EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO VISUAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VI SD NEGERI LOSARI KIDUL 01
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33915Keywords:
media video visual, minat belajar, hasil belajar, Bahasa Indonesia.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik 
pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang cenderung membosankan karena 
didominasi metode ceramah dan buku teks. Tujuan penelitian ini adalah untuk 
mengetahui efektivitas penggunaan media video visual terhadap peningkatan minat 
dan hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri Losari Kidul 01. Metode penelitian 
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain 
quasi eksperimen menggunakan model Nonequivalent Control Group Design. 
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI, dengan jumlah sampel 36 siswa 
yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian 
berupa angket minat belajar dan tes hasil belajar, yang divalidasi dan reliabel untuk mengukur perubahan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian 
menunjukkan bahwa penggunaan media video visual secara signifikan 
berpengaruh positif terhadap minat dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari 
peningkatan skor rata-rata minat serta nilai hasil belajar pada kelas eksperimen 
dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, media video visual terbukti efektif 
sebagai alternatif strategi pembelajaran yang dapat menciptakan suasana belajar 
lebih menarik, meningkatkan partisipasi aktif siswa, dan mendukung pencapaian 
hasil belajar yang lebih baik.
Downloads
References
Awang, R. E. A. (2019).
Pemanfaatan video
pembelajaran untuk
meningkatkan pemahaman
materi ajar. Nama Jurnal,
volume(nomor), halaman–
halaman. https://doi.org/xxxx
Dwitayanti, N., dkk. (2013).
Perbedaan gaya belajar siswa
dan implikasinya dalam
pembelajaran. Nama Jurnal,
volume(nomor), halaman–
halaman. https://doi.org/xxxx
Kusumadewi, E. S., & Fitrianti, N.
(Tahun). Penggunaan mediaaudio-visual dalam
meningkatkan minat dan
pemahaman siswa. Nama
Jurnal, volume(nomor),
halaman–halaman.
Sin Vuspa, L. (2017). Pengaruh
penggunaan media video
pembelajaran terhadap minat
belajar siswa. Nama Jurnal,
volume(nomor), halaman–
halaman. https://doi.org/xxxx
Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional.
(2003). Lembaran Negara
Republik Indonesia Tahun 2003
Nomor 4301.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 
							
















