
Kamelia, Ibrahim, & Adhani, A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X di Masa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Biologi Menggunakan NoSLiT. BJBE Borneo Journal Of Biology Education, 4(1), 30–40. https://doi.org/https://doi.org/10.35334/bjbe.v4i1.2546
Listiani, H., Nurbaya, N., & Satar, S. (2025). Identifikasi Literasi Sains Siswa Kelas XI SMA YPK Diaspora Kotaraja. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 2477–2143. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22223
Listiani, H., Satar, S., Nurbaya, N., & Akobiarek, M. (2024). Profil Kemampuan Literasi Sains (Scientific Literacy) Siswa Kelas X SMA YPK Diaspora Kotaraja, Papua. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 767–778. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.18952
Murti, P. R., Aminah, N. S., & Harjana. (2018). The Analysis of High School Students’ Science Literacy Based on Nature of Science Literacy Test (NOSLiT). Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012003
OECD. (2019). PISA 2018 -Insight and Interpretations. Paris: OECD Publishing.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I dan Volume II): Factsheets-Indonesia. Paris: OECD Publishing.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF). Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612
R, N., Rinanto, Y., & Ramli, M. (2019). Scientific literacy profile in biological science of high school students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(1), 9–16. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i1.7080
Rokhmah, A., Sunarno, W., & Masykuri, M. (2017). Science Literacy Indicators In Optical Instruments Of Highschool Physics Textbooks Chapter. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(1), 19–24. https://doi.org/10.15294/jpfi.v13i1.8391
Takda, A., Arifin, K., & Tahang, L. (2023). Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Berdasarkan Nature Of Science Literacy Test (NoSLiT). Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(1), 19–27. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i1.7
Verawati, N. N. S. P., & Wahyudi, W. (2024). Raising the Issue of Local Wisdom in Science Learning and Its Impact on Increasing Students’ Scientific Literacy. International Journal of Ethnoscience and Technology in Education, 1(1), 42. https://doi.org/10.33394/ijete.v1i1.10881
Wenning, C. J. (2006). Assessing Nature of Science Literacy as One Component of Scientific Literacy. Journal Physics Teacher Education, 3(4), 3–14.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.