PENGARUH PENERAPAN MODEL JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA FASE E DI SMAN 1 SUTERA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33548Keywords:
Model pembelajaran Jigsaw, hasil belajar, GeografiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi. Hal tersebut dikarenakan kurang efektifnya model pembelajaran yang diterapkan dikelas. Penelitian ini memiliki tujuan antara lain : (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran jigsaw dalam pembelajaran geografi terhadap hasil belajar siswa(2)Untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar geografi siswa fase E di SMAN 1 Sutera. Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian kelas X Fase E di SMAN 1 Sutera. Untuk pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dimana kelas E3 ditunjuk sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa sedangkan kelas E1 ditunjuk sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pretest dan posttest dalam bentuk pilihan ganda. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas serta analisis hipotesis dengan menggunakan uji independent sample T-test dan uji N- gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model jigsaw berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik dengan dibuktikan melalui dengan rata –rata N-gain ternormalisasi kelas kontrol sebesar 39,28 dikategorikan rendah sementara kelas eksperimen sebesar 81,36 dikategorikan tinggi. Hasil uji independent sample T–test menunjukkan hasil nilai sig (2-tailed ) pada Equal variance assumed adalah 0,000 < 0,05 terbukti terdapatnya perbedaan pengaruh dengan penerpan model konvensional dan model jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.Downloads
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Ahyani, R. R. (2022). Meningkatkan Upaya Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw. Jurnal Multi Disiplin Ilmu, 55-59.
Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., ... & Yuliastuti, C. (2023). Model & metode pembelajaran inovatif: Teori dan panduan praktis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Asrulla, R., Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320-26332.
Balaka, M. Y. (2022). Buku Metodologi Penelitian Kuantitatif. Penerbit Widina.
Daga, A. T., Syukur, T. A., Sularso, A. N., Saswati, R., Indriani, I., Simorangkir, F. M. A., ... & Wulan, D. R. (2025). Model-model Pembelajaran. MEGA PRESS NUSANTARA.
Erviana, R., Qomariyah, S., Nurafifah, S., Rizki, N. J., & Neneng, N. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Kerjasama Antar Siswa Di MA Asy-Syari’ah. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(2), 52-64.
Handayani, V., Maulidiana, F., Nasution, A. N. P., & Anjarwati, A. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(2), 125-130.
Harjanto, D., Istiatin, I., & Sarsono, S. (2021). Motivation, Independence, Interest In Learning And Learning Methods To The Learning Achievements Of Students Of Sma Batik 2 Surakarta. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(3), 1985-1993.
Hidayat, E. W., & Utami, W. S. (2019). Kajian Mata Pelajaran Geografi Sebagai Bekal Peserta Didik untuk Menghadapi Tuntutan Pembelajaran Abad 21 di SMA Surabaya. Swara Bhumi, 1(1).
Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi pendidikan: peran pendidikan berkelanjutan dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416-2422.
Lasulika, C. T., & Lukum, A. (2024). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Geografi: Implementasi dan Tantangan di Era Digital. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 9755-9765.
Loong, C. N., & Chang, C. C. (2024). Control knowledge tracing: Modeling students' learning dynamics from a control-theory perspective. Computers and Education: Artificial Intelligence, 7, 100292.
Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan dan daya beda butir soal ujian akhir semester tema 7 kelas III SDN Karet 1 Sepatan.
Mandasari, M., Nabila, R. R., Jannah, Z. N., & As' ari, R. (2024). Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi dalam Menumbuhkan Sikap dan Perilaku Keruangan Peserta Didik di SMA Negeri 8 Tasikmalaya. EL-JUGHRAFIYAH, 4(1), 36-42.
Muslihin, H. Y., Loita, A., & Nurjanah, D. S. (2022). Instrumen penelitian tindakan kelas untuk peningkatan motorik halus anak. Jurnal Paud Agapedia, 6(1), 99-106.
Rahmi, D. A., Ma’wa, J., & Alim, J. A. (2024). Analisi Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(1), 35-41.
Romdona, S., Junista, S. S., & Gunawan, A. (2025). Teknik pengumpulan data: Observasi, wawancara dan kuesioner. JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik, 3(1), 39-47.
Ruspandi, J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar IPS Materi Dampak Globalisasi Dalam Kehidupan Masyarakat Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Wanareja 03. Jurnal Insan Cendekia, 2(2), 33-50.
Saputri, H. A. S., & Larasati, N. J. (2023). Analisis Instrumen Assesmen: Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir Soal. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2986-2995.
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan populasi dan sampel: Pendekatan metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721-2731.
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-gain vs stacking.
Sumanti, S. (2022). Withdrawn: Pembelajaran Geografi Melalui Group Investigation Dan E-Learning: Sebuah Kajian Teoretis.
Suwandi, M. F. K., & Alfat, M. (2022). Learning models innovation in industrial revolution 4.0 era. Curricula: Journal of Curriculum Development, 1(2), 101-114.
Wahyuningsih, N., Rosyida, F., Handoyo, B., & Soekamto, H. (2023). Evaluasi kesesuian perencanaan pembelajaran geografi dengan kurikulum 2013 SMA Negeri di Kabupaten Malang. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(10), 1187-1205.
Widodo, S., Ladyani, F., Lestari, S. M. P., Wijayanti, D. R., Devrianya, A., Hidayat, A., ... & Widya, N. (2023). Buku ajar metode penelitian.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.