PENGEMBANGAN MEDIA CERITA TOKOH HURUF BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD YPK 10 IMANUEL KEBAR

Authors

  • Agustina Feti Suryanti STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Siti Fatimatul Zahra STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Ainul Yaqimah STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Siti Muflihah STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Monica Wahyu Pertiwi STKIP Muhammadiyah Manokwari

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.33704

Keywords:

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Huruf Bergambar, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine 1) the description of the needs of first-grade students of YPK 10 Imanuel Kebar Elementary School regarding mastery of illustrated letter character stories. 2) prototype of illustrated letter character stories in letter recognition. 3) validity and practicality of illustrated letter character stories. This research is a development using the research stages of Borg & Gall. The data collection technique used is by interviewing and filling out questionnaires. The research method on the development of letter character story media is carried out using the "Research and Development" approach. The results of the study show that 1) Description of the needs of first-grade students of YPK 10 Imanuel Kebar Elementary School regarding mastery of illustrated letter character stories. 2) The prototype that will be developed in the form of a pdf file with A4 paper size with 26 pages and 17 sheets. 3) The validity and practicality of the illustrated letter character story are declared valid and practical to be used in the Indonesian language subject of letter recognition for grade I students of SD YPK 10 Imanuel Kebar, based on an acceptability test that includes usability, feasibility, and accuracy. Keywords: Learning Media, Illustrated Letters, and Indonesian Language Learning. ABSTRAK Penelitian ini untuk bertujuan untuk mengetahui 1) gambaran kebutuhan siswa kelas I SD YPK 10 Imanuel Kebar terhadap penguasaan cerita tokoh huruf bergambar. 2) prototipe cerita tokoh huruf bergambar dalam pengenalan huruf. 3) validitas dan kepraktisan cerita tokoh huruf bergambar. Penelitian ini adalah pengembangandengan menggunakan tahapan penelitian dari Borg & Gall. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah dengan wawancara dan pengisian angket. Metode penelitian tentang pengembangan media cerita tokoh huruf dilakukan dengan menggunakan pendekatan “Penelitian dan Pengembangan” (Research and Development). Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Gambaran kebutuhan siswa kelas I SD YPK 10 Imanuel Kebar terhadap penguasaan cerita tokoh huruf bergambar. 2) Prorotipe yang akan di kembangkan dalam bentuk file pdf dengan ukuran kertas A4 dengan 26 halaman dan 17 lembar. 3) Validitas dan kepraktisan cerita tokoh huruf bergambar dinyatakan valid dan praktis yang akan digunakan dalam mata pelajaran bahasa indonesia pengenalan huruf bagi siswa kelas I SD YPK 10 Imanuel Kebar, berdasarkan uji akseptabilitas yang telah meliputi kegunaan, kelayakan dan ketepatan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Huruf Bergambar, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreni, N (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash C5S Untuk Smk Kelas XI Kompetensi Keahlian Adminis trasi Perkantoran pada Kompetensi Dasar Menguraikan Sistem Informasi Manajemen. Universitas Negeri Yogyakarta.

Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Libria, 9(1).

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsil, A. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 1-9.

Astia, Meri. 2020. Analisis Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan Di Kelas 1 SD Negeri 93 Palembang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dan Pendidikan Dasar. Vol 3 No 1 pp. 7-12 Maret 2020. P-ISSN 2655 E-2654-3109.

Batubara, H.H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd),4(1),15-29.

Budiman, Haris. 2016. Penggunaan Media Visual dalam Proses Pembelajaran. t.tp.: At-Tadzkiyya.

Buller, H., Hoggart, K. 1994a, New drugs for acute respiratory distress syndrome, New England J Med, 337(6) : 435–439.

Borg, W.R, Gall, M.D., and Gall, Joyce. 2015. Applying Educational Research : How to Read, Do, and Use Research to Solve Problems of Practise. Pearson Education

Dellya Halim, Ashlong, Parhehean, Munthe,.2019. Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9 (3)

Dian Indihadi (2019). Implementasi Proses Menulis Pada Ketrampilan Menulis Teks Deskripsi Tokoh Cerita Fiksi. Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

Fatria, Fita dan Lestari. 2017 Penerapan Media Pembelajaran Goggle Drive dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. UMN AL-Washliyah. Vol :, No.1

Fitria, F. J., Muflihah, S., & Zahra, S. F. (2023, July). Kampus Mengajar: Upaya Meningkatkan Literasi Dasar Di SD Inpres Yensoribo. In Seminar Nasional Pendidikan Muhammadiyah Manokwari (Vol. 1, No. 1).

Jumiatain, D(2020) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anaka Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Siliwangi Bandung

Nomleni, dkk. 2018. Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Universitas Kristen Artha Wacana-Kupang.

Pertiwi, M. W., & Sutama, M. (2023). ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, ISSN Cetak: 2477-2143 ISSN Online: 2548, 6950(08).

Purnanto, A. W., & Mustadi, A. (2016). Analisis kelayakan bahasa dalam buku teks tema 1 Kelas I sekolah dasar kurikulum 2013. Profesi Dasar. 3(2) 102 – 111. Retrivied from doi.org/10.23917/ppd. v3i2.2773.

Sari, S., Muflihah, S., & Zahra, S. F. (2023, July). Pojok Baca: Upaya Meningkatkan Literasi Siswa Di SD Inpres 59 Maitefa. In Seminar Nasional Pendidikan Muhammadiyah Manokwari (Vol. 1, No. 1).

Sudarmawan, 2013. Hubungan antara pengetahuan dan sikap mengenai pemilihan jajanan dengan perilaku anak memilih jajanan di SDN Sambikerep II/480 Surabaya.

Sugiyono, (2017). Pendidikan Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta, Bandung

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Widodo, S. A., & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. The Turkish Online Journal of Educational Technolog, XVII (1), 154.

Wirawan, dkk, 2016, Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan, e-Jurnal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Manajemen Vol 4

Zahra, S. F., Baharuddin, W., Muflihah, S., & Hasan, H. (2022). PELATIHAN CARA MUDAH MEMBACA YANG MENYENANGKAN MELALUI PHONOLOGICAL AWARENESS DI SD INPRES 111 ORANSBARI. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 250-258.

Zahra, S. F., & Sari, R. P. (2020). Development of Basic Communication Counseling Skills Video for PGSD Students of STKIP Muhammadiyah Manokwari. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 6(1).

Zahra, F. Siti, 2019. Pengembangan Vidio Ketrampilan Dasar Komunikasi Konseling Bagi Mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Manokwari. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling Volume 6 Nomor 1 June 2020 page 49-56 p-ISSN: 2443-2202 & e-ISSN: 2447-2518. https://ojs.unm.ac.id/jppk/issue/view/1068.

Wirawan, dkk, 2016, Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan, e-Jurnal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Manajemen Vol 4

Downloads

Published

2024-09-30