NILAI-NILAI SOSIAL DALAM BUDAYA SUNGAI BANJARMASIN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34156Keywords:
budaya sungai, nilai sosial, pembelajaran IPS, Sekolah DasarAbstract
Kota Banjarmasin dikenal sebagai Kota Seribu Sungai, di mana sungai tidak hanya berfungsi sebagai jalur transportasi, tetapi juga sebagai pusat kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menyingkap nilai-nilai sosial yang lahir dari budaya sungai, memahami bagaimana nilai tersebut membentuk perilaku masyarakat, sekaligus mengeksplorasi potensinya dalam pendidikan formal, khususnya pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan Teknik observasi dan wawancara mendalam terhadap masyarakat yang hidup dan sehari-hari beraktivitas di sekitar sungai. Hasil penelitian menemukan bahwa sungai tidak hanya dipandang sebagai sumber penghidupan, tetapi juga sebagai ruang pendidikan nilai, tempat generasi muda belajar tanggung jawab, gotong royong, dan kesadaran ekologis. Integrasi budaya sungai ke dalam pembelajaran IPS terbukti mampu memperkaya pengalaman belajar siswa secara kontekstual sekaligus menanamkan karakter ekologis yang relevan dengan agenda global pembangunan berkelanjutan. Artikel ini menawarkan perspektif baru: sungai bukan hanya warisan budaya, melainkan juga sarana pendidikan strategis untuk menumbuhkan generasi yang peduli pada lingkungan dan identitas lokalnya.Downloads
References
Arianto, D. D., & Ponimin, P. (2025). Representasi Pasar Terapung Lok Baintan dalam Karya Lukis Tekstur. Journal of Language Literature and Arts, 5(6), 710–727. https://doi.org/10.17977/um064v5i62025p710-727
Aryani, I. K., & Kertopati, R. B. W. (2024). Local wisdom tradition of maintenance of the upstream river. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 10(2), 439. https://doi.org/10.29210/020243945
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706QP063OA
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design (international student edition). Choosing among five approaches. SAGE Publications. https://books.google.com/books/about/Qualitative_Inquiry_and_Research_Design.html?hl=id&id=gX1ZDwAAQBAJ
Geria, I. M., Handini, R., Purwanti, E., Juliawati, N. P. E., Wibowo, U. P., Arsana, I. G. K. D., Suparta, I. W., Simanjuntak, T., Sofian, H. O., Nastiti, T. S., Sudiartha, G. A. W., & Kurniadi, A. P. (2025). The decline of local wisdom in managing the Wain River protected forest near Indonesia’s new capital city buffer zone. PLOS ONE, 20(9), e0333008. https://doi.org/10.1371/JOURNAL.PONE.0333008
Hairunisa. (2022). Nilai Sosial Mengawah Tradisi Gotong Royong Orang Banjar. Pusat Publikasi S-1 Pendidikan IPS FKIP ULM 12, 1(1), 1–12.
Imron, M., & Sudiyono. (2022). Surutnya Transportasi Sungai Di Banjarmasin Kalimantan Selatan Dan Permasalahannya. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 24(1), 1–14. https://doi.org/10.55981/jmb.1276
Jasmine, L. F., Saharuddin, Murdianto, & Abdulkadir, M. (2023). Perilaku Masyarakat Adat terhadap Kearifan Lokal dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam (Kasus: Masyarakat Adat Baduy). Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 7(2), 249–265. https://doi.org/10.29244/jskpm.v7i2.951
Kiptiah, M. (2023). Developing Social Skills in Early Childhood: A Study of Riverside Communities in Banjarmasin, Indonesia. Society, 11(2), 687–696. https://doi.org/10.33019/society.v11i2.590
Listiyani, N., & Nopliardy, R. (2024). Study Of Community Legal Culture From The Perspective Of River Maintenance In Banjarmasin City. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 5(6), 1009–1014. https://doi.org/10.51601/ijersc.v5i6.895
Nidia Suriani, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.30640/jmcbus.v2i1.1998
Nowell, L. S., Norris, J. M., White, D. E., & Moules, N. J. (2017). Thematic Analysis: Striving to Meet the Trustworthiness Criteria. International Journal of Qualitative Methods, 16(1). https://doi.org/10.1177/1609406917733847/ASSET/E3E580C8-AF29-4F8E-A810-D37473EEEE85/ASSETS/IMAGES/LARGE/10.1177_1609406917733847-FIG4.JPG
Oktavian, C. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Kepedulian Peserta Didik Terhadap Lingkungan. Jurnal Geografi Gea, 15(2), 15–30. https://doi.org/10.17509/gea.v15i2.3544
Permata, C., Ayu Larasati, Meira Lalia Ayuningtyas, Azzahra Aulia Kresna Putri, & Aurell Valentdava Wahyudi. (2024). Analisis Potensi dan Kemajuan dalam Pengelolaan Air Bersih dan Sanitasi Berkelanjutan (SDGs 6) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 25(01), 16–24. https://doi.org/10.21009/plpb.v25i01.40440
Permatasari, T., Titisari, P. W., Elfis, & Zen, I. S. (2024). Cultural Heritage and Sustainable River Management: Incorporating Local Wisdom in Subayang River, Indonesia. Journal of Sustainability Science and Management, 19(4), 135–150. https://doi.org/10.46754/jssm.2024.04.011
Prastitasari, H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Pendikatan Kontekstual pada Materi Bangun Datar untuk Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1607–1613.
Prastitasari, H. (2019a). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 83–88.
Prastitasari, H. (2019b). PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL. -, 5(1), 83–88. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/802
Prastitasari, H., annisa, muhsinah, sari, raihanah, Prasetyo, A. R., Jannah, F., & habibi, habibi. (2022). PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL LAHAN BASAH BAGI GURU SD NEGERI PEMURUS 2 KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN SELATAN. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 11(3), 266–274. https://doi.org/10.24114/ESJPGSD.V11I3.26938
Prihandoko, Y., Prastitasari, H., Fendrik, M., & Istianah, T. N. (2023). Implementation of the PREMIER model based on river area to improve fourth-grade students’ mathematical problem-solving ability. Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education, 6(1), 27–38. https://jtlee.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTLEE/article/view/7955
Salsabela, W., Ade, M., Putri, T., Noviyanti, S., Bulian, K. M., & Batanghari, K. (2025). Integrasi Pendidikan Lingkungan dan Kearifan Lokal dalam Era Society 5 . 0 untuk Menumbuhkan Kesadaran Global dan Cinta Budaya pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 10(2), 134–146.
Sari, R., Syadzali, A., Jannah, F., & Prasitasari, H. (2022). PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI LINGKUNGAN LAHAN BASAH BAGI GURU SD NEGERI Raihanah Sari, Ahmad Syadzali, Fathul Jannah, Herti Prasitasari. Elementary School Journal Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 12(2), 142–147. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i2.2849
Sofiyani, W. I., Mansyur, M., & Effendi, R. (2023). Perkembangan Rumah Lanting di Kelurahan Seberang Mesjid Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin Tahun 2015-2020. Prabayaksa: Journal of History Education, 3(2), 86. https://doi.org/10.20527/pby.v3i2.10232
Syahwiah, A., Sapiddin, A., & Khaerulnisa, K. (2023). Kebijakan Ketersediaan Air Bersih Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (Sdgs) Di Indonesia. Konferensi Nasional Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara Dan Hukum Administrasi Negara, 1(1), 269–292. https://doi.org/10.55292/x4d3ad96
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.