ANALISIS PENGUASAAN FONOLOGI DAN LEKSIKON ANAK USIA 4-5 TAHUN DI MANOKWARI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i01.33845Keywords:
Mastery of phonology; Lexicon; Children aged 4-5 years; Development; LanguageAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penguasaan aspek fonologi dan leksikon pada anak usia 4–5 tahun di salah satu PAUD di Distrik Manokwari Barat, menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek utama adalah anak taman kanak-kanak kelompok A, dengan guru dan kepala sekolah sebagai informan pendukung. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan fonologi dan leksikon anak berada dalam tahap berkembang, dengan variasi individu yang dipengaruhi oleh intensitas interaksi verbal dan stimulasi lingkungan. Secara fonologis, anak-anak sudah mampu melafalkan sebagian besar bunyi vokal dan konsonan dasar, meskipun masih ditemukan kesalahan seperti elisi, substitusi, dan adisi pada bunyi kompleks. Penguasaan leksikon tercermin dari kemampuan menyebutkan nama benda, aktivitas, warna, dan hewan yang akrab. Penelitian ini juga menemukan adanya sinergi antara aspek fonologi dan leksikon, di mana anak yang memiliki artikulasi lebih baik cenderung menguasai kosakata yang lebih luas dan mampu membentuk frasa sederhana. Kesimpulannya, perkembangan bahasa anak usia dini bersifat simultan antara kemampuan mengucapkan bunyi bahasa dan penguasaan makna kata, yang keduanya sangat dipengaruhi oleh kualitas lingkungan verbal. Implikasinya, diperlukan stimulasi bahasa yang kaya dan kontekstual, serta kerja sama yang erat antara PAUD dan keluarga agar perkembangan bahasa anak berlangsung optimal.Downloads
References
Afrianti, I., Wahyuni, N., & Rusdin, R. (2022). Pembelajaran berbasis lingkungan untuk menambah penguasaan leksikon bahasa Inggris mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(2), 118–125. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i4.97
Ahadiani, L., Wahyuningsih, W., & Puspitasari, D. (2022). Pemerolehan fonologi dan leksikon terhadap perkembangan bahasa anak usia 3.5–4.5 tahun di PAUD Taman Posyandu Pelita Hati Magetan: Kajian psikolinguistik. Shambhasana: Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 30–40. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/Shambhasana/article/view/3153
Ainie, I., & Ingrida, R. N. (2021). Strategi penguasaan makna leksikon meishi kategori gutaitekina mono oleh tokoh Yotsuba. Ayumi: Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra, 8(2), 156–174. https://doi.org/10.25139/ayumi.v8i2.4068
Apriani, T., Santoso, A. B., & Puspitasari, D. (2019). Pemerolehan fonologi dan leksikon pada anak usia 3.6 tahun: Kajian psikolinguistik. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 9–17. http://dx.doi.org/10.25273/widyabastra.v7i1.4531
Aristanto, & Darsinah. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Lentera Arfak: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 46–51. Retrieved from https://jurnaljpsla.umpb.ac.id/index.php/LenteraArfak/article/view/9
Cahyono, B. E. H., & Sawitri, D. A. (2024). Pemerolehan aspek leksikon dan struktur kalimat bahasa Indonesia: Sebuah studi kasus anak Naya di Ponorogo. Jurnal Onoma: Pendidikan, 10(3), 3144–3162. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4062
Chaer, A. (2015). Psikolinguistik: Kajian teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.
Diari, K. P. Y., & Sunaryana, I. M. (2020). Perbandingan kemampuan anak usia 3 tahun dalam penguasaan bahasa Bali sebagai sarana komunikasi (kajian psikolinguistik). Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 1–9. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:224865570
Eriyanti, R. W., Syariffudin, K. T., Datoh, K., & Yuliana, E. (2020). Linguistik umum. Ponorogo: Penerbit Uwais Inspirasi Indonesia.
Firdaus, N. M., Utami, S., & Huda, N. (2020). Pemerolehan bahasa anak usia 03–05 tahun di RT 02 Desa Tambak Oso Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Widyabastra, 8(2), 110–119. https://doi.org/10.25273/WIDYABASTRA.V8I2.8113
Hadi, S., Rijal, S., & Hanum, I. S. (2019). Pemerolehan bahasa kedua pada siswa kelas III SDN 011 Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara: Kajian psikolinguistik. Jurnal Ilmu Budaya, 3(3).
Ingrida, R. N., & Ainie, I. (2023). Strategi penguasaan makna leksikon meishi pada anak berusia 5 tahun. Akira: Jurnal Kajian Bahasa dan Pembelajarannya, 1(1), 115–125. https://doi.org/10.25139/akira.v1i1.5966
Karimah, I., & Komalasari, D. (2019). Literasi pemerolehan bahasa kedua dalam perkembangan bahasa anak usia 5–6 tahun (studi kasus di TK ABA 45 Lamongan). PAUD Teratai, 8(1), 1–5.
Miftahunnur, M. (2016). Kemampuan fonologi dan leksikon pada anak autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Selatan Kota Makassar [Skripsi, Universitas Negeri Malang]. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12793
Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhibullah, M., Nur, M. S., Wahyuni, A., Winararningsih, U., & Wahyuningsih, R. (2021). Pendidikan anak prasekolah. Edu Publisher.
Mubarrok, H., Suharto, T., & Puspitasari, D. (2020). Penguasaan aspek fonologi dan leksikon anak penyandang tunagrahita di SLB Dharma Wanita. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 40–47. http://dx.doi.org/10.25273/widyabastra.v8i01.6764
Muslim, B., & Rahmawati, S. (2018). Interferensi fonologi dan leksikon bahasa Malaysia dalam berbahasa Indonesia pada tindak tutur mantan tenaga kerja Indonesia di Kabupaten Lombok Timur. Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan, 3(2), 233–241. https://orcid.org/0000-0002-4344-0933
Raharjo, M., & Nursalim, M. P. (2020). Pemerolehan bahasa pada tataran fonologi dan semantik (studi kasus Adrian). Pena Literasi, 3(2), 79–89. https://doi.org/10.24853/pl.3.2.79-89
Rizki, E. L. (2022). Analisis pemerolehan bahasa keseharian pada anak: Sebuah kajian psikolinguistik [Skripsi, Universitas Diponegoro].
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutama. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, PTK, mix method, R & D. Sukoharjo: CV Jasmine.
Wahyu Pertiwi, M., Tadzkiroh, U., Sumardjoko, B., & Ghufton, A. (2023). The Analysis Of Implementation Of The Independent Curriculum In Elementary Schools. Perspektif Ilmu Pendidikan, 37(2), 158–163. https://doi.org/10.21009/PIP.372.9
Wijayanti, L. M. (2021). Penguasaan fonologi dalam pemerolehan bahasa (studi kasus pada anak usia 1.5 tahun): Mastery of phonology in language acquisition: A case study of child aged 1.5. Absorbent Mind, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v1i1.783
Wulandari, D. I. (2018). Pemerolehan bahasa Indonesia anak usia 3–5 tahun di PAUD Lestari Desa Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 74–83. https://doi.org/10.30651/lf.v2i1.1346
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.