PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET PADA MATERI CAHAYA DAN SIFATNYA DI KELAS V SD NEGERI NAIKOTEN 2

Authors

  • gaudate saetban Universitas Nusa Cendana
  • Moses Kopong Tokan Universitas Nusa Cendana
  • Kurniayu Triastuti R A Ratu Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34446

Keywords:

Motivasi Belajar, Problem Based Learning, Media Konkret

Abstract

Gaudate Deventi Saetban. 2101140064. Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Pada Materi Cahaya dan Sifatnya di Kelas V SD Negeri Naikoten 2. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dibimbing oleh Moses Kopong Tokan dan Kurniayu Triastuti R. A. Ratu.

            Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V UPTD SD Negeri Naikoten 2 pada materi Cahaya dan Sifatnya melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media konkret. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa yang terlihat dari kurangnya keterlibatan dalam bertanya, menjawab, dan menyampaikan pendapat. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi observasi aktivitas guru, observasi aktivitas peserta didik, dan angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dari 66,92% (kategori cukup) pada siklus I menjadi 92,30% (kategori sangat baik) pada siklus II. Aktivitas guru meningkat dari 71,45% menjadi 94,31%, sedangkan aktivitas peserta didik meningkat dari 65,78% menjadi 90,15%. Dengan demikian, penerapan model problem based learning berbantuan media konkret terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V pada materi Cahaya dan Sifatnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Fadli, A. A., Wakhyudin, H., & Suherni. (2025, Januari 9). Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan media konkret papan Ludo kelas 5 SD Negeri Sendangmulyo 02 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 250–257.

Amalia Fitri, dkk. (2021). Melihat karena cahaya, Mendengar karena bunyi Adityo Bayuaji dan Sudirman (Ed.), Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (hlm. 1-9). Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Ana, R. (2022). Pengaruh penggunaan media pembelajaran konkret terhadap keterlibatan dan semangat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 9(1), 45–52.

Andriani, A., & Rasto. (2019). Motivasi belajar dan implikasinya terhadap hasil belajar. Bandung: CV Alfabeta.

Anis Faristin and Saptadi Ismanto, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SMA Factors Influencing High School Students’ Learning Motivation’.

Anisa, N. (2020). Belajar dan pembelajaran dalam perspektif pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Anugrahini, F., Kurniawati, R. P., & Hadi, N. (2024). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media konkret pada materi cahaya dan sifatnya IPAS kelas V SDN Margomulyo 2 Ngawi. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 7(12), 1–10. https://doi.org/10.9644/sindoro.v7i12.6713

Ardianti, Resti, et al. “DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Problem-Based Learning: Apa Dan Bagaimana.” DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, vol. 3, no. 1, 2021, pp. 27–35.

Arsyad, Ismiyati, et al. Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Bangun Ruang Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kahoot Pada Siswa Sekolah Dasar. no. 2, 2024, pp. 790–803.

Deviyanti et al. BIOCHEPHY : Journal of Science Education PENGARUH MODEL PBL BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP BERPIKIR. no. 2, 2024, pp. 903–10, https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.1336.

Yunanti, E. (2021). Implementasi model Problem Based Learning dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 115–123.

Fatah, Panji Rizalul, et al. “Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Sebagai Peningkatan Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Sekolah Dasar.” Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), vol. 9, no. 1, 2023, p. 106, https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.46168.

Fernando, R. A. (2024). Motivasi belajar sebagai kunci keberhasilan pendidikan. Bandung: CV Media Edukasi.

Hardiningrum, Rikha Setyati. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang.” Jurnal FKIP Universitas, vol. 7, no. 24, 2018, pp. 2-322-2.330, https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/11946.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Kapti, Jalesatrio, and Masyuri Eko Winarno. “Hubungan Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas SMP: Literature Review.” Sport Science and Health, vol. 4, no. 3, 2022, pp. 258–67, https://doi.org/10.17977/um062v4i32022p258-267.

Karimah, A. A., Nurfarijah, E. S., & Darmawan, D. (2023). Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(3). https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v10i3.64408

Negraha, I. G. N. (2024). Metodologi penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Akademik.

Rusman. Model-Model Pembelajaran. Edited by Yayat Sri Hayati, 2nd ed., 2021, 2021.

Santosa, AGUS WAKHID. “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Kelas V Sd Negeri Sudimoro 2 Tahun Ajaran 2021/2022.” TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, vol. 2, no. 2, 2022, pp. 234–39, https://doi.org/10.51878/teaching.v2i2.1345.

Salamah, S. (2022). Pengembangan potensi peserta didik dalam proses pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tokan, Moses Kopong, and Mbing Maria Imakulata. “The Effect of Motivation and Learning Behaviour on Student Achievement.” South African Journal of Education, vol. 39, no. 1, 2019, pp. 1–8, https://doi.org/10.15700/saje.v39n1a1510.

Hardiningrum, Rikha Setyati. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang.” Jurnal FKIP Universitas, vol. 7, no. 24, 2018, pp. 2-322-2.330, https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/11946.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Kapti, Jalesatrio, and Masyuri Eko Winarno. “Hubungan Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas SMP: Literature Review.” Sport Science and Health, vol. 4, no. 3, 2022, pp. 258–67, https://doi.org/10.17977/um062v4i32022p258-267.

Karimah, A. A., Nurfarijah, E. S., & Darmawan, D. (2023). Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(3). https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v10i3.64408

Negraha, I. G. N. (2024). Metodologi penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Akademik.

Rusman. Model-Model Pembelajaran. Edited by Yayat Sri Hayati, 2nd ed., 2021, 2021.

Santosa, AGUS WAKHID. “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Kelas V Sd Ardianti, Resti, et al. “DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Problem-Based Learning: Apa Dan Bagaimana.” DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, vol. 3, no. 1, 2021, pp. 27–35.

Arsyad, Ismiyati, et al. Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Bangun Ruang Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kahoot Pada Siswa Sekolah Dasar. no. 2, 2024, pp. 790–803.

Deviyanti et al. BIOCHEPHY : Journal of Science Education PENGARUH MODEL PBL BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP BERPIKIR. no. 2, 2024, pp. 903–10, https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.1336.

Yunanti, E. (2021). Implementasi model Problem Based Learning dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 115–123.

Fatah, Panji Rizalul, et al. “Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Sebagai Peningkatan Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Sekolah Dasar.” Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), vol. 9, no. 1, 2023, p. 106, https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.46168.

Fernando, R. A. (2024). Motivasi belajar sebagai kunci keberhasilan pendidikan. Bandung: CV Media Edukasi.

Hardiningrum, Rikha Setyati. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang.” Jurnal FKIP Universitas, vol. 7, no. 24, 2018, pp. 2-322-2.330, https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/11946.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Kapti, Jalesatrio, and Masyuri Eko Winarno. “Hubungan Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas SMP: Literature Review.” Sport Science and Health, vol. 4, no. 3, 2022, pp. 258–67, https://doi.org/10.17977/um062v4i32022p258-267.

Karimah, A. A., Nurfarijah, E. S., & Darmawan, D. (2023). Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(3). https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v10i3.64408

Negraha, I. G. N. (2024). Metodologi penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Akademik.

Rusman. Model-Model Pembelajaran. Edited by Yayat Sri Hayati, 2nd ed., 2021, 2021.

Santosa, AGUS WAKHID. “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Kelas V Sd Negeri Sudimoro 2 Tahun Ajaran 2021/2022.” TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, vol. 2, no. 2, 2022, pp. 234–39, https://doi.org/10.51878/teaching.v2i2.1345.

Salamah, S. (2022). Pengembangan potensi peserta didik dalam proses pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tokan, Moses Kopong, and Mbing Maria Imakulata. “The Effect of Motivation and Learning Behaviour on Student Achievement.” South African Journal of Education, vol. 39, no. 1, 2019, pp. 1–8, https://doi.org/10.15700/saje.v39n1a1510.

Yogi Fernando, Popi Andriani, and Hidayani Syam, ‘Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2.3 (2024), pp. 61–68, doi:10.59246/alfihris.v2i3.843.

Downloads

Published

2025-12-12