PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TINGKAT PENDIDIKAN DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34084Keywords:
Teaching Materials, Student Worksheets, Contextual Teaching and Learning (CTL), Science.Abstract
Penelitian ini tujuannya untuk mengembangkan LKPD berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada tingkat sekolah dasar, menguji validitas LKPD, mengevaluasi kelayakan produk dengan tanggapan siswa serta guru terhadap LKPD, serta mengukur efektivitas produk LKPD berbasis CTL pada mata pelajaran IPA, terkhusus fotosintesis, untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menerapkan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi lima tahap utama: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, serta Evaluasi. Hasil memberitahukan jika LKPD yang dikembangkan mencukupi kriteria validitas, dengan persentase 91,6% dari ahli materi serta 94,9% dari ahli media, keduanya diklasifikasikan sebagai “Sangatlah Valid”. Selain itu, LKPD mendapat tanggapan positif dari murid dalam uji coba ukuran kecil senilai 89,7% serta dalam uji coba ukuran besar senilai 91,7%, serta tanggapan dari guru senilai 91,6%, yang semuanya diklasifikasikan sebagai “Sangatlah Praktis”. Selain itu, analisis hasil pretest serta posttest memakai perhitungan N-Gain menghasilkan skor 0,73, yang masuk pada kategori “Tinggi”, serta persentase 73%, yang diklasifikasikan sebagai “Cukup Efektif”. Dengan demikian, bisa menyimpulkan jika LKPD berbasis CTL yang dikembangkan sudah mencukupi standar validitas, kepraktisan, serta efektivitas, hingganya layak dipakai sebagai bahan ajar dalam tahapan pembelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar, terkhusus pada materi fotosintesis.
Downloads
References
Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61–70. https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.3023
Afandi, M. S., Zain, M. I., Khair, B. N., Tahir, M., Hakim, M., & Handika, I. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik eksploratif berbasis contextual untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 92–105. https://jurnal.educ3.org/index.php
Aprilia, D. A., Zuliani, R., Rini, C. P., & Unaenah, E. (2020). Pengembangan Lks Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sdn Pondok Pucung 01 Kota Tangerang Selatan. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 2(1), 52–61. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2931
Dewi, S. E. K., & Pertiwi, R. P. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 SD/MI dengan Metode Iqro di Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Purwodadi Belitang Mulya OKU Timur. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1(1), 11–15. https://doi.org/10.30599/jimi.v1i1.427
Febriyani, E., Nugraha, M. F., & Hendrawan, B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Neng ODEL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. PeDaPAUD: Jurnal Pendidikan Dasar Dan PAUD, 2(3), 104–109. https://doi.org/10.47165/pedapaud.v2i3.507
Hariyati, D. P., & Rachmadyanti, P. (2022). Pengembangan bahan ajar berbasis Liveworksheet untuk siswa sekolah dasar kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7), 1473–1483. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47566
Khalim, A. (2023). Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 21(1), 65–86.
Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (2020). Efektivitas Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 317–323. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p317-323
Lely, F. N. (2024). Pengembangan LKPD Perubahan Cuaca dan Pengaruhnya Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Nasution, A. F., & Yusnaldi, E. (2024). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning ( CTL ) Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Peserta Didik di Kelas IV MIS Mutiara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2937–2950. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.934
Ningrum, S. N. K., & Winarsih. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Sub-Materi Interaksi antar Komponen Ekosistem. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(3), 406–413. https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n3.p406-413
Nirmayani, L. H. (2022). Kegunaan Aplikasi Liveworksheet Sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-Guru SD di Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid 19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 9. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2295
Rahmawati, N. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Di SMP Negeri 9 Metro. Doctoral Dissertation, IAIN Metro, 1–126.
Rokma, A. (2024). Pengaruh Penerapan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Mengenal Bangun Datar Di Kelas 1 SDN 187 Pekanbaru. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(1), 31–36. https://doi.org/https://doi.org/10.62567/micjo.v1i1.5
Sarni, E., Helminsyah, & Junita, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran IPA Materi Siklus air Kelas V SDN 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2).
Sugianto, R., Kulsum, U., & Hasbullah. (2020). Penggunaan Media Komik Pada Materi Akidah Akhlak Dalam Peningkatan Motivasi Belajar. Geneologi PAI. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 95–103. https://doi.org/https://doi.org/10.32678/geneologipai.v7i2.3677
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Alfabeta.
Susilawati, W. O. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4922–4938. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2909
Wandriyati, E., & Amini, R. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Cartoon Story Maker Berbasis Networked di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 10288–10297. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4876
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















