PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VI B SDN 67 PEKANBARU

Authors

  • Liza Lestari Universitas Riau
  • Jesi Alexander Alim Universitas Riau
  • Zetra Hainul Putra Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34276

Keywords:

Learning Media, Educational Technology, Indonesian Language Learning, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VI B SDN 67 Pekanbaru. Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar memiliki peranan yang sangat penting bagi pengembangan keterampilan berbahasa baik membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI B dengan jumlah 18 siswa di SDN 67 Pekanbaru. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal melalui aplikasi Quiziz. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data meliputi uji normalitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 72,78 menjadi 86,39 setelah penggunaan media berbasis teknologi. Kesimpulannya, penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VI B SD Negeri 67 Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Azhar, A. (2016). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Dhella et al.,(2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(3), 391-397.

Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94-104.

Hapsari, G. P. P. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva pada Pembelajaran IPA. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(1), 22-29.

Humairoh (2023). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendiddikan Islam (JIPPI). 1 (1), 1-12.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. Cambridge: Cambridge University Press.

Nurfadillah Septy et al., (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Pinang 1. BINTANG: Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(1), 153-163.

Permendikbudristek No 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Sadiman, A. S. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.

Sari Rahma Hani & Yatri Ika , (2023). Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 159-166.

Sari, V. K., Rusdiana, R. Y., & Putri, W. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva bagi guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3).

Selwyn, N. (2011). In Praise of Pessimism-the need for Negativity in Educational Technology. British Journal of Educational Technology, 42(5), 713-718.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Susilo Vebrianto Sigit, (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2).

Tullah, N. H., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2022). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Pengaruh Penggunaan Video Animasi terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 3 Rumak Tahun Ajaran 2021 / 2022.

Widiastuti et al., (2024). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Dikdatika: Jurnal Kependidikan, 13(001).

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102-118.

Yusufhadi, M. (2011). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2025-12-24