INTEGRASI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN: PERSPEKTIF DAN TANTANGAN GURU DI SMPN 21 MATARAM

Authors

  • Haerani Universitas Mataram
  • Rispawati Universitas Mataram
  • Basariah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33819

Keywords:

Local Wisdom, Civics Education, Pancasila, Character Education, Contextual Learning

Abstract

This study aims to explore teachers’ perspectives and challenges in integratinglocal wisdom into Civics Education (PPKn) learning at SMPN 21 Mataram. Using aqualitative descriptive method, the research involved four informants: a Civicsteacher, the principal, the vice principal of curriculum and students. Data werecollected through interviews, observation and documentation and analyzed usingMiles, Huberman and Saldana’s interactive model. The findings indicate thatteachers perceive local wisdom as essential for contextualizing PPKn learning andstrengthening students’ character values. Local traditions such as Bau Nyale andPeresean were integrated as learning resources to internalize Pancasila values.However, challenges include limited teaching materials, time constraints and thedifficulty of aligning all PPKn topics with local cultural contexts. The studyconcludes that integrating local wisdom enriches Civics Education but requiresadequate support, innovative strategies and collaborative efforts.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erlande, R. (2024). Akselerasi

Pendidikan Karakter Melalui

Integrasi Kearifan Lokal dalam

Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan. Jurnal

Humaniora dan Civic

Engagement, 2(1), 5832.

https://doi.org/10.33830/jhce.v2i1.

5832

Fauzi, S. (2022). Perspektif adalah:

Konsep Kompleks dalam

Memahami Dunia. Anjir Muara.

https://anjirmuara.baritokualakab.

go.id/perspektif-adalah/

Fauziah, P. N., Sumardi, L., Fauzan,

A., & Zubair, M. (2023).

Eksplorasi Potensi Kearifan Lokal

Sasak Sebagai Sumber Belajar

PPKn Sekolah Menengah

Pertama Kelas IX. Pendas: Jurnal

Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2),

2443–2453.

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9

861

Hamnur, F., & Letasado, M. R.

(2022). Pengembangan Bahan

Ajar Mata Pelajaran PKn

Berbasis Saintifik Tema Indahnya

Keragaman di Negeriku pada

Peserta Didik Kelas IV di Sekolah

Dasar. Prosiding Seminar

Nasional Ilmu Sosial, Sains dan

Teknologi, 1(1), 1–7.

Hasyim, R., & Umar, S. H. (2019).

Peranan guru PPKn dalam

Mengembangkan Model

Pembelajaran (Bahan Ajar) Abad

21 di SMP Negeri 2 Kota Ternate.

Jurnal Geocivic, 2(1).

https://doi.org/10.33387/geocivic.

v2i1.1469

KBBI. (2024). Perspektif dan

Tantangan. Kamus Besar Bahasa

Indonesia (edisi daring).

https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Mandasari, R. (2022). Pengertian

Tantangan dan Contohnya dalam

Kehidupan. Liputan6.

https://www.liputan6.com/hot/rea

d/4898615/pengertian-tantangan-

dan-contohnya-dalam-kehidupan

Nadlir, M. (2014). Urgensi

Pembelajaran Berbasis Kearifan

Lokal. Jurnal Pendidikan Agama

Islam (Journal of Islamic

Education Studies), 2(2), 299-

330.

Santoso, R., & Wuryandani, W.

(2020). Pengembangan bahan

ajar PPKn berbasis kearifan lokal

guna meningkatkan ketahanan

budaya melalui pemahaman

konsep keberagaman. Jurnal

Ketahanan Nasional, 26(2), 229–

248.

https://doi.org/10.22146/jkn.5692

6

Saputra, A., Rafsanjani, M. A.,

Kaharap, Y., Siyono, & Bakri, A.

A. (2024). Pentingnya

Keberlanjutan Kearifan Lokal

dalam Era Globalisasi. Journal of

Education and Humanities, 7(1).

https://doi.org/10.31958/jeh.v7i1.

10565

Sari, I. (2023). Mempertahankan

Kearifan Lokal MelaluiPendidikan: Kajian Filsafat

Pendidikan dalam Konteks

Masyarakat Mamasa. OSF

Preprints.

https://doi.org/10.31219/osf.io/5h

6su

Sulianti, A., Mega Safitri, R., &

Gunawan, Y. (2019).

Implementasi Pendidikan

Kewarganegaraan Berbasis

Kearifan Lokal dalam

Membangun Karakter Generasi

Muda Bangsa. Integralistik, 30(2),

20871.

https://doi.org/10.15294/integralis

tik.v30i2.20871

Sumardi, L., Mustari, M., Herianto, E.,

Fauzan, A., & Kurniawansyah, E.

(2022). Ethnocivic: Eksplorasi

Potensi Kearifan Lokal Sasak

sebagai Sumber Belajar PPKn

Sekolah Menengah Atas Kelas

XII. Journal of Classroom Action

Research, 5(2), 237–242.

https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.

2289

Undang-Undang Nomor 20 Tahun

2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional

Yuliatin, Y., Jahiban, M., & Haslan, M.

M. (2019). Pembelajaran PPKn

berbasis kearifan lokal untuk

internalisasi nilai karakter. Jurnal

Pendidikan dan Pengabdian

Masyarakat, 2(4).

https://doi.org/10.29303/jppm.v2i

4.1513

Yuliatin, Y., Haslan, M. M.,

Sawaludin, S., & Basariah, B.

(2021). Kurikulum PPKn dan

Peluang Pengembangan

Pendidikan Karakter Berbasis

Kearifan Lokal. Prosiding

SAINTEK, 3, 471–482.

Yuliatin, Y., Rispawati, R., & Haslan,

M. M. (2023). Pengembangan

Bahan Ajar Berbasis Kearifan

Lokal Sebagai Upaya Penguatan

Karakter Siswa (Pendampingan

guru PPKn di SMPN 21

Mataram). Jurnal Pengabdian

Inovasi Masyarakat Indonesia,

2(1), 59–64.

https://doi.org/10.29303/jpimi.v2i1

.2093

Yuliatin, Sawaludin, S., & Jahiban, M.

(2023). Peluang Pelaksanaan

Pendidikan Karakter Berbasis

Kearifan Lokal dalam

Pembelajaran PPKn (Penyuluhan

pada Guru PPKn SMP dan MTs

di Kota Mataram). Jurnal

Pengabdian Magister Pendidikan

IPA, 6(1), 340–347.

https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i

1.3321

Downloads

Published

2025-09-26