EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO VISUAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VI SD NEGERI LOSARI KIDUL 01

Authors

  • Siti Hinggih Arum Puspita Universitas Muhadi Setiabudi
  • Didik Tri Setiyoko Universitas Muhadi Setiabudi
  • Diah Sunarsih Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33915

Keywords:

media video visual, minat belajar, hasil belajar, Bahasa Indonesia.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang cenderung membosankan karena didominasi metode ceramah dan buku teks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video visual terhadap peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri Losari Kidul 01. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen menggunakan model Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI, dengan jumlah sampel 36 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa angket minat belajar dan tes hasil belajar, yang divalidasi dan reliabel untuk mengukur perubahan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video visual secara signifikan berpengaruh positif terhadap minat dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan skor rata-rata minat serta nilai hasil belajar pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, media video visual terbukti efektif sebagai alternatif strategi pembelajaran yang dapat menciptakan suasana belajar lebih menarik, meningkatkan partisipasi aktif siswa, dan mendukung pencapaian hasil belajar yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awang, R. E. A. (2019).

Pemanfaatan video

pembelajaran untuk

meningkatkan pemahaman

materi ajar. Nama Jurnal,

volume(nomor), halaman–

halaman. https://doi.org/xxxx

Dwitayanti, N., dkk. (2013).

Perbedaan gaya belajar siswa

dan implikasinya dalam

pembelajaran. Nama Jurnal,

volume(nomor), halaman–

halaman. https://doi.org/xxxx

Kusumadewi, E. S., & Fitrianti, N.

(Tahun). Penggunaan mediaaudio-visual dalam

meningkatkan minat dan

pemahaman siswa. Nama

Jurnal, volume(nomor),

halaman–halaman.

https://doi.org/xxxx

Sin Vuspa, L. (2017). Pengaruh

penggunaan media video

pembelajaran terhadap minat

belajar siswa. Nama Jurnal,

volume(nomor), halaman–

halaman. https://doi.org/xxxx

Undang-Undang Republik Indonesia

Nomor 20 Tahun 2003 tentang

Sistem Pendidikan Nasional.

(2003). Lembaran Negara

Republik Indonesia Tahun 2003

Nomor 4301.

Downloads

Published

2025-09-30

Most read articles by the same author(s)