PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGFRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI KEUNIKAN KEBIASAAN MASYARAKAT DI SEKITARKU SISWA KELAS IV SDN CILAKU KOTA SERANG

Authors

  • Selly Melianda Universitas Bina Bangsa
  • Beni Junedi Universitas Bina Bangsa
  • Ratna Dewi Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33792

Keywords:

Quizizz, Learning Outcomes, Digital Media, Elementary Education.

Abstract

This study was conducted based on the problem of low communication skills among fourth-grade students at SDN Cilaku Kota Serang in the social studies subject "Unique Customs of the Community Around Me." This low skill level is thought to be influenced by the lack of use of interesting visual learning media in the learning process. The purpose of this study was to determine the effect of using infographics on improving students' communication skills. This study employed a quantitative approach with a pre-experimental design of the one- group pretest-posttest type. The research subjects consisted of 15 students selected through purposive sampling. The research instruments consisted of an essay test to measure students' communication skills and a questionnaire to collect their responses to the media used. The analysis results showed an improvement in communication skills after the use of infographic media, as indicated by the difference in pretest and posttest scores and moderate N-Gain scores. Additionally, student responses indicated that infographics facilitated understanding of the material and made learning more interesting. It can be concluded that infographic learning media proved to be effective in improving students' communication skills in the material on the uniqueness of the customs of the community around me, and the student response questionnaire met good criteria.

Downloads

Download data is not yet available.

References

antara kemampuan komunikasi siswa

sebelum dan sesudah pembelajaran

menggunakan media infografis.

Selain itu, peningkatan juga terlihat

pada keempat indikator kemampuan

komunikasi siswa, yaitu: (1)

mengeluarkan ide dan pemikiran

secara efektif, (2) mendengarkan

dengan efektif, (3) menyampaikan

informasi dengan baik, dan (4)

menggunakan bahasa yang baik dan

efektif. Media infografis membantu

siswa memahami materi dengan lebih

mudah, menyampaikan informasi

secara runtut, serta meningkatkan

kepercayaan diri dalam berbicara.

Tanggapan siswa terhadap

penggunaan media infografis dalam

pembelajaran sangat positif.

Sebagian besar siswa merasa

senang dan termotivasi saat

mengikuti pembelajaran

menggunakan infografis. Mereka

menilai media ini menarik,

memudahkan pemahaman materi,

dan meningkatkan keterlibatan

mereka dalam proses belajar.

Infografis juga memberikan

kesempatan kepada siswa untuk

lebih aktif dalam berdiskusi,

menyampaikan pendapat, serta

membuat dan mempresentasikan

informasi secara kreatif. Dengan

demikian, media infografis tidak

hanya efektif secara akademis, tetapi

juga berdampak pada peningkatan

motivasi dan partisipasi belajar siswa.

Berdasarkan dari kesimpulan

diatas, Oleh karena itu, beberapa

saran dapat diberikan. Yaitu bagi

guru, infografis sebaiknya tidak

digunakan secara tunggal, tetapi

dipadukan dengan metode

pembelajaran aktif seperti diskusi

kelompok atau presentasi agar siswa

lebih percaya diri dalam

menyampaikan ide. Bagi siswa,

media ini hendaknya dimanfaatkan

tidak hanya sebagai bahan belajar

visual, melainkan juga sebagai

sarana latihan untuk mengungkapkan

informasi secara lisan dan tulisan.

Bagi sekolah, diperlukan

dukungan berupa penyediaan

fasilitas serta pelatihan bagi guru

agar dapat mengembangkan

infografis yang lebih menarik dan

sesuai dengan kebutuhan siswa.

Sementara itu, bagi peneliti

selanjutnya, penelitian ini perlu

disempurnakan dengan melibatkan

sampel yang lebih luas,

menggunakan desain eksperimen

dengan kelompok kontrol, serta

memanfaatkan infografis digital

interaktif. Dengan perbaikan tersebut,

efektivitas media infografis dalam

meningkatkan keterampilan

komunikasi siswa diharapkan dapat

terlihat lebih optimal.

Hasil penelitian ini memberikan

beberapa implikasi penting bagi

pembelajaran di sekolah dasar. Bagi

guru, penggunaan media infografis

terbukti mampu meningkatkan

kemampuan komunikasi siswa,

sehingga guru diharapkan lebih

kreatif dalam memanfaatkannya pada

pembelajaran IPS. Media ini tidak

hanya membantu memperjelas

materi, tetapi juga mendorong siswa

untuk lebih percaya diri dan aktif saat

berdiskusi maupun presentasi.

Bagi siswa, infografis

memberikan kemudahan dalam

memahami informasi dan

Downloads

Published

2025-09-25