PENGARUH MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 2 KARANG SARI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33877Keywords:
Learning outcomes, Team games tournament model, flipchart media, mathematicsAbstract
The problem of this research is the low mathematics learning outcomes of students, and educators have not implemented the Team games tournament (TGT) model. The purpose of this study was to determine the effect of the Team games tournament (TGT) model assisted by flipchart media on mathematics learning outcomes of grade IV of Elementary School 2 Karang Sari. This type of research uses quantitative research with a quasi-experimental method and a research design using a pretest posttest control group design. The research sample was students in grade IV of Elementary School 2 Karang Sari with a total of 19 students. The research sampling technique used a purposive sampling technique. The data analysis technique used a simple linear regression test, obtained F count of 1998.329> Ftable 4.45 with a significant value of 0.000 < 0.05. The results of the study are that there is an influence of the Team games tournament (TGT) model assisted by flipchart media on the learning outcomes of mathematics in grade IV of SD Negeri 2 Karang Sari.Downloads
References
Achriyati, S., Yuliana, R., & Nulhakim, L. 2022. Pengembangan Media Flip Chart Terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1249. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8611
Agustira, S., & Rahmi, R. 2022. Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tingkat SD. Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72–80. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6267
Agustryani, R., Nur Herliana, M., & Soraya, N. 2020. Pengaruh Model Team Game Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Responsibility siswa dalam Pembelajaran Penjas Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya. Jendela Olahraga, 05(1), 30–34.
Aldino Santoso, F., Kristen Satya Wacana, U., & Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F. 2020. Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Pembelajaran Siswa SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). https://edukatif.org/index.php/edukatif/indeks
Arifudin, O. 2021. Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Dalam Jurnal Al-Amar (JAA) (Vol. 2, Nomor 1).
Arikunto, S. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Bumi Aksara, Ed.).
Augina, A., Program, M., Ilmu, S., Masyarakat, K., Kedokteran, F., Kesehatan, I., Jambi, U., Letjend, J., No, S., 33, T., & Pura, J. 2020. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Dalam Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat (Vol. 12).
Azhar, H., Sadar, M., Lhaura Van Fc, L., Pratama Putra, P., Lancang Kuning, U., & Yos Sudarso, J. K. 2022. Penerapan Metode Dokumentasi Untuk Monitoring Logbook dan Presensi Mahasiswa Kerja Praktek di Politeknik Negeri Bengkalis. 7(2), 2022.
Bayu Ahyar, D., Butsi Prihastari, E., & Rahmadsyah. 2021. Model-Model Pembelajaran (F. Sukmawati, Ed.).
Bukhari. 2022. Model Teams Games Tournament. Jurnal Eksperimental, 11(1), 18.
Dewi Kurnia Sari, R. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Miningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Miftahul Ulum Kraton Pada Tema 6. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1).
Diah, R., & Siregar, N. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Modifikasi Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. 4, 1033–1042. http://jurnaledukasia.org
Diana, O., Putri, N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. 2022. Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Dalam JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora (Vol. 2, Nomor 2). https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
Djamaluddin, A., & Wardana. 2019. Belajar Dan Pembelajaran.
Efendy, A. 2021. Perbandingan Pembelajaran Matematika Secara Daring dan Pembelajaran Matematika Secara Luring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTS Guppi Pagar Alam. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/indeks
Erviani, I., Hambali, H., & Thahir, R. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Berbantuan Media Kokami Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa.
Fahrurrozi, M., Suparmanto, Alparizi, S., & Mardawiah, M. 2023. Media Flipchart dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab: Tinjauan Masalah di MTS Sabilal Muhtadin. 2.
Faizah, H., & Kamal, R. 2024. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–476. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6735
Febriyani, Wulansari, D., Jurnal, H., Nursela, N., Rarasati, I. P., & Kameluh Agustina, D. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Bangun Ruang untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 1(3).
Festiawan, R. 2020. Belajar dan Pendekatan Pembelajaran.
Jannah, M., Husniati, A., & Sirajuddin. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 89–98. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i2.172
Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574
Kusumaningrum, N., Ismanto, B., Profesi, P., Universitas, G., & Wacana, K. S. 2023. Implementasi Model TGT Berbantuan Media Gayang sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPAS Kelas V Sekolah Dasar.
Kuswendi, U. 2022. Pembelajaran Pecahan Senilai melaui Teori Dienes di Kelas IV SDN 195 Isola Kota Bandung. Journal of Elementary Education, 05, 3.
Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. 2023. Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT, 02(05). https://lipi.go.id/id/
Listiana, Y., Dani Septiyan, G., & Siliwangi, I. 2021. Creative of Learning Students Elementary Education Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament Berbasis Online di masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 04, 3.
Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. 2021. Analisis Validitas, Reliabilitas, Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. Dalam BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 3, Nomor 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Magdalena, I., Nurchayati, A., Uyun, N., & Rean, G. T. 2023. Implikasi Teori Psikologi Kognitif dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Al-DYAS, 2(3). https://doi.org/10.58578/aldyas.v2i3.1465
Marfu, S. 2022. Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Muhammad. 2020. Pemanfaatan Media Display pada Proses Pembelajaran. https://ullilfahri.skb.ovh/
Muncarno. 2017. Cara Mudah Belajar Statistik Pendidikan (Muncarno, Ed.).
Nabillah, T., & Abadi, A. P. 2019. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar.
Nasruddin. 2019. Penerapan Metode TGT (Team Game Tournament) Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Bandar Baru. Dalam Jurnal Sains Riset ISSN 2088-0952| (Vol. 9, Nomor 1).
Novia Pitriani, N., Noviati, P. R., & Juanda, R. Y. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbasis Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian di Sekolah Dasar: Vol. I (Nomor 1). https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/pi-math
Nuralan, S., Ummah, K., & Haslinda. 2022. Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi di SD Negeri 5 Tolitoli. 1.
Patonah, S., & Miftakhul Jannah, F. 2024. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flip Chart untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Kelas IV Sekolah Dasar. Dalam Ainara Journal (Vol. 5, Nomor 4). http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj
Perwita Sari, S., & Aprilia, S. 2020. Penggunaan Metode Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Dalam Educational Journal of Elementary School (Vol. 1). http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/EJoES/indeks
Pradita, E., Megawanti, P., & Indraprasta PGRI, U. 2023. Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Fungsi Distraktor PTS Matematika SMPN Jakarta. Dalam Original Research.
Pratamawati, M. H. S., Hidayat, T., Ibrahim, M., & Hartatik, S. 2021. Hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3270–3278. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1331
Priyatna, F., & Wiguna, W. 2020. Mobile Game Pembelajaran Matematika Dasar Menggunakan Construct 2 di SDN Sasaksaat (Vol. 1, Nomor 1). http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti
Rahman, S. 2021. Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar.
Rani, D. E. 2022. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Basicedu, 6(4), 6068–6077. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3146
Rinaldi, A., Novalia, & Syazali, M. 2021. Statistika Inferensial untuk Ilmu Sosial dan Pendidikan. Penerbit IPB Press.
Sadrina, Setiawan, Z., & Anna Lastya, H. 2021. Penerapan TGT (Team Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 2 Sigli (Vol. 05, Nomor 2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jee
Santoso, E., & Dwi Pamungkas, M. 2021. Teori Behaviour (E.Throndike) dalam Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. PRISMA, 4, 174–178. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Savira Maulidya, N., & Nugraheni, E. A. 2021. Analisis Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Ditinjau dari Self Confidence. 05(03), 2584–2593.
Simarmata, N. N., Sulistya Wardani, N., & Prasetyo, T. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Toleransi dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD (Vol. 3, Nomor 1). https://jbasic.org/index.php/basicedu
Sintia, I., Danil Pasarella, M., & Andi Nohe, D. 2022. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, dan Aplikasinya Terbitan II.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Alfabeta, Ed.).
Sukenda Egok, A. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3430
Sutiana, Wardiah, D., & Amirudin. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 223 Palembang.
Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, A., & Husni, A. 2023. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 72–77. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.111
Syarif, N., Syahrir, M., & Nurhasanah. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VII SMPN 25 Makassar. 6.
Tri Anggini, I., Clara Riana, A., Suryani, D., & Wulandari, R. 2022. Pengelolaan Kurikulum dan Pembelajaran. Dalam Jurnal Multidisipliner KAPALAMADA |Vol 1 (Vol. 3).
Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. 2021. Pengembangan instrumen tes untuk mengukur higher order thinking skills (HOTS) berorientasi programme for international student asessment (PISA) pada peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069
Umar, M. 2021. Implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 5(2), 140–147. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i2.154
Wibowo, D. C., Ocberti, L., Gandasari, A., Stkip Persada, K., & Sintang, I. 2021. Studi Kasus Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika di SD Negeru 01 Nanga Merakai. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/indeks
Widiyanto, I. P., & Wahyuni, T. E. 2020. Implementasi Perencanaan Pembelajaran. 4. https://doi.org/https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v4i2.607
Widodo, S., Ladyani, F., & Asrianto, L. O. 2023. Buku Ajar Metode Penelitian.
Yulia, A., Juwandani, E., & Mauliddya, D. 2020. Model Pembelajaran Kooperatif Learning.
Zahrani, N. 2019. Pengembangan Media Flipchart Bertemakan Kelestarian Alam untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Naturalistik Anak Usia Dini di TK IT Zia Salsabila Medan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.