Tantangan dan Solusi Penguatan Nilai Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34021Keywords:
Tantangan, Solusi, Pendidikan Karakter, Era DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai tantangan dan menemukan solusi dalam menanamkan pendidikan karakter di era digital. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif melalui pendekatan naturalistik. Teknik pengumpulan data meliputi survei, wawancara, observasi, dan studi pustaka. Proses analisis dilakukan berdasarkan enam tahapan analisis Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan digital menghadirkan dua sisi: tantangan dan peluang dalam memperkuat pendidikan karakter. Era digital terbukti mampu mendukung implementasi pendidikan karakter, tetapi di saat yang sama, memunculkan isu-isu etika yang harus dikelola dengan tepat. Tantangan yang dihadapi antara lain menjaga keseimbangan pemanfaatan teknologi, isu keamanan dan keselamatan di dunia maya, kasus perundungan digital, praktik sexting, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Peran pembuat kebijakan pendidikan sangat krusial dalam merancang strategi pembelajaran karakter berbasis digital yang konsisten dan berkelanjutan. Namun, implementasinya menghadapi kendala seperti pengaruh budaya global, pemahaman guru yang terbatas tentang Pancasila, dan kurangnya fasilitas pendukung. Oleh karena itu, kolaborasi antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat sangat diperlukan. Kajian ini menegaskan bahwa internalisasi nilai-nilai Pancasila di era digital harus dilakukan melalui strategi yang komprehensif dan berkelanjutan agar mampu menjawab tantangan perkembangan teknologi.
Downloads
References
Al Faruq, U., Arifuddin, N., Ma’arif, A. S., & Husniyah, F. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Panca Jiwa Di Pesantren: Strategi Dan Tantangan Dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 10(1), 1–18. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatunaDOI:https://doi.org/10.55187/tarjpi.v10i1.6105
Annur, P. A., Susanti, E., & Gera, I. G. (2023). Urgensi Pendidikan Moral Sekolah Dasar dalam Membentuk Karakter Religius di Era Digital menurut Henry Alexis Rudolf Tilaar. Jurnal Edukasi, 1(3), 271–287. https://doi.org/10.60132/edu.v1i3.182
Arifin, B., Salim, A. N., Muzakki, A., Suwarsito, & Arifudin, O. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/12108/8200
Arifin, N. (2025). Pendidikan Karakter di Era Digital. https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/download/1386/1376
Fitriyani, H. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Tantangan dan Solusi. Jurnal Ilimiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 15(1), 72–86. https://doi.org/10.25130/sc.24.1.6
Gunawan, I. (2024). Pendidikan Karakter, Tantangan dan Solusi di Era Globalisasi. Jurnal: Pendidikan Dan Pembelajaran, 159–172. https://modernis.co/pendidikan-karakter-tantangan-dan-solusi-di-era-globalisasi/27/03/2020/
Harizi, R., Arya Wijaya, R., Trinadi, P., Saputra, A. C., & Jananda, B. (2025). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Karakter di Sekolah: Implementasi dan Tantangan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 02(4), 1268–1272. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15
Hasniati, Khofifathul Mashfufah, Tobi Alfirdo, & Puspika Sari, H. (2025). Tantangan Dan Strategi Dalam Pendidikan Karakteristik Islam di Era Digital. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 349–358. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.932
I’tikaf, M. A. (2024). AL MIKRAJ Integrasi Teknologi dalam Pendidikan Karakter: Membangun Generasi Berkarakter di Era Digital. Al-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 5(1), 1837–1847.
Kurniawan, M. R., Rianto, S., Dahlan, U. A., Ki, J., Pemanahan, A., & Yogyakarta, N. (2021). INTEGRASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DI SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 5, 872–882. https://www.academia.edu/download/87497601/655.pdf
Kusuma, B. N., Nur, A., Arif, I., & Raditya, A. (2025). Jurnal Penelitian Nusantara Problematika Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Di Era Globalisasi Digital Di Sekolah Dasar Menulis : Jurnal Penelitian Nusantara. Jurnal Penelitian Nusantara, 1, 432–437. https://padangjurnal.web.id/index.php/menulis/article/download/289/283
Maharani, R. C. (2025). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Tantangan dan Peluang di Era Modern. JIMAD: Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 3(1), 37–52. https://doi.org/10.61404/jimad.v3i1.360
Maisy, A. W., Irma Nur Rahmawati, Primayeni, S., & Sari, H. P. (2025). Membangun Karakter Islami di Era Digital: Tantangan dan Solusi. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 567–573. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.940
Mustamiin, M. Z. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar di Era Modernisasi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 64–69. https://ejurnal.mmnesia.id/index.php/PENDAS/article/download/56/34
Nurhabibi. (2025). Strategi Lembaga Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.59818/jpi.v5i2.1527
Purnomo, S. A. (2021). Tantangan Pendidikan Karakter di Era Digital: Sinergi Keluarga dan Sekolah Dalam Menghadapi Pengaruh Teknologi. Journal of Islamic Studies, 21(2), 167–186. https://doi.org/10.47466/hikmah.
Rezeki, U. S. (2023). Penguatan Peran Guru SD Dalam Pendidikan Karakter Melalui Digitalisasi Media Ajar PPKN Berbasis Lingkungan Sekolah. Jurnal Penabdian Masyarakat, 2(1), 61–70. http://portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem/index.php/
Sagala, K. P. (2024). Tantangan Pendidikan Karakter di Era Digital. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 06(1), 1–8. https://jurnal.umnu.ac.id/index.php/kst/article/download/1006/412
Salsa, N., Herlini Puspika Sari, & Siti Fatimah. (2025). Pendidikan Karakter di Era Digital: Tantangan dan Strategi dalam Membentuk Generasi Berakhlak Mulia. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(3), 194–206. https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i3.1099
Sari, N. K., & Puspita, L. D. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(1), 9–17. https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.182
Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603
Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117–6131. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177
Syukriady, D., Febianto, D., Mamonto, S., & ... (2023). Tantangan Guru Bahasa Indonesia Di Era Tranformasi Digital Dan Teknologi Berkelanjutan Dalam Mewujudkan Peserta Didik Yang Berkarakter Kuat Positif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 6921–6930. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4339%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/4339/3104
Urfa, M., Fitri, R. R., Herda, S. N., Putra, M. J. A., & Sari, M. Y. (2024). Kendala dan Solusi Guru dalam Penerapan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Tengah Tantangan Global. ANTHOR: Education and Learning Journal, 3(4), 24–30. https://doi.org/10.31004/anthor.v3i4.331
Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 176–194. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						
















