Representasi Nasionalisme Dalam Kegiatan Soft Selling Produk Sasa Rendang Pada Konten Youtube Kimbab Family

Authors

  • Ananda Silfi program_studi_ilmu_komunikasi_universitas_bina_sarana_informatika
  • Robbikal Muntaha Meliala Universitas Bina Sarana Informatika, Program Studi Ilmu Komunikasi
  • Teguh Tri Susanto Universitas Bina Sarana Informatika, Program Studi Ilmu Komunikasi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34367

Keywords:

Representasi, Nasionalisme, semiotik, soft selling, youtube

Abstract

YouTube telah menjadi media komunikasi visual yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan termasuk mempromosikan produk dan menyebarkan nilai-nilai budaya. Salah satu konten yang memanfaatkan pendekatan tersebut adalah video Kimbab Family berjudul “Masak Rendang Untuk Teman Dekat Suami Di Korea!!” menjadi contoh yang menarik dalam hal ini. Dalam video tersebut memperlihatkan bagaimana nasionalisme digambarkan melalui aktivitas soft selling yang dikemas dalam kehidupan sehari-hari, melalui simbol kuliner Indonesia yaitu rendang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana representasi nasionalisme ditampilkan dalam kegiatan soft selling produk Sasa Rendang pada konten YouTube Kimbab Family. Metode analisis yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan kajian semiotik Charles Sanders Peirce melalui tiga elemen: sign, objek, dan interpretant. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana media digital seperti YouTube dapat menjadi sarana efektif dalam menyampaikan nilai-nilai nasionalisme melalui pendekatan soft selling yang dikemas secara halus dan emosional.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Robbikal Muntaha Meliala, Universitas Bina Sarana Informatika, Program Studi Ilmu Komunikasi

Dosen di Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Universitas Bina Sarana Informatika

Teguh Tri Susanto, Universitas Bina Sarana Informatika, Program Studi Ilmu Komunikasi

Dosen di Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Universitas Bina Sarana Informatika

References

Faizaty, N. E., & Laili, R. (2021). Dampak Softselling Dalam Digital Marketing Pada Pengambilan Keputusan Pembelian (Studi Pada Platform Grup Facebook Jago Jualan). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 4(1), 47.

Nofiasari, W., Rusdin, F. R., Yusanto, Y., Putri, I. G. A. A. A., Rahmat, F. N., Yulianto, A., Prasetyo, N. R., Ramadhani, M. M., Ramonita, L., & Pratiwi, C. P. (2024). Strategi Komunikasi Digital (E. Damayanti (ed.); Issue October). Widina Media Utama.

Pambudi, F. B. S. (2023). Buku Ajar Semiotika (P. A. Wibowo (ed.); Edisi 1, C). UNISNU Press.

Social, W. A. (2025). Digital 2025: Laporan lengkap tren digital global. https://wearesocial.com/id/blog/2025/02/digital-2025/

Utomo, A., Andadinata, M. A., & Widhiandono, D. (2023). Analisis Kualitas Konten YouTube Berdasarkan Kolom Komentar dari Channel YouTube Baim Paula. RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi, 3(3).

Wibowo, C., Sudarmanti, R., & Sukmawati, D. (2023). Strategi Komunikasi YouTuber Membangun Kredibilitas di Kalangan Produsen (Studi Kasus YouTuber Panji Petualang dalam Endorse Produk Madu Kembang Joyo). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(4), 1744–1762.

Downloads

Published

2025-10-29