PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGFRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI KEUNIKAN KEBIASAAN MASYARAKAT DI SEKITARKU SISWA KELAS IV SDN CILAKU KOTA SERANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33792Keywords:
Quizizz, Learning Outcomes, Digital Media, Elementary Education.Abstract
This study was conducted based on the problem of low communication skills among fourth-grade students at SDN Cilaku Kota Serang in the social studies subject "Unique Customs of the Community Around Me." This low skill level is thought to be influenced by the lack of use of interesting visual learning media in the learning process. The purpose of this study was to determine the effect of using infographics on improving students' communication skills. This study employed a quantitative approach with a pre-experimental design of the one- group pretest-posttest type. The research subjects consisted of 15 students selected through purposive sampling. The research instruments consisted of an essay test to measure students' communication skills and a questionnaire to collect their responses to the media used. The analysis results showed an improvement in communication skills after the use of infographic media, as indicated by the difference in pretest and posttest scores and moderate N-Gain scores. Additionally, student responses indicated that infographics facilitated understanding of the material and made learning more interesting. It can be concluded that infographic learning media proved to be effective in improving students' communication skills in the material on the uniqueness of the customs of the community around me, and the student response questionnaire met good criteria.Downloads
References
antara kemampuan komunikasi siswa
sebelum dan sesudah pembelajaran
menggunakan media infografis.
Selain itu, peningkatan juga terlihat
pada keempat indikator kemampuan
komunikasi siswa, yaitu: (1)
mengeluarkan ide dan pemikiran
secara efektif, (2) mendengarkan
dengan efektif, (3) menyampaikan
informasi dengan baik, dan (4)
menggunakan bahasa yang baik dan
efektif. Media infografis membantu
siswa memahami materi dengan lebih
mudah, menyampaikan informasi
secara runtut, serta meningkatkan
kepercayaan diri dalam berbicara.
Tanggapan siswa terhadap
penggunaan media infografis dalam
pembelajaran sangat positif.
Sebagian besar siswa merasa
senang dan termotivasi saat
mengikuti pembelajaran
menggunakan infografis. Mereka
menilai media ini menarik,
memudahkan pemahaman materi,
dan meningkatkan keterlibatan
mereka dalam proses belajar.
Infografis juga memberikan
kesempatan kepada siswa untuk
lebih aktif dalam berdiskusi,
menyampaikan pendapat, serta
membuat dan mempresentasikan
informasi secara kreatif. Dengan
demikian, media infografis tidak
hanya efektif secara akademis, tetapi
juga berdampak pada peningkatan
motivasi dan partisipasi belajar siswa.
Berdasarkan dari kesimpulan
diatas, Oleh karena itu, beberapa
saran dapat diberikan. Yaitu bagi
guru, infografis sebaiknya tidak
digunakan secara tunggal, tetapi
dipadukan dengan metode
pembelajaran aktif seperti diskusi
kelompok atau presentasi agar siswa
lebih percaya diri dalam
menyampaikan ide. Bagi siswa,
media ini hendaknya dimanfaatkan
tidak hanya sebagai bahan belajar
visual, melainkan juga sebagai
sarana latihan untuk mengungkapkan
informasi secara lisan dan tulisan.
Bagi sekolah, diperlukan
dukungan berupa penyediaan
fasilitas serta pelatihan bagi guru
agar dapat mengembangkan
infografis yang lebih menarik dan
sesuai dengan kebutuhan siswa.
Sementara itu, bagi peneliti
selanjutnya, penelitian ini perlu
disempurnakan dengan melibatkan
sampel yang lebih luas,
menggunakan desain eksperimen
dengan kelompok kontrol, serta
memanfaatkan infografis digital
interaktif. Dengan perbaikan tersebut,
efektivitas media infografis dalam
meningkatkan keterampilan
komunikasi siswa diharapkan dapat
terlihat lebih optimal.
Hasil penelitian ini memberikan
beberapa implikasi penting bagi
pembelajaran di sekolah dasar. Bagi
guru, penggunaan media infografis
terbukti mampu meningkatkan
kemampuan komunikasi siswa,
sehingga guru diharapkan lebih
kreatif dalam memanfaatkannya pada
pembelajaran IPS. Media ini tidak
hanya membantu memperjelas
materi, tetapi juga mendorong siswa
untuk lebih percaya diri dan aktif saat
berdiskusi maupun presentasi.
Bagi siswa, infografis
memberikan kemudahan dalam
memahami informasi dan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.