PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS FLORES DENGAN MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34437Keywords:
minat belajar, hasil belajar, artificial intelligence, ChatGPT, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, minat, dan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan mengintegrasikan Kecerdasan Buatan (AI) ke dalam perkuliahan bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengikuti model McTaggart, yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. AI diimplementasikan melalui penggunaan ChatGPT sebagai tutor cerdas untuk mendukung instruksi menulis. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner minat belajar, dan tes hasil belajar. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam tiga bidang utama: (1) aktivitas mahasiswa meningkat dari 85% menjadi 92,5%; (2) minat belajar meningkat dari 87,5% menjadi 92,5%; dan (3) hasil belajar meningkat dari skor rata-rata 62 (pra-tindakan) menjadi 81 (siklus II), dengan ketuntasan klasikal mencapai 94%. Temuan ini menunjukkan bahwa mengintegrasikan AI dapat mendorong pembelajaran aktif, meningkatkan motivasi intrinsik, dan meningkatkan prestasi akademik mahasiswa.
Downloads
References
Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan media pembelajaran Google Site dalam pembelajaran bahasa Inggris kelas V SD. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20–31.
Anderson, J. E., Nguyen, C. A., & Moreira, G. (2025). Generative AI-driven personalization of the Community of Inquiry model: enhancing individualized learning experiences in digital classrooms. The International Journal of Information and Learning Technology, 42(3), 296–310.
Antoni, S., Karim, M., Oktarina, K., Halim, H., & Patria, N. (2024). Sosialisasi Pemanfaatan Artificial Intelligence kepada Dosen dan Mahasiswa dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(8), 3229–3236.
Boholano, H. (2017). Smart social networking: 21st century teaching and learning skills. Research in Pedagogy, 7(1), 21–29.
Fattah, H. N. (2004). Konsep manajemen berbasis sekolah (MBS) dan dewan sekolah. Pustaka Bani Quraisi.
Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial intelligence in education promises and implications for teaching and learning. Center for Curriculum Redesign.
Kennedy, T. J., & Sundberg, C. W. (2020). 21st century skills. In Science education in theory and practice: An introductory guide to learning theory (pp. 479–496). Springer.
Luckin, R., & Holmes, W. (2016). Intelligence unleashed: An argument for AI in education.
Prensky, M. (2009). H. sapiens digital: From digital immigrants and digital natives to digital wisdom. Innovate: Journal of Online Education, 5(3).
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55(1), 68.
Shofiah1, N., Putera, Z. F., & Solichah, N. (2023). Challenges and opportunities in the use of. Proceedings of the Second Conference on Psychology and Flourishing Humanity (PFH 2023), 808, 174.
Suryosubroto, B. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah: Wawasan baru, beberapa metode pendukung, dan beberapa komponen layanan khusus.
Tampubolon, S. (2019). Penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi pendidik dan keilmuan.
Tilaar, H. A. R., & Dwijowijoto, R. N. (2008). Kebijakan pendidikan: pengantar untuk memahami kebijakan pendidikan dan kebijakan pendidikan sebagai kebijakan publik. Pustaka Pelajar. https://books.google.co.id/books?id=62QOAQAAMAAJ
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.
UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).
Wang, S., Sun, Z., & Chen, Y. (2023). Effects of higher education institutes’ artificial intelligence capability on students’ self-efficacy, creativity and learning performance. Education and Information Technologies, 28(5), 4919–4939.
Yuliana, Y. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis kearifan lokal untuk mendukung ekonomi keluarga. AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(2), 237–241.
Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education–where are the educators? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 1–27.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















