PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGGULANGI DEKADENSI MORALITAS SISWA DI UPT SD 343 GRESIK DUSUN COKEL DESA PATARSELAMAT
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34385Keywords:
Dekadensi moral, guru PAI, keteladanan, pendidikan karakter, siswa SDAbstract
Penelitian ini mengkaji peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanggulangi dekadensi moralitas siswa di UPT SD Negeri 343 Gresik, Dusun Cokel Desa Patar Selamat, bermula dari kenyataan bahwa modernisasi dan akses teknologi telah memicu pergeseran nilai terlihat dari ucapan tidak sopan kepada guru, ketidakpatuhan terhadap aturan, hilangnya semangat belajar, dan perkelahian antar siswa. Tujuan penelitian adalah menggambarkan kondisi moral siswa, mengidentifikasi faktor penyebab, serta menganalisis strategi guru PAI dalam menanggulanginya. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan dengan purposive sampling; data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru PAI, guru kelas, dan beberapa siswa, serta dokumentasi. Hasil pembahasan menunjukkan guru PAI menjalankan empat strategi utama: pembinaan intensif dan cepat tanggap terhadap gejala pelanggaran, komunikasi dan kerja sama aktif dengan sekolah dan orang tua, peran sebagai motivator untuk menumbuhkan semangat belajar, dan keteladanan yang mengintegrasikan ajaran agama ke dalam perilaku sehari-hari. Temuan penelitian menegaskan bahwa intervensi guru efektif apabila didukung kesinambungan peran keluarga dan pengendalian akses media digital. Implikasi penelitian menyarankan penguatan program pendidikan karakter berbasis PAI, peningkatan keterlibatan orang tua, alokasi waktu agama yang lebih memadai, serta pengembangan literasi digital untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang membentuk akhlak mulia pada peserta didik.
Downloads
References
Adam Hasyim, M. Mahbub AI Basyari, Ernawati, Amir Syaripudin, Neli Puswanti, F. D. A. (2025). Pendidikan Islam di Era Society 5.0: Perspektif Nurcholish Madjid dalam Dinamika Kontemporer. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 305–320.
Afif, M. (2021). Peran Pendidik Dakam Mengatasi Dekadensi Moral di SMP AN-Nur. Al-Allam Jurnal Pendidikan, 2(1), 27–39. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alallam/about/contact P-ISSN:
Aisyah, N. N., & Fitriatin, N. (2025). Krisis Moral dan Etika di Kalangan Generasi Muda Indonesia dalam Perspektif Profesi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 329–337. https://doi.org/10.53299/jppi.v5i1.908
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Azani, Z. N. A. dan M. Z. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Islami di SMA Muhammadiyah PK Kotta Barat Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2057.
Bahri, S. (2025). Hukum Islam sebagai Instrumen Mengatur Pergaulan dengan Lawan Jenis untuk Menguatkan Karakter Islami di Era Digital. Journal Islamic Education and Law, 1(3), 152–160.
Br.Sinulingga, S. P., & Nasution, M. I. P. (2024). Analysis of Challenges and Opportunities in the Development of Information and Communication Technology in the Digital Era: Future Perspective. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(12), 25–35. https://doi.org/10.61722/jiem.v2i12.3018
Deli Saputra, J. A. P. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Karakter pada Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Multazam JMPA, 3(2), 167–186.
Hajriyah, H. B. (2020). Modernisasi Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. MOMENTUM : Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 9(1), 42–62. https://doi.org/10.29062/mmt.v9i1.64
Haniyyah, Z. (2021). Peran guru pai dalam pembentukan karakter islami siswa di SMPN 03 Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 75–86. https://stituwjombang.ac.id/jurnalstit/index.php/irsyaduna/article/view/259
Hasan, S. (2024). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Manajemen Pendidikan Islam Untuk Menghadapi Krisis Moral Generasi Z. Journal Of Social Science Research Volume, 4, 4949–4958. file:///C:/Users/Hype GLK/Downloads/4949-4958.pdf
Ihsan, F. A., Lestari, A. D., Ratih, I. S., Fitri, F., & Korespondensi, E. P. (2025). Kelemahan dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Indonesia : Penyebab dan Solusi. Journal Of Innovative Research, 02, 262–274.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, & Mustabsyirah. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37. homepage: https://www.journal.iel-education.org/index.php/JIDeR
Maros, F., Julian, E., Ardi, T., & Ernawati, K. (2016). Penelitian Lapangan (Field Research). Ilmu Komunikasi, 25.
Miftahul Jannah. (2023). Analisis Faktor Penyebab Degradasi Moral Sopan Santun Pada Siswa Kelas V Sd X Guguk Malalo. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(3), 48–55. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v3i01.1592
Mumtahanah. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa The Role of Islamic Education Teachers in Mitigation Student Deviant Behavior Mumtahanah Sekolah Tinggi Agama Islam DDI Maros Abstrak. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 20–36.
Ni’mah, N. J., Listo, H. S., & Astuti, N. Y. (2025). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Peserta Didik melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Karakter Islami. Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 43–58. https://doi.org/10.24260/ngaji.v4i1.72
Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41129
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.
Setiawan, F., Hutami, A. S., Riyadi, D. S., Arista, V. A., & Al Dani, Y. H. (2021). Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 1–22. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2809
Sihab, W., & Achmad, M. (2025). Relevansi sistem pendidikan nasional dalam pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 237–249.
Syarif, N. Q. (2025). Dekadensi Moral Siswa Sekolah : Telaah Faktor , Dampak , dan Solusi Pendidikan Karakter. Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Dasar (JTPD), 2(2), 19–28.
Ulfah, M. (2020). DIGITAL PARENTING: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital?. Edu Publisher.
Wijayanti, I. (2021). Kemerosotan Nilai Moral Yang Terjadi Pada Generasi Muda Di Era Modern. Sustainability (Switzerland), 17, 302.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.