TANTANGAN DAN FAKTOR PENDUKUNG IMPLEMENTASI APLIKASI ABSENSI SIKAP DI SD NEGERI 011 SAMARINDA SEBERANG

studi kasus

Authors

  • Siti Rahmita Rahmita Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Fathan Gustiawan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nopian Nur Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sudadi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34393

Keywords:

sistem informasi manajemen, absensi digital, implementasi kebijakan, tantangan implementasi, tata kelola pendidikan

Abstract

Transformasi digital dalam tata kelola pendidikan mendorong Dinas Pendidikan Kota Samarinda mengimplementasikan aplikasi absensi SIKAP secara menyeluruh di semua SD Negeri. Penelitian kualitatif dengan desain studi kasus ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam tantangan dan faktor pendukung dalam implementasi aplikasi (SIKAP) di SD Negeri 011 Samarinda Seberang. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan sembilan informan (kepala sekolah, guru, staf TU, dan operator sekolah), observasi proses absensi, dan studi dokumen, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik model Miles dan Huberman. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tantangan implementasi bersifat multidimensional, meliputi: (1) aspek teknis-infrastruktur berupa ketidakstabilan sinyal internet dan kesenjangan kemampuan perangkat; (2) aspek sumber daya manusia berupa kecemasan teknologi dan resistensi pasif di kalangan guru senior; serta (3) aspek komunikasi kebijakan berupa sosialisasi yang terbatas pada aspek teknis. Di sisi lain, faktor pendukung utama terletak pada komitmen dan keteladanan kepemimpinan sekolah (digital leadership), peningkatan akuntabilitas dan transparansi data kehadiran, serta pencapaian efisiensi administratif yang signifikan. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan implementasi kebijakan teknologi terpusat tidak hanya bergantung pada kesempurnaan sistem, tetapi lebih pada kapasitas adaptasi di tingkat sekolah dimana kepemimpinan lokal berperan sebagai katalisator krusial. Implikasi dari temuan ini merekomendasikan perlunya pendekatan yang holistik yang memadukan pembenahan infrastruktur, penguatan kapasitas SDM melalui pelatihan berkelanjutan, dan sosialisasi yang komprehensif bagi semua pemangku kepentingan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nopian Nur, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Transformasi digital dalam tata kelola pendidikan mendorong Dinas Pendidikan Kota Samarinda mengimplementasikan aplikasi absensi SIKAP secara menyeluruh di semua SD Negeri. Penelitian kualitatif dengan desain studi kasus ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam tantangan dan faktor pendukung dalam implementasi aplikasi (SIKAP) di SD Negeri 011 Samarinda Seberang. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan sembilan informan (kepala sekolah, guru, staf TU, dan operator sekolah), observasi proses absensi, dan studi dokumen, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik model Miles dan Huberman. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tantangan implementasi bersifat multidimensional, meliputi: (1) aspek teknis-infrastruktur berupa ketidakstabilan sinyal internet dan kesenjangan kemampuan perangkat; (2) aspek sumber daya manusia berupa kecemasan teknologi dan resistensi pasif di kalangan guru senior; serta (3) aspek komunikasi kebijakan berupa sosialisasi yang terbatas pada aspek teknis. Di sisi lain, faktor pendukung utama terletak pada komitmen dan keteladanan kepemimpinan sekolah (digital leadership), peningkatan akuntabilitas dan transparansi data kehadiran, serta pencapaian efisiensi administratif yang signifikan. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan implementasi kebijakan teknologi terpusat tidak hanya bergantung pada kesempurnaan sistem, tetapi lebih pada kapasitas adaptasi di tingkat sekolah dimana kepemimpinan lokal berperan sebagai katalisator krusial. Implikasi dari temuan ini merekomendasikan perlunya pendekatan yang holistik yang memadukan pembenahan infrastruktur, penguatan kapasitas SDM melalui pelatihan berkelanjutan, dan sosialisasi yang komprehensif bagi semua pemangku kepentingan.

Sudadi, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Transformasi digital dalam tata kelola pendidikan mendorong Dinas Pendidikan Kota Samarinda mengimplementasikan aplikasi absensi SIKAP secara menyeluruh di semua SD Negeri. Penelitian kualitatif dengan desain studi kasus ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam tantangan dan faktor pendukung dalam implementasi aplikasi (SIKAP) di SD Negeri 011 Samarinda Seberang. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan sembilan informan (kepala sekolah, guru, staf TU, dan operator sekolah), observasi proses absensi, dan studi dokumen, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik model Miles dan Huberman. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tantangan implementasi bersifat multidimensional, meliputi: (1) aspek teknis-infrastruktur berupa ketidakstabilan sinyal internet dan kesenjangan kemampuan perangkat; (2) aspek sumber daya manusia berupa kecemasan teknologi dan resistensi pasif di kalangan guru senior; serta (3) aspek komunikasi kebijakan berupa sosialisasi yang terbatas pada aspek teknis. Di sisi lain, faktor pendukung utama terletak pada komitmen dan keteladanan kepemimpinan sekolah (digital leadership), peningkatan akuntabilitas dan transparansi data kehadiran, serta pencapaian efisiensi administratif yang signifikan. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan implementasi kebijakan teknologi terpusat tidak hanya bergantung pada kesempurnaan sistem, tetapi lebih pada kapasitas adaptasi di tingkat sekolah dimana kepemimpinan lokal berperan sebagai katalisator krusial. Implikasi dari temuan ini merekomendasikan perlunya pendekatan yang holistik yang memadukan pembenahan infrastruktur, penguatan kapasitas SDM melalui pelatihan berkelanjutan, dan sosialisasi yang komprehensif bagi semua pemangku kepentingan.

References

Ariatpi, F., & Ismatullah, A. (2025). Dampak Implementasi Sistem Informasi Manajemen terhadap Kualitas Layanan Administrasi Pendidikan: The Impact of Management Information System Implementation on the Quality of Educational Administration Services. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 253–272.

Azisyah, N. (2024). PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, KEMUDAHAN, DAN KEAMANAN TERHADAP NIAT WAJIB PAJAK DALAM PEMBAYARAN PAJAK MENGGUNAKAN QRIS= The Effect of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and Security on Taxpayers Intentions to Pay Taxes Use QRIS. Universitas Hasanuddin.

Damayanti, R. W., Haryono Setiadi, S. T., Rizky, D. L., Amanda Syifa Ariqoh, S. T., & Rias Ramawati, S. E. (t.t.). Adopsi Teknologi Dengan Pendekatan Manajemen Proyek. Deepublish.

FECIRA, D., & ABDULLAH, T. M. K. (2020). Analisis penerimaan e-learning menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(04), 35–50.

Gerungan, G., Lengkong, V. P., & Trang, I. (2024). Analisis Absensi Digital dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai di Sekretariat DPRD Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 12(4), 568–575.

Ghassaani, N., Maghfiroh, I. S. E., & Saputra, M. C. (2024). Analisis Faktor yang mempengaruhi Tingkat Penerimaan Teknologi pada Pengguna Aplikasi Notion menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Termodifikasi. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 8(8).

Muryani, A., & Prabawati, I. (2025). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KEMITRAAN UMKM DI DINAS KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN MAGETAN. Dinamika Administrasi: Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen, 7(1).

Nashrullah, M., Rahman, S., Majid, A., & Hariyati, N. (2025). Transformasi Digital dalam Pendidikan Indonesia: Analisis Kebijakan dan Implikasinya terhadap Kualitas Pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 52–59.

Nugraha, J. T., Achmad, T., Warsono, H., & Yuniningsih, T. (2023). E-Government dalam Perspektif Pengguna: Konsep, Teori, dan Perkembangannya. Stiletto Book.

Nurhayati, N., Apriyanto, A., Ahsan, J., & Hidayah, N. (2024). Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Oktaviyana, A. (2023). Analisis Sistem Informasi Manajemen. Circle Archive, 1(1).

Rahmita, S. R., & Bahrani. (2025). INOVASI MANAJEMEN KUALITAS MELALUI KOLABORASI STAKEHOLDER DI SD NEGERI 011 SAMARINDA SEBERANG. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 211–221. https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.24110

Rismansyah, S. E. (2024). Manajemen Perubahan. Omera Pustaka.

Saifullah, A. M. M., Karnati, N., & Arbah, F. (2024). Bagaimana Peran Kepemimpinan Transformasional, Technological Pedagogical Content Knowledge, dan Efkasi Diri Dalam Meningkatkan Kinerja Guru? Penerbit Adab.

Setiawan, N., & Surya, I. (2024). Implementasi Masterplan Smart City Dalam Menghadirkan Pelayanan Berbasis Digital Di Kecamatan Samarinda Utara. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 12(4), 161–171.

Wardhana, N. G. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Samarinda. http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1238

Yuliah, E. (2020). Implementasi kebijakan pendidikan. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), 129–153.

Downloads

Published

2025-10-29

Most read articles by the same author(s)