Kepemimpinan Karismatik dan Dinamika Sosial di Madrasah: Loyalitas Bawahan dan Iklim Kerja dalam Perspektif Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33857Keywords:
Kepemimpinan karismatik, loyalitas bawahan, madrasah, pendidikan Islam, iklim kerjaAbstract
Kepemimpinan karismatik menjadi isu penting dalam kajian pendidikan Islam karena kemampuannya dalam membangun kepercayaan, loyalitas, serta iklim kerja yang kondusif di madrasah. Latar belakang penelitian ini didasari oleh kebutuhan lembaga pendidikan untuk menghadapi tantangan globalisasi, perkembangan teknologi, serta perubahan sosial yang menuntut kepemimpinan visioner dan inspiratif. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis bagaimana kepemimpinan karismatik berperan dalam membentuk loyalitas bawahan dan memperkuat iklim sosial madrasah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur dari berbagai hasil penelitian relevan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pemimpin karismatik dengan visi yang kuat, komunikasi inspiratif, serta keteladanan mampu meningkatkan motivasi guru, memperkuat komitmen emosional, dan membangun suasana kerja harmonis. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa loyalitas bawahan tidak hanya ditentukan oleh kompensasi material, tetapi juga oleh kepuasan kerja, budaya organisasi, serta persepsi positif terhadap kepemimpinan. Selain itu, iklim kerja madrasah terbukti berfungsi sebagai variabel mediasi yang memperkuat hubungan antara kepemimpinan dan loyalitas. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya peran kepala madrasah dalam menerapkan kepemimpinan karismatik yang selaras dengan nilai-nilai Islam, disertai sistem organisasi yang transparan, adil, dan partisipatif, sehingga tercipta iklim kerja positif yang mendukung peningkatan mutu pendidikan.Downloads
References
Alda Novita Rahmatillah & Abdurrahman, 2023, Manajemen Komunikasi untuk Membentuk Iklim Kerja Efektif OSIM Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 5 Nomor 6 Desember 2023, 2549-2557 DOI :https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5823.
Ali Mustofa (2021) Madrasa Teachers’ Views on School Climate in East Jawa, Volume 45, Number 2 July-December, Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman DOI: http://dx.doi.org/10.30821/miqot.v45i2.856.
Amzah, M., Lailatul Husna, & Miftahurrahmah. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menerapkan Nilai dan Perilaku Islami terhadap Loyalitas Guru di KB Kapalo Koto Padang Pariaman. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1). DOI: 10.30983/al-marsus.v2i1.8509
Ayu Lestari, Ferry Heryadi, Iswahyu Pranawukir, Samuel PD Anantadjaya, Afif Alfiyanto, (2023), Charismatic Leadership of School Principals: Systematic Literature Review Analysis, Jurnal Sustainable Vol 6 No 2, 890-899, DOI: https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.4502.
Bass, B. M. (1990). From transactional to transformational leadership: Learning to share the vision. Organizational Dynamics, 18(3), 19–31.
Chairunnisa Sagala , Candra Wijaya, Khairuddin 2025, Pengaruh Iklim Kerja terhadap Semangat Kerja Guru di MAN 1 Medan, Jurnal Budi Pekerti Agama Islam Volume 3, Nomor 3, Juni 2025, 149-164, DOI: https://doi.org/10.61132/jbpai.v3i3.1198.
Eka Susi Sulistyowati, Hamruni, Rasidin (2022), Strategi Elaborasi Kepemimpinan Karismatik dalam Pendidikan Islam terhadap Generasi Intelektual Indonesia Abad 21, EUTAGOGIAJurnal Islamic of Education Vol. 2 No. 2, 219–231 DOI: https://doi.org/10.14421/hjie.2022.22-06.
Hildayati, (2024), The Influence of Principal Instructional Leadership, School Climate, and Work Motivation on Teacher Professionalism in Public High Schools throughout Barito Kuala Regency, EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, Vol. 4 No. 1 53–67 https://doi.org/10.35877/454RI.eduline2377.
Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (2013). Educational administration: Theory, research, and practice (9th ed.). New York: McGraw-Hill.
Izzati, U. A., Handayaningrum, W., & Prabandini Mulyana, O. (2025). Examining the Impact of Organizational Culture on Teachers’ Loyalty in Vocational High Schools. South Eastern European Journal of Public Health, Volume XXVI, 1525-1536. https://doi.org/10.70135/seejph.vi.4147.
Kurniawan, S.F., Humairoh, W. B., & Asy’ari, H. (2024). Dampak Kepemimpinan Karismatik Dalam Transformasi Lembaga Pendidikan Islam : Analisis Efektivitas Dan Tantangan. Manajerial : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(4), 215-227. DOI: https://doi.org/10.51878/manajerial.v4i4.3955.
Liza Agustin, Sri Wahyu Lelly Hana Setyanti, Lilik Farida, & Purnamie Titisari. (2024). Charismatic Leadership in Character Education of Generation Z of Islamic Boarding School Indonesia. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 8(7), 1801–1812. DOI: https://dx.doi.org/10.47772/IJRISS.2024.8080220.
Lutfia Richa Ayu Mustika, Yudhistira Megaputra, & Soedjono Soedjono, 2025, The Influence of Organizational Climate and Job Satisfaction on Teachers’ Work Stress in Private Islamic Schools, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 12No. 3: July2025 724-733 DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v12i3.16136.
Luthans, F. (2015). Organizational behavior: An evidence-based approach (13th ed.). New York: McGraw-Hill Education.
Maulana, R., El Hida, R., Moh. Fahri Ramdani, & Sunimah, S. (2024). Making Employee Loyalty: Impact Of Leadership And Job Satisfaction. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences, 3(6). https://doi.org/10.55227/ijhess.v3i6.1133
Mestika Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2014.
Nazir, Muhammad. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia, 2017.
Nur Hariadi, Bambang Sumardjoko, Maryadi (2024), Charismatic Leadershipin Improving The Quality of Resources in Islamic Boarding School, Kharisma: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol. 3 Issue 2 83–96 DOI: https://doi.org/10.59373/kharisma.v3i2.42.
Purnomo, E. N., Supriyanto, A., Mustiningsih, & Dami, Z. A. (2023). The Effectiveness of Principal Leadership Styles in Crisis Management. Pedagogika, 141(1), 5–25, DOI: https://doi.org/10.15823/p.2021.141.1.
Riyadi, S., Hasibuan, P. W. H., Sudadi, S., Hanim, S. A., & Faulina, R. (2023). The Role of Compensation and Work Environment on Loyalty of Islamic Private School Teachers. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.55352/mudir.v5i2.597.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational behavior (17th ed.). New Jersey: Pearson.
Schein, E. H. (2016). Organizational culture and leadership (5th ed.). San Francisco: Jossey-Bass.
Suwarga, G., Rahman, T., & Bintarti, S. (2024). The Influence of Education and Training and Compensation on Teacher Performance Mediated by Loyalty. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(SpecialIssue), 286-295. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10iSpecialIssue.8520
Syam, H. M., & Susanto, A. (2021). Charismatic Leadership and Teacher Performance in Islamic Schools. Journal of Educational Management, 12(2), 145–156. https://doi.org/10.21831/jem.v12i2.35210.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.