Pengaruh Model Role Playing Terhadap Keaktifan siswa kelas V Dalam Mata Pelajaran IPS Di SDN 141 Pekanbaru

Authors

  • Oriza Sativa Putri Universitas Islam Riau
  • Leny Julia Lingga Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Role Playing terhadap keaktifan siswa dalam mata pelajaran IPS kelas V di SDN 141 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen, yaitu One Group Pretest-Posttest Design dengan sampel sebanyak 31 siswa kelas VA, sedangkan uji coba instrumen dilakukan pada siswa kelas VB dengan jumlah 23 siswa. Instrumen penelitian berupa angket keaktifan siswa dengan menggunakan angket skala Likert dan lembar observasi penggunaan model pembelajaran Role Playing aktivitas guru dan siswa menggunakan observasi angket skala Guttment, sedangkan analisis data menggunakan uji normalitras, uji homogenitas dan uji-t (paired sample t-test), regresi linier sederhana, dan uji koefisien determinasi dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata keaktifan siswa dari 51,61 pada pretest menjadi 74,29 pada posttest dengan selisih 22,65 poin. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan Role Playing. Uji regresi linier sederhana juga menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis alternatif diterima, dengan kontribusi model Role Playing terhadap peningkatan keaktifan siswa sebesar 90,7%, sementara 9,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, model Role Playing terbukti berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keaktifan siswa karena mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif, mendorong partisipasi aktif, serta menjadikan pembelajaran IPS lebih bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-09-24