ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Lusi Aprilia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Reksa Adya Pribadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Trian Pamungkas Alamsyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34250

Keywords:

tingkat konsentrasi, hasil belajar, peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat konsentrasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar pada pembelajaran matematika. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan metode korelasional. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui tes soal matematika dan penyebaran angket kepada responden yang kemudian dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana, uji koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi. Lokasi pelaksanaan penelitian ini di SDN Sindangmandi Kabupaten Serang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sensus yaitu keseluruhan peserta didik kelas IV sehingga banyaknya sampel pada penelitian ini sebanyak 48 responden. Hasil pengujian regresi linier sederhana didapatkan Fhitung 75,21 ≥ Ftabel 4,05 dengan persamaan Y = 0,68 + 0,62X. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara tingkat konsentrasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar. Sedangkan hasil pengujian koefisien korelasi didapatkan nilai Rxy sebesar 0,79 dimana berdasarkan tabel kriteria penentuan besaran koefisien korelasi berada di tingkat “kuat”, serta didapatkan nilai koefisien determinasi sebesar 62% yang menunjukkan besaran kontribusi pengaruh antara tingkat konsentrasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Chyquitita, T. (2018). Pengaruh Brain Gym terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas XI IPA dalam Pembelajaran Matematika di SMA XYZ Tangerang. Vol. 14 (1). Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pelita Harapan.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Rawamangun: PT. Bumi Aksara.

Djamarah, S. B. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pratiwi & Laksmiwati. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Negeri “X”. Jurnal Psikologi Teori & Terapan. 7(1).

Prihandoko, A. C. (2006). Memahami Konsep Matematika Secara Benar Dan Menyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Depdiknas.

Purba, L. S. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12.

Purnasari, N. (2021). Metodologi Penelitian. Depok: Guepedia.com.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ramadhani, R. dan Bina, N. S. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS Edisi Pertama. Jakarta: KENCANA.

Riduwan. (2012). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riyanto, S., dan Hatmawan, A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Sleman: CV Budi Utama.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif Quantitative Research Approach. Sleman: DEEPUBLISH.

Runtukahu dan Kandou. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-ruz Media.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar - Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sarmanu. (2017). Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Statistika. Surabaya: Airlangga University Press.

Sati, L., & Sunarti, V. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Di Lkp Hazika Education Center. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (Pls), 9(4).

Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siyoto, D. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Sudarmo, E. (2021). Desain Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosydakarya.

Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabeta.

Suherman, E. dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.

Wahjusaputri, S & Purwanto, A. (2022). Statistika Pendidikan: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media.

Widiasworo, E. (2019). Menyusun Penelitian Kuantitatif Untuk Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Araska.

Yarissumi, (2017). “Hubungan Antara Konsentrasi Belajar Peserta Didik Dengan Keaktifan Belajarnya Pada Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Happy Course”. Kolikium jurnal pendidikan luar sekolah. Vol. 5 No.2.

Yeni, F. (2018). Penelitian Pendidikan. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Downloads

Published

2025-11-11